Yuk, Kenali Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ; Pada dasarnya, bakteri terbagi dua, lho, ada bakteri baik dan bersifat patogen atau jahat. Nah, bakteri jahat lah yang mengakibatkan terjadinya kelainan dalam tubuh.

 

Go Dok Apa saja sih yang identik dengan musim hujan? Banjir, macet, minuman hangat, dan sakit flu menjadi hal yang erat jika musim hujan melanda. Bicara tentang sakit flu, siapa sih yang belum pernah mengalaminya? Penyakit sejuta umat ini memang tidak pernah memandang bulu untuk mengincar penderitanya.

Ketika badan mulai meriang, demam, pusing, dan bersin yang disertai hidung tersumbat, kemungkinan besar Anda terserang flu, tuh! Namun, pasti sebagian dari Anda berpikir, apa sih yang menyebabkan flu datang dan menyerang tubuh? Apakah itu sebuah virus atau bakteri?

Nah, maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja penyakit yang disebabkan oleh bakteri agar bisa membedakannya dengan penyakit akibat virus. Mau tahu apa saja? Yuk, cek terus artikel di bawah ini!

Mengenal bakteri

Memang, tak bisa dipungkiri kehadiran bakteri dan virus dalam tubuh mengakibatkan gejala yang serupa. Misalnya, gejala seperti batuk, pusing, ‘ingusan’, dan demam dapat disebabkan oleh virus penyebab pilek maupun bakteri penyebab sinusitis.

Pada dasarnya, bakteri terbagi dua, lho, ada bakteri baik dan jahat yang bersifat patogen. Bakteri baik sebenarnya membantu kerja fungsi di dalam tubuh, misalnya membantu proses pencernaan di dalam lambung. Nah, bakteri jahat lah yang mengakibatkan terjadinya kelainan dalam tubuh.

Lalu, bagaimana penyakit yang disebabkan oleh bakteri terjadi?

Sebuah penyakit dapa terjadi ketika terjadi sebuah infeksi atau bakteri jahat masuk ke dalam suatu organ tubuh dan bereproduksi sehingga mengalahkan jumlah bakteri baik di dalamnya.

Biasanya, bakteri jahat menyerang organ pencernaan akibat dari makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh polusi. Namun, tidak jarang juga bakteri menyerang sistem pernapasan dan kulit, lho. Nah, berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang umum diderita oleh sebagian orang.

  • Diare akibat keracunan makan yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli(E. coli) dan Salmonella. Gejalanya bervariasi, mulai dari demam mual, muntah, dan sering buang air besar.
  • Radang lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori (H.pylori). sering merasa perut Anda kembung dan penuh dengan gas? Nah, ini dia biang keroknya!
  • Bagi Anda yang sering bergonta ganti pasangan tanpa menggunakan kondom, awas penyakit ini mengintai Anda! Gonore disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menyebabkan kencing nanah dan rasa sakit yang amat sangat.
  • Masih ingat dengan salah satu artis Indonesia, Olga Syahputra yang meninggal karena penyakit meningitis? Nah, penyakit ini disebabkan oleh  bakteri Neisseria meningitidisyang menyebabkan radang selaput otak.

Selain itu, beberapa kelainan yang terjadi pada kulit juga disebabkan bakteri tertentu, lho. Kebanyakan, infeksi yang terjadi di kulit disebabkan oleh bakteri Staphylococcus dan Streptococcus. Sejumlah infeksi yang disebabkan bakteri tersebut di antaranya :

  • Folikulitis merupakan bentuk peradangan yang terjadi pada folikel atau titik tempat rambut tumbuh, dengan rupa seperti jerawat matang.
  • Impetigo, sebuah bentuk infeksi yang membuat kulit seperti melepuh dan berisi nanah, yang dapat meninggalkan kerak berwarna kuning atau cokelat.

Nah, itu dia beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang mengintai Anda. Nah, bakteri biasanya dapat masuk ke dalam tubuh karena makanan yang tidak steril dan sudah terkontaminasi bakteri jahat. Makanan seperti daging mentah, ikan, telur, dan daging unggas dapat menyebabkan gejala keracunan seperti mual, muntah, demam, hingga diare. Maka dari itu, selalu perhatikan kebersihan makanan Anda, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi