Tips Sehat Saat Lebaran Setelah Sebulan Penuh Berpuasa

Tips sehat saat lebaran

Tips sehat saat lebaran ; Selain memenuhi tubuh dengan asupan suplemen vitamin, ada berbagai tips yang bisa dicoba nih, agar tubuh tetap sehat dan bugar selama momen Hari Raya Lebaran seperti mengatur pola makan, jangan begadang, hingga olaharaga secara rutin.

 

Go Dok Setelah umat Muslim berpuasa selama sebulan penuh, Hari Raya Lebaran yang dinantikan pun akhirnya berada di depan mata. Saatnya merayakan hari kemenangan! Selain mencari tren busana muslim yang sedang hits, jangan lewatkan untuk mengikuti tips sehat saat Lebaran agar tubuh tetap bugar dan kemeriahan momen Lebaran tetap terjaga!

Selain memenuhi tubuh dengan asupan suplemen vitamin, ada berbagai tips yang bisa dicoba nih, agar tubuh tetap sehat dan bugar selama momen Hari Raya Lebaran. Mau tahu apa saja tips yang dimaksud?

Cek terus tips sehat saat lebaran di bawah ini, ya!

 1. Atur pola makan kembali

Tips sehat saat lebaran yang pertama dengan mengatur pola makan. Setelah sebulan kemarin Anda mengalami perubahan pola makan, momen Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk memperbaikinya menjadi pola yang ideal, seperti memulai pagi hari dengan sarapan dan sudahi makan malam 2 jam sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa untuk memasukan menu syarat vitamin dan mineral di dalam makanan Anda, terutama sayur dan buah yang kaya akan serat.

2. Jangan balas dendam

Tidak bisa dipungkiri, momen Hari Raya Lebaran memang menjadi ajang berkumpulnya saudara dan segala makanan lezat yang mampu menggoyang lidah. Mulai dari aneka kue manis dan puding, lontong sayur, opor ayam, gulai kambing, kolak, dan brownies tiramisu memenuhi meja makan. Rasanya, tidak sabar untuk segera melahap semuanya, bukan?

Eits, jaga hawa nafsu Anda agar tidak kalap saat menyantap menu Lebaran, nih! Pasalnya, sajian menu Lebaran yang serba manis berisiko meningkatkan kadar gula darah dan memicu timbulnya penyakit diabetes, lho. Selain itu, makanan serba santan juga dapat memicu penyakit hipertensi dan asam urat Anda kambuh.

Jangan lupa, memakan makanan berat secara serentak dan mendadak juga berisiko meningkatkan produksi asam lambung sehingga perut terasa kembung dan munculnya sensasi terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Jadi, jangan jadikan momen Lebaran untuk ‘balas dendam’, ya!

3. Menjaga asupan air minum

Tips sehat saat lebaran selanjutnya dengan memperhatikan asupan air minum. Tidak sedikit yang mengeluhkan mengalami gangguan sulit buang air besar saat menjalani ibadah puasa. Hal tersebut karena tubuh kurang terhidrasi oleh asupan air mineral 8 gelas per hari dan memilih es sirup sebagai menu berbuka puasa. Selain itu, memilih beragam minuman manis lainnya juga berisiko meningkatkan kadar gula dalam darah, lho.

Padahal, selain menjauhkan Anda dari gangguan sembelit, mengonsumsi air mineral juga dapat menjaga kelembapan tubuh dan membuat kulit wajah tetap kencang. Rutin mengonsumsi minum air putih hangat setelah makan juga dipercaya dapat melunturkan sisa lemak yang berasal dari santapan Anda, lho.

4. Jangan begadang

Memang, momen berkumpul bersama keluarga besar saat Lebaran tiba sungguh mengasyikan. Selain melepas rindu, banyak cerita-cerita menarik yang dapat dibagikan saat momen berkumpul tersebut, sehingga membuat waktu berjalan begitu cepat. Namun, jangan sampai keasyikan bermain kartu dan berbincang hingga larut malam dan begadang, ya!

Seperti yang Anda tahu, sejumlah risiko gangguan kesehatan dapat muncul akibat terlalu sering begadang, mulai dari munculnya sakit kepala, menurunkan daya tahan tubuh dan tingkat konsentrasi, memicu rasa lapar hingga obesitas dan penyakit diabetes!

Setelah lelah beraktivitas seharian, tubuh memerlukan waktu beristirahat untuk mengembalikan energi. Selain itu, beberapa fungsi metabolisme tubuh juga bekerja lebih efektif ketika Anda tertidur, seperti organ pencernaan dan sirkulasi darah. Makanya, selalu pastikan tubuh dapat beristirahat selama 7-8 jam setiap hari, ya!

5. Kembali berolahraga secara rutin

Terakhir, tips sehat saat lebaran dengan berolahraga secara rutin. Jika Anda tidak sempat melakukan olahraga secara rutin saat menjalankan ibadah puasa, saatnya mengembalikan performa tubuh setelah Lebaran, nih! Selain itu, kembali berolahraga rutin 3-4 kali seminggu juga mampu menjaga berat badan Anda yang sempat turun saat ibadah puasa lalu.

Berbagai pilihan latihan olahraga bisa dicoba sebagai tips sehat saat Lebaran, mulai lari pagi di komplek perumahan, angkat beban di tempat gym, zumba dance, maupun variasi senam lantai seperti push up dan sit up yang bisa Anda lakukan di dalam rumah. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.