Tips Gerakan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga

Pemanasan sebelum berolahraga jadi hal yang sangat penting agar tubuh tidak terlalu kaget saat diajak olahraga berat dan untuk menghindari kram atau cedera lainnya selama berolahraga. Anda bisa mencoba variasi gerakan pemanasan dengan lompat tali, tepuk nyamuk, dan jalan di tempat.

Go Dok Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa sebelum berolahraga, Anda terlebih dulu harus melakukan beberapa gerakan pemanasan. Baik itu olahraga lari, renang, fitness, dan lain-lain. Tujuannya adalah agar tubuh tidak terlalu kaget saat diajak berolahraga berat, dan untuk menghindari kram atau cedera lainnya selama berolahraga.

Namun, terkadang gerakan pemanasan yang itu itu saja bisa membuat siapapun bosan. Nah, untuk mencegah kebosanan tersebut sebaiknya Anda mencoba gerakan pemanasan yang mengasyikkan.

Berikut adalah beberapa tips gerakan pemanasan sebelum berolahraga yang bisa Anda praktikkan!

1. Lompat tali

Dibandingkan hanya melakukan push-up, sit-up dan back-up untuk pemanasan sebelum berolahraga, ada baiknya Anda melakukan sesuatu yang lebih dinamis dan tidak membosankan. Ya, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan permainan lompat tali.

Nah, sebagai orang dewasa, Anda bisa kembali memainkannya sendiri, dengan melakukan lompat-lompat meloncati tali sebagai pemanasan, alias skipping. Jenis pemanasan ini akan menyenangkan, dan membuat Anda lebih fokus karena harus menyesuaikan ritme dengan perputaran tali.

Lakukan lompat tali selama lima menit, dengan tempo ringan maupun cepat untuk pemanasan.

2. Tepuk nyamuk

Satu lagi gerakan yang populer di masa kecil, adalah tepuk nyamuk. Olahraga di sekolah-sekolah dasar biasanya memfavoritkan gerakan ini karena anak-anak dinilai jauh lebih aktif dan membutuhkan gerakan yang lebih dinamis.

 Nah, Anda dapat menerapkan tepuk nyamuk sebagai salah satu jenis pemanasan sebelum berolahraga yang cukup efektif. Pasalnya, gerakan ini akan membuat kaki, otot-otot inti pada tubuh, serta jantung Anda bekerja di waktu yang sama.

Hal ini akan memperlancar aliran darah dan mempersiapkan jantung Anda untuk olahraga yang lebih berat. Lakukan gerakan tepuk nyamuk setidaknya 5 – 10 menit untuk pemanasan.

3. Tambahkan musik dan ritme

Salah satu hal yang bisa membuat pemanasan di pagi hari lebih mengasyikkan adalah : musik. Ya, Anda dapat menyetel sederet pilihan lagu dengan tempo yang tepat untuk mengiringi pemanasan Anda.

Mainkan lagu yang bertempo pelan hingga sedang untuk gerakan yang ritmenya sedang dan mainkan lagu hip hop atau R&B untuk gerakan pemanasan dengan ritme yang lebih dinamis. Pilihan lagu bisa disesuaikan dengan selera Anda, lho!

Contohnya, Anda bisa menyetel lagu-lagu rock, seperti Back in Black (AC/DC), Eye of The Tiger, atau Smoke on The Water (Deep Purple) untuk push-up, sit-up, dan back-up. Sedangkan untuk gerakan peregangan atau kardio, Anda bisa memilih The Pussycat Dolls, Ariana Grande, atau Havana. Menyenangkan, bukan?

4. Animal Instinct

Bukan sekadar judul dari salah satu film erotis paling terkenal, Animal Instinct juga merupakan nama dari sekumpulan gerakan pemanasan yang membuat Anda meniru gerakan binatang. Hal ini butuh usaha lebih, namun mengasyikkan karena beberapa gerakan bisa terlihat konyol dan membuat Anda merasa lucu.

Contoh dari gerakan yang termasuk dalam kelompok ini adalah :

  • Lompat kodok, lompat seperti yang dilakukan kodok, lakukan setidaknya 2 x 8 kali
  • Crab Walk,gerakan menyamping seperti kepiting, lakukan setidaknya 2 x 8 kali
  • Duck Walk,gerakan berjalan dengan kaki meniru gerakan bebek saat berjalan, lakukan hal ini setidaknya 2 x 8 kali
  • Bear crawl,merangkak dengan kedua tangan dan kaki layaknya beruang, lakukan setidaknya 2 x 8 kali.

5. Jalan di tempat

Salah satu gerakan pemanasan sebelum berolahraga yang paling mudah dan mengasyikkan adalah jalan di tempat. Ya, Anda tak perlu ke mana-mana dan hanya fokus pada kedua kaki.

Saat melakukannya, pastikan kedua tangan juga diayunkan ke atas dan bawah layaknya sedang jogging. Pertahankan gerakan ini selama 3 menit. Eits, Anda juga bisa menyetel lagu untuk mengiringinya, seperti Yellow Submarine atau Twist And Shout (The Beatles).

Nah, itu dia 5 tips untuk membuat gerakan pemanasan sebelum berolahraga  lebih mengasyikkan. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi