Yuk, Sama-sama Mengetahui Manfaat Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh

Manfaat belimbing wuluh; mungkin sebagian besar masyarakat hanya mengetahui manfaat buah yang satu ini untuk kecantikan kulit. Namun, rupanya belimbing wuluh juga dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, termasuk menurunkan kadar gula darah dan meredakan wasir atau ambeien.

Go DokKecil dan banyak khasiat. Ya, itulah belimbing wuluh! Siapa sangka, buah kecil yang dapat ditemukan di taman sekitar rumah ini memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat belimbing wuluh yang banyak dirasakan adalah baik untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Seperti yang Anda tahu, belimbing wuluh atau Averrhoa bilimbi dalam bahasa Latin memiliki rasa masam yang khas. Selain itu, buah berbentuk lonjong dengan warna hijau yang terang ini juga banyak dimanfaatkan sebagai sajian berkuah seperti sayur.

Lalu, apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan dan metabolisme tubuh? Yuk, kita simak bersama!

  1. Mengendalikan Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi pada seseorang yang mengalami peningkatan tekanan darah karena terdapat sumbatan seperti tumpukan lemak di dalam saluran pembuluh arteri. Seseorang dapat dikatakan memiliki gejala hipertensi ketika memiliki tekanan darah di atas 140/90 mmHg secara konsisten.

Nah, buah belimbing wuluh ini rupanya telah digunakan secara tradisional untuk mengendalikan hipertensi. Caranya, rebus tiga buah belimbing wuluh dan minumlah air rebusannya setiap pagi untuk mengontrol tekanan darah Anda.

  1. Mengendalikan Diabetes

Buah belimbing wuluh juga dapat menurunkan kadar gula darah. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Pertama, membuat jus dari buah ini dan diminum layaknya jus buah lainnya. Kedua, rebus buah belimbing buluh dan tumbuk dengan 1 cangkir air sampai setengah dari airnya menguap. Lalu ambil rebusan airnya dan minum sebanyak 2 kali sehari.

  1. Mengurangi Gejala Demam dan Flu

Siapa sangka belimbing wuluh memiliki kadar vitamin C yang tinggi? Tingginya vitamin C pada buah ini terbukti mampu mengobati demam dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kadar imun di dalam tubuh. Artinya, buah ini bisa menjadi suplemen vitamin C alami, nih!

  1. Tambahan untuk Sirup Batuk

Mengingat efek dari buah ini dapat mengurangi gejala batuk dan pilek, ekstrak buah belimbing wuluh dapat ditambahkan ke sirup obat batuk. Selain itu, rasa masam di dalamnya juga dapat membuat sirup obat batuk jadi lebih enak, lho!

  1. Pengobatan Gondong

Mumps atau epidemic parotitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus gondok. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan pada kelenjar parotid di area leher. Nah, Anda bisa menempelkan getah dari batang muda dan daun belimbing wuluh dengan bawang putih. Efeknya, peradangan yang terjadi dapat mereda dan mengurangi pembengkakan pada area leher.

  1. Pengobatan Alergi

Seperti yang Anda tahu, alergi terjadi ketika hormon histamin bereaksi ketika sistem kekebalan tubuh menganggap adanya obat atau makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga menimbulkan gejala kulit yang memerah dengan rasa gatal.

Nah, bagi Anda yang mudah mengalami alergi pada hal-hal seperti konsumsi obat-obatan tertentu, debu, logam dan bulu, cobalah meminum jus buah belimbing secara teratur. Kandungan yang terdapat pada buah ini terbukti dapat mengurangi gejala alergi pada tubuh.

  1. Pengobatan Hemoroid Inflamasi

Seperti yang telah disebutkan, belimbing buluh bermanfaat untuk meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh, termasuk pada kasus wasir atau ambeien dengan radang pada area rektum dan anus. Efek astringen yang terdapat pada buah terbukti mampu membantu meredakan pendarahan pada area rektum.

  1. Pengobatan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Rupanya, buah belimbing wuluh dan dedaunannya jika dikeringkan bisa digunakan untuk mengobati penyakit menular seksual atau Sexually Transmitted Diseases (STD) dan penyakit kelamin umum lainnya.

Caranya, letakan beberapa buah dan daun untuk dijemur dan dikeringkan di bawah sinar matahari, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga setengah dari airnya menguap. Nah, sisa air tersebut bisa Anda minum sebanyak 2 kali sehari untuk meringankan gejalanya.

Siapa sangka manfaat belimbing wuluh yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita ini dapat memberikan segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Jadikan buah ini sebagai pengobatan pendamping dari obat resep dokter. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi