Yuk, Sama-sama Lebih Mengenal Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis

Manfaat kulit manggis ; manggis adalah salah satu buah yang kulitnya mengandung nutrisi baik. Bukan sekadar nutris pelengkap, kulit manggis bahkan sudah dikenal sebagai obat alami bagi penderita kanker, lho.

 

Go Dok Anda mungkin sering mendengar kalau hendak memakan beberapa buah tertentu untuk tidak mengupas kulitnya. Hal tersebut mungkin benar adanya, karena memang sebagian besar nutrisi baik malah terkandung berada pada kulit buah. Dengan mengupas kulit buah, bisa jadi Anda tidak mendapatkan seluruh nutrisi yang ada pada buah tersebut. Namun, tentu saja Anda harus memilih buah yang dimaksud. Tidak mungkin, kan, memakan durian beserta kulitnya?

Nah, manggis adalah salah satu buah yang kulitnya mengandung nutrisi baik. Salah satu ketenaran kulit manggis mungkin sudah sering Anda dengar melalui produk suplemen di iklan televisi, kan? Bukan sekadar nutris pelengkap, kulit manggis bahkan sudah dikenal sebagai obat alami bagi penderita kanker, lho.

Nah, mau tahu lebih lengkap manfaat kulit manggis lainnya? Yuk, simak!

Sebelumnya, apakah Anda sudah pernah mengonsumsi buah ini? Manis, bukan? Nah, buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini merupakan jenis buah tropis yang memiliki daging buah berwarna putih dan cenderung manis. Sayangnya, banyak orang yang langsung membuang kulitnya begitu selesai memakannya.

Untungnya, sejumlah penelitian medis menemukan manfaat kulit manggis ini. Ternyata, kulit manggis sendiri bersifat antioksidan, dengan kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang tinggi, lho. Maka dari itu, kulit manggis dikenal dengan manfaat-manfaat berikut.

  • Mencegah berkembangnya sel kanker

Manfaat kulit manggis petama bisa mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Pasalnya, Kulit manggis kaya akan phytochemicals yang disebut dengan xanthones. Manggis sendiri dikenal memiliki 20 jenis xanthones, di mana sebagian besar berasal dari kulitnya, yang baik mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Namun perlu diingat, kulit manggis tetap tidak bisa menyembuhkan kanker secara menyeluruh, hanya sebagai tindakan pencegah penyebarannya. Para penderita tetap membutuhkan perawatan seperti kemoterapi dan radioterapi selama pengobatan, disertai kulit manggis sebagai suplemen pendukungnya.

  • Meningkatkan sistem imun

Sama seperti buahnya, kulit manggis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C memegang peranan penting dalam pembentukan dan peningkatan sistem imun di dalam tubuh, dengan langsung memberi sinyal kepada sistem imun jika ada patogen berbahaya penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kulit manggis bersifat antibakteri yang efektif melawan bakteri Staphylococcus auerus. Maka dari itu, kulit manggi baik dikonsumsi bagi penderita yang mengalami penurunan sistem imun, seperti Tuberculosis dan HIV/AIDS.

  • Mengontrol gula darah

Bagi Anda penderita diabetes, bisa juga gunakan kulit manggis sebagai langkah pengobatan. Kandungan serat di dalamnya, dapat mengikat kadar gula berlebih dalam tubuh sehingga tidak terserap ke dalam darah. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga dapat menghindari Anda dari konstipasi, lho, sebab dapat memberikan massa dan menyerap air untuk kotoran Anda. Dengan begitu, fungsi pencernaan dapat memproses kotoran Anda sehingga tidak keras dan lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

  • Mengontrol level kolesterol

Manfaat kulit manggis selanjutnya yang akan Anda rasakan dapat mengontrol level kolesterol dan tubuh Anda. Kandungan serat di dalam kulit manggis juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik sembari menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Serat dapat mengikat kolesterol baik sehingga tidak terserap ke dalam darah. Antioksidan di dalamnya juga dapat mengusir kolesterol jahat yang sudah terserap masuk ke dalam darah.

  • Mengatur kepadatan tulang

Anda pasti setuju kan, osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang dikhawatirkan orang-orang di usia 40-an? Ya, seiring menambahnya usia, kepadatan tulang mulai mengalami penurunan. Nah, kandungan kalsium yang tinggi di dalamnya, menjadi manfaat kulit manggis lainnya lho, bagi Anda yang khawatir mengalami pengeroposan tulang. Tidak hanya itu, kulit manggis juga cocok dikonsumsi anak dalam masa pertumbuhan untuk menunjang tinggi badan mereka, lho.

  • Menghilangkan jerawat dan menunda penuaan dini

Bukan hanya organ dalam tubuh yang mendapat manfaat kulit manggis, wajah Anda pun bisa merasakannya juga, kok. Antioksidan dalam kulit manggis mampu menyingkirkan sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru dalam wajah. Selain itu, kulit manggis juga bersifat antibakteri yang baik untuk meredakan pertumbuhan jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa menggunakan bagian dalam kulit manggis yang dihancurkan dan dioleskan sebagai masker wajah.

Wah, siapa sangka ternyata begitu banyak manfaat kulit manggis yang belum Anda ketahui, bukan? Nah sekarang, apakah Anda masih berniat membuang kulit manggis? Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi