Yuk, Kenali Ragam Bentuk Tubuh Orang Indonesia

bentuk tubuh orang Indonesia

Bentuk tubuh orang Indonesia untuk wanita memiliki rata-rata tinggi 150 cm, dengan kulit kuning langsat hingga kecokelatan, serta tubuh yang kurus, sintal, hingga gempal. Sedangkan untuk pria Bentuk tubuhnya rata-rata sama; tinggi 150 – 165 cm, dengan postur gempal dan kulit kuning langsat hingga kecokelatan.

Go Dok Jika melihat potret para selebriti luar negeri atau artis lokal berdarah campuran, tentunya kadang Anda merasa iri. Pasalnya, rata-rata dari mereka memiliki bentuk tubuh yang tinggi langsing, atau tinggi sintal dengan dada dan paha yang berisi.

Meskipun salah satu faktor indahnya bentuk tubuh mereka adalah olahraga, namun ras juga berperan penting dalam hal ini.

Jika Anda merupakan salah satu orang Indonesia asli, dengan ras Mongolid, maka kecil kemungkinan Anda bisa mendapatkan tubuh seperti mereka yang berdarah Kaukasoid (Eropa). Tenang, orang Indonesia bisa tetap terlihat cantik dengan bentuk tubuh aslinya, kok.

Penasaran apa saja bentuk tubuh orang Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini!

Sekilas tentang bentuk tubuh orang Indonesia

Sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk dalam ras Mongolid dan Australomelanesid, yang memang mendominasi di kawasan Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Kamboja, Thailand, Filipina, dan Kepulauan Pasifik. Tinggi badan dari kedua ras ini tidak menjulang tinggi seperti ras Kaukasoid di Eropa.

Karena itu, kebanyakan orang Indonesia bertubuh pendek dan agak gempal. Rata-rata tinggi pria Indonesia adalah 159 cm, dan berkisar antara 155 – 165 cm. Sementara untuk wanita tinggi rata-ratanya adalah 150 cm, berkisar antara 147 – 160 cm.

Namun, di wilayah Indonesia bagian timur, ras campuran lebih mendominasi, karena lamanya daerah tersebut dijajah oleh bangsa Eropa sehingga banyak terjadi kawin-silang. Hal ini menghasilkan ras campuran dengan tinggi badan yang di atas rata-rata yang disebutkan, serta bentuk tubuh yang lebih kekar, sintal, dan tidak gempal.

Bagaimana bentuk tubuh pria Indonesia?

Pria Indonesia, seperti yang disebutkan di atas, tidak setinggi pria Eropa maupun pria Afrika. Bentuk tubuhnya rata-rata sama; tinggi 150 – 165 cm, dengan postur gempal dan kulit kuning langsat hingga kecokelatan.

Selain postur umum tersebut, pria Indonesia juga ada yang memiliki postur jangkung, kurus, dan tinggi besar dengan kulit putih. Meski begitu, postur tersebut tidak terlalu umum, dan biasanya karena terdapat keturunan dari ras campuran yang postur tubuhnya lebih besar.

Lalu, bagaimana dengan bentuk tubuh wanita Indonesia?

Seperti yang juga telah disebutkan, wanita Indonesia memiliki rata-rata tinggi 150 cm, dengan kulit kuning langsat hingga kecokelatan, serta tubuh yang kurus, sintal, hingga gempal.

Berikut adalah 4 bentuk tubuh orang Indonesia pada wanita Indonesia :

1. Bentuk apel

Bentuk tubuh apel artinya area dada Anda lebih besar dan lebar dibandingkan area panggul Anda. Selain itu, bagian pinggang tidak terlalu terlihat lekukannya, bahu bulat, panggul yang lebih kecil, dan kaki serta tangan yang langsing.

Biasanya, berat badan Anda atau lemak akan cenderung berkumpul di bagian perut pada wanita dengan tipe tubuh ini.

2. Bentuk pir atau segitiga

Jika Anda memiliki area panggul yang lebih besar dari area dada, artinya Anda memiliki bentuk tubuh pir alias segitiga. Lekukan tubuh Anda akan lebih jelas dibandingkan tipe apel atau kotak.

Anda memiliki pinggul lebar, dan area pinggang terlihat bagus karena lekukannya. Biasanya, berat badan Anda akan lebih terkumpul di bagian lengan dan paha dibandingkan perut.

3. Bentuk kotak, alias langsing

Sama dengan bentuk apel, tubuh dengan tipe kotak juga tidak memiliki lekuk panggul dan pinggal yang jelas. Tipe ini lebih terlihat lurus, dan semua ukuran bagian tubuh Anda, mulai dari bahu, perut, panggul, dan pinggang akan sama. Tipe ini populer dengan sebutan “supermodel body”, dan biasanya  akan dicap kurus oleh banyak orang.

Di luar ketiga bentuk tubuh umum di atas, tentunya ada bentuk tubuh lain, namun tentu sedikit lebih jarang ditemui pada wanita Indonesia.

Nah, itu dia serba serbi bentuk tubuh orang Indonesia yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi

Five Female Body Types


https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/metabolic-syndrome/multimedia/apple-and-
pear-body-shapes/img-20006114