Waspada! Ini Dia Penyebab Munculnya Kutil Kelamin

penyebab munculnya kutil kelamin

Go Dok Penyebab munculnya kutil kelamin- Selama ini mungkin Anda telah familiar dengan kutil, yakni benjolan kecil yang dapat tumbuh di beberapa bagian tubuh. Namun tahukah Anda bahwa ada jenis kutil yang disebut sebagai kutil kelamin atau genital warts? Jika belum. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu kutil kelamin?

Sama seperti kutil pada umumnya, kutil kelamin juga merupakan benjolan berupa daging kecil, namun tempat tumbuhnya kutil kelamin ini berada di sekitar area kelamin, baik pria maupun wanita. Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di area luar kelamin, pada dinding vagina, bahkan di bagian mulut rahim atau serviks. Sedangkan pada pria, kutil kelamin dapat tumbuh di area penis, buah zakar, di luar serta di dalam anus.

Pada dasarnya, penyakit bernama lain condylomata acuminata ini tidaklah berbahaya. Namun, keberadaannya sangat mengganggu meskipun pada beberapa kasus penderita kutil kelamin tidak dapat melihat kutil yang tumbuh sama sekali. Ada beberapa gejala yang menjadi tanda bahwa seseorang memiliki kutil kelamin. Di antara gejala tersebut misalnya keputihan, rasa gatal di sekitar kemaluan, sensasi terbakar, bahkan pendarahan ketika berhubungan intim.

Lalu, apa penyebab munculnya kutil kelamin?

Kutil kelamin diidentifikasi sebagai penyakit yang ditularkan melalui aktivitas seksual. Di Amerika, 1 dari 100 orang yang rutin berhubungan seks telah mengidap penyakit kutil kelamin. Diketahui bahwa penyebab munculnya kutil kelamin  yang utama adalah infeksi yang disebebkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Ada 100 tipe HPV berbeda yang dapat menginfeksi bagian tubuh yang berbeda, termasuk tangan dan kaki. Hampir 30 jenis HPV dapat hidup di sekitar area kemaluan dan anus, tetapi kebanyakan kutil kelamin hanya disebabkan oleh dua jenis HPV, yakni tipe 6 dan 11 yang tidak menyebabkan kanker.

Virus HPV dapat dengan mudah menular dari seseorang kepada orang lain yang melakukan kontak seksual. Berikut ini beberapa fakta cara penyebaran virus HPV penyebab munculnya kutil kelamin yang perlu Anda ketahui…

  1. Penyebab munculnya kutil kelamin melalu penularan dari hubungan seksual baik melalui vagina maupun anus.
  2. Kutil kelamin dapat menular dari kulit ke kulit, terutama kulit kelamin meskipun tidak terjadi penetrasi.
  3. Virus HPV tidak dapat menembus kondom, namun bukan tidak mungkin jika penggunaan kondom tidak benar, virus tersebut tetap dapat menular.
  4. Virus dapat menular selagi kutil tersebut masih ada, namun tidak menutup kemungkinan dapat menular meskipun kutil kelamin telah tidak ada atau tidak kelihatan.
  5. Jika Anda memiliki kutil kelamin selama kehamilan, bayi Anda memiliki kemungkinan yang kecil memiliki kutil kelamin juga.

Antara tahun 2011 – 2014, penderita penyakit yang disebabkan HPV ini rata-rata 7,3 persen yang terdiri atas orang dewasa berusia 28 – 64 tahun yang aktif melakukan hubungan seksual. Untuk mencegah kutil kelamin, pastikan hanya berhubungan seksual dengan pasangan sah Anda. Jangan lupa senantiasa melakukan medical check up untuk mengetahui kesehatan Anda secara berkala. Jika sudah terlanjur terpapar kutil kelamin, berkonsultasilah dengan dokter. Meskipun kutil kelamin dapat sembuh tanpa pengobatan, namun alangkah lebih baiknya untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat, ya.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi