Yuk, Kenali Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Perkembangan bayi

Perkembangan bayi ; Setiap bulannya selalu ada perkembangan yang ditunjukan si buah hati terutama pada 6 bulan pertama usianya. Apa saja sih tahapan-tahapan perkembangan bayi yang umumnya terjadi pada usia 2-5 bulan?

 

Go Dok Anda baru saja memiliki anak pertama? Wah, selamat, ya! Melihat bayi yang baru saja terlahir memang tidak akan pernah bosan. Ada saja tingkah lakunya yang membuat gemas. Selain itu, seiring berlalunya waktu, dari bulan ke bulan, si kecil terus menunjukan tanda–tanda pertumbuhan yang berefek pada perkembangan  kemampuan motoriknya.

Nah, Anda tahu tidak, setiap bulan selalu ada perkembangan yang ditunjukan si kecil, terutama pada 6 bulan pertama usianya. Nah, apa saja sih tahap perkembangan bayi yang umumnya ditampilkan oleh si buah hati?

Yuk, simak artikel tahap perkembangan bayi usia 2-5 bulan berikut!

Perkembangan bayi 2 bulan

Perkambangan bayi memasuki usia 2 bulan pertama, kemampuan penglihatan bayi mulai berkembang secara signifikan. Si kecil mulai menjadi lebih sadar dan tertarik dengan lingkungannya. Bagi si bayi, wajah manusia menjadi lebih menarik, karena sudah mulai memahami bentuk, begitu juga dalam melihat benda-benda yang berwarna terang.

Seorang bayi mungkin mengikuti objek bergerak, mengenali bentuk benda dan orang-orang yang berada dalam jangkauan pandangannya. Bayi juga mulai menggunakan tangan dan matanya sebagai bentuk koordinasi motoriknya. Pada usia ini, bayi biasanya beralih dan menengok kepada suara yang akrab didengarnya, serta tersenyum kepada wajah orang tuanya dan orang lain yang dikenalnya. Selain itu, pada usia ini, bayi juga mulai belajar bersuara dengan membuat bunyi-bunyian seperti ‘ooo’ atau ‘aaa’ dengan mulutnya.

Perkembangan bayi 3 bulan

Perkembangan bayi pada usia 3 bulan, bayi seringkali berbaring di atas perut mereka sambil sesekali mengangkat kepalanya, yang ditopang oleh otot dada dan lengan bawah mereka. Pada tahap ini, otot leher bayi terlatih semakin kuat. Untuk melatihnya, orangtua harus terus memegangi dan menopang kepala mereka menggunakan tangan untuk melatih otot lehernya. Setiap kali kepala mereka diangkat, semakin terlatih pula otot leher mereka.

Gerakan lengan dan tangan bayi juga berkembang cepat selama tahap ini. Tangannya yang dulu keras dan selalu mengepal, kini sudah mulai terbuka dan dapat meraih serta melempar benda. Bayi mengeksplorasi kemampuan tangannya dengan menggenggam benda dan menaruhnya ke dalam mulut mereka, karena pada usia ini bayi secara naluriah akan mengenali objek dengan menempatkannya di mulut mereka.

Maka dari itu penting untuk menjaga benda-benda kecil agar tidak tertelan secara sengaja.

Perkembangan bayi 4 bulan

Perkembangan bayi pada usia 4 bulan, bayi sudah mulai bisa membedakan warna dan mampu melihat objek di antara bayangan. Dengan begitu, beri bayi mainan yang berwarna warni agar semakin melatihnya dalam mengenali bentuk.

Kemampuan motorik bayi juga semakin berkembang dengan belajar gerakan berguling bahkan merangkak. Bayi juga bisa menunjukan emosi mereka selain menangis, seperti melakukan gerakan mulut. Contohnya, melafalkan huruf p atau b ketika sedang tidak nyaman, dan huruf j dan kan ketika sedang senang.

Pada usia ini, gigi bayi juga mulai tumbuh, sehingga mulai sering menggigit objek yang ada di mulutnya. Biasanya, pertumbuhan dimulai dengan gigi bawah bagian depan.

Perkembangan bayi 5 bulan

Perkembangan bayi pada usia ini, bayi sudah mulai menjalin komunikasi dengan orang di dekatnya, termasuk dengan orangtuanya. Biasanya, mereka mulai melontarkan kata seperti ‘baba’ atau ‘gaga’ untuk menunjukan emosinya, walaupun kata yang dimaksud keluar secara acak dan tanpa maksud dari si bayi.

Contoh komunikasi lainnya adalah, Anda mulai bisa membuat si bayi tertawa dengan menunjukan suara atau wajah yang lucu. Sebaliknya, bayi juga akan mencoba membalas Anda dengan suara atau wajah yang menggemaskan pula, lho.

Pada usia ini, Anda sudah mulai bisa membuat si bayi duduk, lho. Jadi, kini bayi tidak hanya berbaring saja, deh. Utamakan menjaga keseimbangannya agar dirinya bisa duduk dengan posisi yang benar, ya!

Itulah beberapa tahap perkembangan bayi yang bisa Anda lihat hingga usia 5 bulan. Pada usia 5 bulan, Anda mulai bisa mengajaknya bermain ‘cilukba’ dengan mengejutkannya menggunakan mainan favoritnya dari balik selimut, lho. Selain itu, pada usia tersebut, pendengaran bayi juga mulai peka terhadap musik tertentu, lho. Pastikan memasang lagu yang memancing mereka untuk tersenyum dan bertepuk tangan, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

ME/TP/PJ

Referensi