Vasektomi; Amankah Bagi Pria? Cari Tahu di Sini!

vasektomi

Vasektomi mengacu pada prosedur medis di mana dokter ahli akan memotong saluran vas deferens pria. Bagi Anda pria yang enggan lagi memiliki keturunan dan berniat mencobanya sebaiknya ketahui informasinya untuk bahan pertimbangan.

Go Dok- Vasektomi; jenis kontrasepsi yang dikhususkan bagi kaum pria. Memang, jenis ini tidak terlalu populer karena masyarakat kita menganggap bahwa kontrasepsi merupakan ‘dunia wanita’. Namun, bagi Anda yang termasuk pria yang enggan lagi memiliki keturunan, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan vasektomi. Lantas, apa itu vasektomi; dan apa saja hal yang harus dipikirkan sebelum mencoba kontrasepsi ini? Simak penjelasan berikut!

Tentang vasektomi

Ternyata, vasektomi mengacu pada prosedur medis di mana dokter ahli akan memotong saluran vas deferens pria. Seperti yang telah Anda ketahui, sel sperma yang telah diproduksi dalam testis kemudian akan disimpan di kantung epididimis. Nah, agar dapat keluar, sel sperma harus melewati saluran berukuran 40cm terlebih dahulu –atau yang dikenal juga dengan saluran vas deferens. Jika saluran ini dipotong, maka bisa dipastikan bahwa sel sperma tidak akan keluar.

Yang harus dipertimbangkan sebelum mencoba vasektomi

Berniat mencoba vasektomi? Jangan terburu-buru, dan pertimbangkan beberapa hal ini terlebih dahulu!

  1. Bersifat permanen; hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum mencobanya adalah bahwa kontrasepsi yang satu ini bersifat permanen. Artinya, setelah saluran vas deferens dipotong, susah lagi bagi Anda untuk mengembalikannya ke kondisi semula –terkhusus jika kemudian Anda ingin memiliki keturunan lagi. Memang, kini ada prosedur medis demi menyambung kembali vas deferens (dikenal dengan istilah ‘vasovastotomy’). Namun, ingat! Selain memerlukan waktu dan biaya yang lebih besar, peluang sukses vasovastotomy juga tidak selalu 100%.
  2. Melibatkan prosedur bedah; untuk memotong saluran vas deferens, dokter ahli harus mempraktikkan bedah kecil . Karenanya, Anda harus mengantisipasi sensasi sedikit nyeri dan tidak nyaman setelahnya. Selain itu, pria yang melakukan vasektomi juga dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas fisik berat selama 24 jam pasca operasi.
  3. Apakah memengaruhi gairah seksIni dia pertanyaan yang paling sering diajukan. Banyak pria yang khawatir vasektomi justru akan menurunkan gairah seksual mereka. Benarkah? Salah. Faktanya, vasektomi tidak akan memengaruhi kemampuan ereksi, kadar hormon testosteron, gairah seks, ejakulasi, ataupun orgasme.
  4. Efektifkah vasektomi? Ternyata, presentasi sukses vasektomi dalam mencegah pembuahan adalah lebih dari 99%. Karenanya, cara ini disarankan bagi Anda pria yang memang sudah tidak ingin lagi memiliki keturunan.
  5. Tidak mencegah PMS; satu hal yang perlu diingat oleh para pria dan pasangannya adalah bahwa hal ini tidak lantas membuat Anda terhindar dari penyakit menular seksual (PMS), seperti HIV dan gonore. Karenanya, tetap hindari kebiasaan seks yang tidak sehat –seperti terbiasa berhubungan badan dengan orang lain yang bukan pasangan.

Itu tadi sekelumit penjelasan tentang vasektomi dan segala hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda mencoba alternatif kontrasepsi yang satu ini. Ingat! Selalu pikirkan dengan matang dan diskusikan terlebih dahulu keputusan Anda dengan pasangan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.