Wajarkah Mengalami Kaki Bengkak Saat Hamil?

Kaki bengkak saat hamil

Kaki bengkak saat hamil ; mengalami kaki yang bengkak saat sedang mengandung merupakan hal yang wajar, apalagi jika usia kehamilan menginjak di trimester kedua. Beberapa alasan bisa menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil, lho.

 

Go Dok – Ibu mana yang tidak senang mendapati dirinya sedang mengandung, apalagi anak pertama. Namun, penantian 9 bulan yang harus dilalui selama kehamilan bukanlah hal yang mudah. Sejumlah perubahan terjadi, seperti rasa ngidam, mual, mood yang cepat berubah, dan meningkatnya stress menyertai fase tersebut.

Selain itu, gejala lainnya yang dapat terlihat dalam fase kehamilan ialah kaki yang membesar dan membengkak atau biasa disebut edema. Mungkin sebagian dari Anda merasa tidak nyaman karena mempengaruhi penampilan Anda. Ada juga yang khawatir dengan kondisi tersebut dapat mempengaruhi kesehatan si janin.

Nah, bagi Anda yang sedang mengandung, ada baiknya mengetahui informasi seputar kaki bengkak saat hamil agar tidak ada kesalahpahaman dalam melihat gejala tersebut. Yuk, sama-sama kita simak artikel berikut ini.

Berikut penjelasan kaki bengkak saat hamil yang harus Anda ketahui!

Pada dasarnya, mengalami kaki yang bengkak saat sedang mengandung merupakan hal yang wajar, apalagi jika usia kehamilan menginjak di trimester kedua. Hal tersebut terjadi karena kehadiran janin di dalam kandungan yang kemudian memengaruhi metabolisme dan kerja fungsi organ di dalam tubuh.

Selain itu, kaki bengkak saat hamil dapat terjadi karena ibu hamil menghasilkan hormon serta darah 50% lebih banyak dari biasanya agar dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Bukan hanya di kaki, lho. Bagi Anda yang baru mengalami kehamilan pertama kali, siap-siap saja. Selain mengalami bengkak pada kaki, ibu hamil juga sering mengalami bengkak di bagian tubuh lainnya, seperti pada wajah, area sekitar mata, tangan, dan sekujur kaki.

Penyebab kaki bengkak saat hamil

Ibu yang sedang hamil memang bisa saja mengalami bengkak di beberapa bagian tubuh, termasuk bagian kaki. Beberapa alasan bisa menjadi penyebab kaki bengkak saat hamil, lho. Simak terus penjelasan di bawah, ya!

  • Kenaikan berat badan

Salah satu alasan utama, tentu karena meningkatnya berat badan Anda, mengingat ada manusia lain yang sedang berkembang di dalam perut Anda. Semakin tua usia kehamilan, semakin besar janin di dalam kandungan, semakin bertambah pula berat badan Anda. Badan yang semakin berat itulah yang memaksa kaki Anda menopang beban semakin besar, yang mengakibatkan pembengkakan pada kaki Anda.

  • Kurang gerak

Ketika usia kehamilan menginjak 24 minggu, janin terus berkembang menjadi bentuk tubuh yang utuh, yang diikuti oleh bentuk perut yang membesar. Kondisi tersebut membuat ibu hamil malas untuk bergerak dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan berbaring seharian. Hal tersebut membuat aliran darah pada kaki tidak lancar sehingga membuat kaki jadi membengkak. Nah, ada baiknya Anda melakukan beberapa gerakan ringan, seperti senam hamil untuk menjaga tubuh dan melancarkan aliran darah.

  • Aliran darah tersumbat karena kehadiran janin

Selain karena kurang gerak, kaki bengkak saat hamil juga dapat terjadi karena aliran darah yang tersumbat. Aliran yang tersumbat itu akhirnya menumpuk di bagian kaki Anda dan menghambat darah sampai ke organ jantung. Hati-hati, aliran darah yang tidak lancar dapat memicu hadirnya penyakit lain, seperti hipertensi, lho!

  • Penumpukan cairan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika sedang hamil, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak cairan, termasuk hormon dan darah. Gaya gravitasi memengaruhi cairan tersebut berkumpul di bagian bawah tubuh Anda, yaitu bagian kaki.

  • Gejala timbulnya gangguan preeklamsia

Nah, selain penyebab di atas, kaki bengkak saat hamil juga bisa menjadi tanda Anda mengalami penyakit lain yang lebih berbahaya. Jika kaki Anda bengkak dan diiringi gejala lain seperti sakit perut, pusing, kesulitan buang air kecil, mual, dan gangguan penglihatan, bisa jadi tanda penyakit berbahaya seperti preeklamsia.

Preeklamsia sendiri terjadi karena meningkatnya tekanan darah dan tingginya kadar protein di dalam urin. Biasanya hal ini terjadi ketika kehamilan menginjak usia 20 minggu. Jangan ragu untuk segera hubungi dokter, ya!

Itu dia alasan mengapa Anda bisa mengalami kaki bengkak saat hamil. Setelah mendapatkan informasinya, jangan lupa untuk mengunjungi dokter kandungan secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan janin Anda, ya!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi