Vagina Mengeluarkan Gas, Apa Penyebabnya?

Vagina mengeluarkan gas

Vagina mengeluarkan gas biasa terjadi setelah atau selama melakukan hubungan seks. Sebenarnya, apa penyebab dan berbahayakah kondisi ini bagi kesehatan? Ataukah bisa menjadi pertanda penyakit tertentu?

 

Go Dok Bagi kaum Hawa yang telah menikah, tentu pernah mengalami kejadian saat vagina Anda seolah membuang gas, setelah atau selama melakukan hubungan seksual dengan suami. Fenomena ini memang seringkali terjadi, dan banyak pula beredar rumor tentang penyebabnya. Beberapa orang mengatakan, hal ini merupakan tanda bahwa percintaannya dengan pasangan memang memuaskan. Ada pula yang bilang bahwa hal ini menjadi tanda bahwa Anda akan segera hamil. Benarkah hal ini? Meskipun tak sedikit pula yang mengabaikannya, namun tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui apa penyebab vagina mengeluarkan gas. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

Bagaimana “keluar gas” dari vagina bisa terjadi?

Vagina mengeluarkan gas, merupakan suatu kejadian di mana udara terperangkap di dalam vagina Anda. Jika udara sudah terperangkap di bagian kewanitaan Anda, maka suatu waktu udara ini akan terlepas keluar lagi. Nah, saat udara dilepaskan dari vagina inilah, dihasilkan suara dan sensasi seperti buang angin dari dalam perut. Namun, meskipun sama-sama melepaskan zat berbentuk gas, pelepasan gas dari vagina ini tidak akan menimbulkan bau seperti kentut pada umumnya.

Kapan biasanya vagina mengeluarkan gas tersebut?

Seringkali, vagina mengeluarkan gas saat Anda sedang bercinta dengan pasangan, tepatnya saat kemaluan suami Anda melakukan gerakan keluar-masuk bagian kewanitaan. Pasalnya, saat lubang vagina terbuka lebar, maka besar kesempatan bagi udara untuk masuk dan terperangkap di dalamnya. Nah, gerakan penis yang memasuki vagina berulang-ulang dapat menggeser udara yang memang sudah terperangkap di dalam vagina, sehingga terjadilah pelepasan gas. Namun, hal ini dapat pula terjadi  saat Anda tengah berolahraga, dan menggerakkan area paha .

Apakah hal ini berbahaya?

Berbagai artikel medis menyatakan bahwa fenomena vagina mengeluarkan gas sebenarnya adalah hal yang umum terjadi dan sangat jarang mengindikasikan penyakit tertentu. Namun, tentu ada beberapa kasus yang merupakan pengecualian.

Lalu, apa penyebab vagina mengeluarkan gas?

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab umum dari terjadinya hal ini adalah kegiatan seksual Anda dan pasangan. Meski begitu, ada pula penyebab lainnya, yang terkait dengan membukanya vagina serta masuknya udara ke dalamnya. Berikut adalah penyebab keluarnya gas dari vagina :

  • Pemakaian produk kewanitaan, seperti pembalut dan sabun kewanitaan, dapat menyebabkan gelembung udara masuk dan terperangkap di dalam vagina. Nah, udara tersebut akan terlepas keluar saat Anda membuka pembalut atau celana dalam, atau saat Anda meregangkan area paha.

  • Otot tegang,di mana ketegangan otot akibat aktivitas seksual maupun kegiatan lain yang melibatkan posisi mengangkang dalam waktu tertentu, dapat pula menyebabkan gelembung udara terperangkap di dalam vagina. Udara ini akhirnya keluar dalam bentuk “queef”, jika Anda terbatuk atau meregangkan tubuh.

Meskipun kebanyakan penyebabnya adalah aktivitas biasa yang tidak ada kaitannya dengan kondisi medis yang serius, namun ada beberapa pula kondisi kesehatan yang menyebabkan hal ini  seperti :

  • Disfungsi dasar panggul,di mana beberapa studi terbaru menunjukkan bahwa suara yang keluar dari vagina ini bisa jadi merupakan akibat dari penyakit disfungsi dasar panggul.

  • Fistula vagina,merupakan suatu saluran berongga yang sifatnya abnormal, dan terletak di antara vagina Anda dan organ perut bagian dalam.  Saluran ini bisa jadi penyebab potensial dari gas vagina, yang sama sekali tidak berkaitan dengan hubungan seksual. Kondisi ini perlu ditangani oleh tenaga spesialis, karena tergolong kondisi kesehatan yang cukup serius.

Nah, itu dia serba-serbi tentang fenomena vagina mengeluarkan gas yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks lainnya? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi