Tunda Miliki Momongan dengan Cara Memakai Kondom yang Benar

Cara memakai kondom yang benar

Cara memakai kondom yang benar bagi Anda yang ingin memiliki momongan dengan cek terlebih dahulu kondisi kondom yang ada dalam pembungkus kemudian pahami cara memakai kondom yang benar agar bekerja maksimal saat digunakan dan tidak mengganggu kualitas hubungan Anda dengan pasangan.

 

Go Dok – Siapa sih yang tidak kenal dengan jenis alat kontrasepsi yang satu ini. Berwarna-warni dan memiliki bentuk yang khas, kondom juga bisa didapatkan dengan mudah dengan harga yang cenderung murah. Laksana sabuk pengaman dalam mobil, walaupun tidak 100% menghindari Anda dari ‘kecelakaan’, penggunaan kondom dinilai cukup efektif dalam mengontrol kehamilan, lho.

Bagi Anda yang sudah menikah, namun belum berkeinginan untuk memiliki anak, penggunaan kondom bisa menjadi cara paling jitu untuk menyalurkan kebutuhan biologis Anda, tanpa harus mengurangi kualitas aktivitas tersebut.

Masih bingung bagaimana cara memakai kondom yang benar? Atau ini menjadi pengalaman pertama Anda untuk berhubungan seksual menggunakan kondom dengan pasangan Anda.

Berikut ini cara memakai kondom yang benar untuk menunda kehamilan dan terhindar dari penyakit menular seksual!

Bagi Anda yang belum tahu, kondom umumnya bersifat elastis karena terbuat dari karet lateks yang sangat tipis. Selain itu, di dalam kondom mengandung pelumas dan spermisida yang bersifat merusak hingga membunuh sel sperma. Selain bentuk kondom yang menutup ujung penis Anda, kandungan tersebut semakin ampuh untuk mencegah kehamilan.

Begitu banyak model dan varian kondom yang dapat Anda beli di apotek. Jika hendak digunakan, ada baiknya untuk mengecek kondisi kondom yang masih ada di dalam pembungkus.

Beberapa hal yang harus dicek terlebih dahulu sebelum ke tahap cara memakai kondom yang benar, seperti:

  1. Cek tanggal kadaluwarsa dari kondom. Kondom yang sudah kadaluwarsa cenderung sudah rapuh dan rentan tersobek saat sedang digunakan, sehingga dapat menimbulkan kehamilan karena tidak maksimal dalam menahan sel sperma yang masuk ke dalam sel telur.
  2. Sebelum dibuka, cek dahulu apakah ada udara di dalam kemasan atau tidak. Pembungkus kondom yang baik haruslah bersifat kedap udara.
  3. Mungkin terdengar lucu, tapi penting untuk memastikan ukuran kondom yang tepat, ya! Pasalnya, kondom bisa sobek saat digunakan jika terlalu kecil, sedangkan kondom yang terlalu besar bisa saja terlepas dan tertinggal di dalam vagina, lho!
  4. Terakhir, sobek pembungkus kondom secara perlahan. Hindari penggunaan benda tajam karena bisa saja merusak dan menyobek kondom saat hendak dikeluarkan dari pembungkus.

Jika kondisi kondom telah dikeluarkan dari pembungkus, kondom siap untuk dikenakan. Berikut beberapa cara memakai kondom yang benar agar bekerja maksimal saat digunakan dan tidak mengganggu kualitas hubungan Anda dengan pasangan.

  1. Seperti yang Anda ketahui, kondom masih tergulung rapi saat dikeluarkan dari pembungkus. Sebagai langkah awal, tarik keluar ujung kondom agar menyisakan ruang agar berfungsi sebagai penahan sperma yang keluar jika Anda ejakulasi.
  2. Sebelumnya, pastikan penis dalam kondisi ereksi. Setelah itu,aplikasikan cara memakai kondom yang benar dengan buka kondom yang masih tergulung mengikuti bentuk penis, dari ujung kepala hingga ke area pangkal.
  3. Pastikan tidak ada udara yang tersisa di dalam kondom agar menghilangkan risiko kondom menjadi longgar dan terlepas saat digunakan.
  4. Jika gulungan kondom tidak terbuka semua, pastikan sisanya digulung ke arah luar, bukan ke dalam.
  5. Anda bisa juga memberi pelumas terlebih dahulu sebelum aktivitas seksual dilakukan. Selalu ingat, untuk menggunakan pelumas yang berbahan silikon dan air. Dengan memberi pelumas, dapat menghindari kondom menjadi kering dan rusak saat sedang digunakan.
  6. Cara memakai kondom yang benar pada akhir aktivitas seksual, jika ejakulasi telah terjadi dan sperma tertampung di dalam kondom, lepaskan kondom ketika penis masih dalam kondisi ereksi dengan menahan bagian ujung yang terbuka. Anda boleh mengikatnya agar tidak ada sperma yang berjatuhan dan segera buang kondom yang bekas Anda pakai.

Gentleman, bagaimana penjelasannya? Setelah mengetahui cara memakai kondom yang benar ini, jangan lagi ada rasa bingung dan canggung ketika hendak melakukan aktivitas seksual dengan pasangan, ya! Selalu ingat, untuk tidak berganti-ganti pasangan seks dan jauhi seks bebas. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi