Vitamin Saat Mudik yang Tidak Boleh Ketinggalan

Vitamin saat mudik

Vitamin saat mudik;  Apakah Anda salah satu yang akan pergi mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga? Jika iya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan selama perjalanan dengan membawa serta mengonsumsi beberapa vitamin saat mudik, ya!

 

Go Dok – Tidak terasa, bulan Ramadhan sebentar lagi sudah akan berakhir. Menjelang habisnya bulan puasa, maka semakin dekat pula hari raya Lebaran bagi umat Muslim, dan bagi sebagian besar orang hal ini berarti waktu pulang kampung juga semakin dekat. Mudik, merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia dalam menyambut Lebaran. Begitu cuti Lebaran sudah dimulai, jalan tol, pelabuhan, bandar udara, serta stasiun-stasiun pun mulai dipenuhi oleh ribuan perantau yang ingin segera pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Apakah Anda salah satu yang juga akan pergi mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga? Jika iya, jangan lupa untuk menjaga kesehatan selama perjalanan dengan membawa serta mengonsumsi beberapa vitamin saat mudik, ya!

 Berikut adalah daftar lengkap vitamin yang mungkin Anda butuhkan :

1. Vitamin C

Vitamin saat mudik yang paling penting mungkin adalah vitamin C. Saat mudik, Anda melakukan perjalanan jauh, baik menggunakan transportasi kereta, mobil, maupun pesawat. Perjalanan jauh membutuhkan tubuh yang fit, dan untuk mencapainya, kinerja sistem imun Anda harus ditingkatkan. Nah, salah satu vitamin yang baik untuk meningkatkan kinera sistem imun adalah vitamin C.

Ya, vitamin ini jika dikonsumsi secara teratur dalam perjalanan, dapat mencegah Anda terjangkit flu dan pilek di area dingin, serta mencegah tubuh terjangkit virus dan bakteri yang umum menyerang tubuh. Selain dalam bentuk pil dan tablet, Anda bisa memperoleh vitamin C dari buah-buahan seperti lemon, jeruk, dan stroberi.

2. Vitamin B2

Vitamin saat mudik yang bisa dikonsumsi selanjutnya adalah Vitamin B2, atau biasa juga dikenal dengan sebutan Riboflavin. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mata dan sistem syaraf Anda selama perjalanan jauh.

3. Vitamin A

Sama dengan vitamin C, vitamin A juga memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengoptimalkan kinerja sistem imun Anda jika dikonsumsi secara rutin selama perjalanan panjang Anda. Dengan kata lain, vitamin A dapat bekerja efektif dalam melawan infeksi virus dan bakteri pada tubuh. Tak hanya itu, vitamin A juga berperan dalam menjaga kesehatan mata dan kulit Anda serta keluarga. Karenanya, jangan lupa membawa vitamin yang satu ini, ya!

4. Vitamin D

Vitamin saat mudik lainnya yang esensial untuk dibawa serta adalah vitamin D. Meski Anda bisa mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari, namun ada baiknya Anda juga membawa beberapa dalam bentuk pil atau suplemen, terutama jika Anda melakukan perjalanan mudik ke tempat yang dingin, atau jarang terkena cahaya matahari.

Vitamin D baik untuk memompa daya tahan tubuh, serta menenangkan syaraf-syaraf Anda saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Selain itu, vitamin D juga baik untuk menjaga kesehatan otot-otot tubuh Anda, yang mungkin banyak bekerja selama perjalanan mudik.

5. Vitamin B12

Selain memerlukan peningkatan kinerja sistem imun, tubuh Anda juga membutuhkan tambahan energi saat tengah dalam perjalanan mudik. Nah, vitamin yang paling baik untuk meningkatkan kadar energi yang dihasilkan tubuh adalah vitamin B12. Ya, vitamin B12 berperan dalam membantu tubuh untuk melepaskan energi dari makanan yang Anda konsumsi.

Tak hanya itu, vitamin B12 juga membantu tubuh Anda dalam produksi sel-sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem syaraf. Nah, tak hanya vitamin B12, sejatinya vitamin B1 dan B3 juga memiliki peran yang sama, dalam membantu melepaskan energi dari makanan yang Anda konsumsi.

6. Vitamin E

Vitamin saat mudik yang terakhir adalah vitamin E, yang lagi-lagi juga memiliki peran dalam memperkuat daya tahan tubuh Anda dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Tak hanya itu, sama seperti vitamin B2, vitamin E juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata dan kulit Anda selama perjalanan mudik yang cukup jauh.

Nah, itu dia 6 jenis vitamin saat mudik yang wajib Anda bawa dalam perjalanan menuju kampung halaman tercinta. Jangan lupa, jaga selalu kesehatan keluarga Anda, ya! Semoga bermanfat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi