Wasir Saat Hamil ; Begini Cara Mengatasi dan Mencegahnya

wasir saat hamil

Go DokWasir saat hamil Saat tengah mengandung, tentu Anda ingin tubuh senantiasa sehat tanpa masalah apapun. Namun, bagaimana jika Anda kemudian menderita ambeien, alias wasir saat hamil? Sedikit banyak, akan timbul kekhawatiran tentang pengaruh penyakit ini terhadap kesehatan janin Anda. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, mari simak penjelasan lengkap tentang apa pengaruh terjadinya wasir saat hamil, berikut ini.

Seberapa umumkah wasir saat hamil?

Jawabannya, sangat umum. Saat hamil, rahim Anda yang tengah membesar, konstipasi, serta peningkatan hormon progesteron membuat Anda memiliki kesempatan besar terkena wasir.  Rahim Anda yang kian membesar akan menambah tekanan pada pembuluh vena di area pinggul dan vena cava inferior. Hal ini dapat memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah dan tengah tubuh Anda. Hasilnya, akan terdapat peningkatan tekanan di dalam pembuluh di bawah rahim yang membuatnya membengkak.

Wasir saat hamil akan lebih umum terjadi pada trimester ketiga kehamilan Anda. Beberapa wanita menderita penyakit ini pertama kali di masa kehamilan mereka, dan jika Anda pernah menderita penyakit ini sebelum kehamilan, akan lebih besar kemungkinannya Anda menderita wasir kembali di masa-masa tersebut. Selain wasir, masalah lain yang juga umum terjadi saat hamil adalah konstipasi, dimana penyakit ini pada akhirnya juga dapat menjadi penyebab wasir saat hamil.

Lalu, bagaimana cara mengatasi wasir saat hamil?

Jika Anda menderita wasir saat hamil, cobalah lakukan hal-hal berikut untuk mengurangi wasir secara perlahan :

  • Hindari duduk terlalu lama, Pasalnya, duduk dapat menambah tekanan pada pembuluh darah di area rektum dan anus Anda. Sesekali, berbaringlah menyamping atau seringlah berdiri. Jika memang harus duduk, jangan lupa untuk berdiri sesekali.

  • Gunakan salep dan obat-obatan, pengobatan ini bisa didapat dengan resep dokter . Anda bisa memeriksakan diri ke dokter dan meminta resep obat atau salep yang sesuai dengan keadaan penyakit wasir Anda. Gunakan obat-obatan ini secara teratur. Namun, harus Anda ingat untuk tidak menggunakan obat-obatan tersebut lebih dari 1 minggu, kecuali jika dianjurkan dokter.

  • Gunakan kompres dingin, di mana hal ini dapat mengurangi gejala sakit dan nyeri yang timbul akibat wasir.

  • Jaga area anus tetap bersih,caranya dengan mengelap secara lembut area tersebut dengan tissue atau lap basah, setiap Anda selesai buang air besar. Sebagai alternatif, Anda dapat pula menggunakan tissue bayi yang sifatnya lebih lembut dari tissue toilet pada umumnya.
Adakah cara pencegahan wasir saat hamil?

Meskipun sifatnya umum terjadi, namun wasir saat hamil dapat Anda cegah dengan beberapa cara, yaitu :

  • Hindari konstipasi, untuk hal ini Anda harus rajin mengonsumsi makanan kaya serat, seperti gandum, sayuran dan buah-buahan, rajin meminum air putih, dan jangan lupa untuk beraktifitas fisik setiap harinya secara rutin.

  • Jangan menahan-nahan buang air besar, saat Anda merasa mulas dan ingin BAB, lakukanlah segera dan jangan ditahan-tahan.

  • Lakukan senam kegel secara rutin, karena gerakan-gerakan senam ini dapat meningkatkan sirkulasi darah di area rektum dan memperkuat otot-otot di sekitar anus. Hal ini akan menurunkan risiko Anda terkena wasir.

  • Jangan biasakan duduk atau berdiri terlalu lama, jika Anda di toilet, hindari duduk terlalu lama. Begitu pula di tempat kerja, atau di rumah saat menonton TV. Berdirilah dan berjalan ke sekitar Anda selama beberapa menit, sebelum kemudian duduk kembali. Hal ini akan mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar rektum dan anus Anda.

Nah, itu dia serba-serbi wasir saat hamil dari mulai penjelasan wasir saat hamil, cara mengatasi wasir saat hami dan pencegahan wasir saat hamil. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi