Tips Mudah Menghilangkan Mual Saat Hamil 3 Bulan

Mual saat hamil 3 bulan

Mual saat hamil 3 bulan seringkali terjadi dan menggangu aktivitas sehari-hari.  Banyak istirahat, tetap aktif secara fisik dan mental, mengonsumsi teh jahe hingga mengenakan pakaian longgar bisa Anda praktikkan sebagai tips untuk menghilangkan mual di trimester pertama ini.

 

Go Dok Hamil adalah hal yang sangat menakjubkan. Tetapi, mual yang dirasa hampir setiap pagi? Tidak begitu menyenangkan. Rasa mual atau morning sickness memang menjadi salah satu tanda dalam kehamilan. Biasanya, keluhan ini dirasa di bulan ke-3 dalam kehamilan. Faktanya, hampir separuh perempuan yang hamil mengalami mual. Namun, rasa mual ini tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala ini memang tidak memerlukan perawatan medis, kecuali kondisi semakin parah yang menyebabkan dehidrasi hingga penurunan berat badan.

Beberapa tips menghilangkan mual saat hamil 3 bulan yang bisa Anda praktikkan:

1. Banyak istirahat

Tips mengatasi mual saat hamil 3 bulan yang pertama dengan perbanyak istirahat. Penting sekali bagi ibu hamil untuk dapat tidur nyenyak di malam hari. Tidur siang juga dapat mengurangi rasa mual, tetapi jangan lakukan setelah habis makan langsung ya! Karena, ini akan meningkatkan rasa mual. Tidurlah lebih awal agar dapat bangun lebih cepat. Ingat, jangan gunakan obat tidur kecuali ada resep dari dokter.

2. Makan dengan hati-hati

Mengonsumi makanan berlemak, pedas dan kafein dapat meningkatkan asam lambung, terutama ketika sedang hamil. Karena, keberadaan sang janin di dalam Rahim juga dapat mendorong saluran pencernaan. Makan dengan ukuran porsi yang lebih kecil juga bisa mengurangi kemungkinan untuk muntah. Jangan biarkan perut Anda kosong ya! Makan biskuit asin atau camilan protein sebelum bangun tidur di pagi hari dapat membantu. Lalu, Anda bisa mengonsumsi saus apel dingin, pir, pisang atau buah jeruk untuk sarapan. Kandungan kalium pada buah dapat mencegah rasa mual di pagi hari.

3. Tetap aktif secara fisik dan mental

Tetap aktif secara fisik dapat menghilangkah mual saat hamil 3 bulan loh! Karena, menyibukkan diri dapat membantu mengalihkan pikiran dari perasaan mual. Anda bisa melakukan kegiatan seperti membaca buku, membuat teka-teki, menonton televisi, bermain kartu, atau pergi berjalan-jalan akan membantu untuk tetap sibuk.

4. Mengonsumsi asupan cairan yang baik

Selalu jaga kondisi tubuh untuk tetap terhidrasi. Mungkin akan sulit mengonsumsi 8 gelas air sehari sambil mengalami mual, tetapi dehidrasi bisa memperburuk kondisi loh! Anda bisa menambahkan cuka sari apel dan madu ke air agar membuatnya lebih enak. Mengisap es batu atau minum jus buah juga  dapat menjadi alternatif.

5. Teh jahe dan peppermint

Jahe sering digunakan untuk membantu pencernaan dan mengurangi rasa ketidaknyamanan perut. Nah, karenanya jahe dapat mengurasi rasa mual. Anda bisa mengonsumsi ginger ale dingin atau menambahkan sepotong jahe mentah ke air atau teh. Selain itu, teh peppermint juga dapat membantu meredakan rasa mual.

6. Kenakan pakaian longgar dan nyaman

Tips mengatasi mual saat hamil 3 bulan terakhir dengan mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakaian ketat dapat memperparah gejala mual. Kenakan pakaian yang longgar untuk mengurangi rasa mual ya!

Itu dia 6 tips untuk menghilangkan mual saat hamil 3 bulan. Tetap jaga kesehatan diri sendiri dan sang buah hati ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dengan dokter seputar kesehatan Anda  kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi