Tips Ampuh Agar si Kecil Tidur Lebih Cepat

tidur lebih cepat

Tentunya Bunda ingin si kecil tidur lebih cepat agar bisa beristirahat lebih lama. Tips agar si kecil tidur lebih cepat yang bisa Bunda lakukan dengan membuat harinya lebih aktif, memandikannya di sore hari sebelum tidur, pijat lembut tubuhnya, ikut berbaring disampingnya, matikan televisi dan lampu kamar.

Go DokBunda, seringkali waktu Anda dalam seharian habis hanya untuk meninabobokan si kecil hingga tertidur pulas. Terutama jika Anda memiliki bayi, yang notabene lebih mudah kaget dan terbangun dibandingkan dengan anak kecil. Jika sudah begitu, artinya hanya akan sedikit waktu yang tersisa bagi Anda untuk beristirahat.

Nah, salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan trik-trik tertentu agar si kecil segera tertidur dan Anda bisa cepat beristirahat.

Apa saja tips ampuh agar si kecil tidur lebih cepat?

1. Buat harinya lebih aktif

Ya, salah satu tips ampuh agar bayi dan balita dapat tidur lebih cepat di malam hari adalah dengan membuat waktu pagi dan siang harinya lebih aktif. Untuk bayi, ajaklah berbicara dan bermain saat Anda tengah menyusui atau memberinya makan.

Sedangkan untuk balita dan anak kecil, ajaklah bermain, belajar, menyanyi, berdansa, atau berkegiatan lain yang baik untuk tubuhya. Setelah itu, usahakan untuk menciptakan suasana malam hari yang sunyi dan tenang. Alhasil, bayi dan balita yang sudah lelah beraktivitas seharian akan langsung cepat tertidur.

2. Mandi terlebih dulu

Tips ampuh agar si kecil tidur lebih cepat yang kedua adalah dengan memandikannya di sore hari sebelum tidur. Mandi air hangat dapat membuat mata si kecil lekas berat dan mengantuk, terlebih jika Anda langsung mengoleskan minyak telon dan memakaikan piyama yang menghangatkan tubuhnya.

Anda bisa pula menambahkan dengan menyanyikan nina bobo dan mengelus bayi dengan lembut. Cara ini bisa jadi ampuh untuk cepat menidurkannya.

3. Pijat lembut tubuhnya

Selain mandi air hangat, salah satu hal yang bisa membuat si kecil lekas mengantuk adalah dengan pijatan lembut seorang ibu. Ya, saat bayi atau anak Anda sudah memakai piyama, dan siap untuk tidur, letakkan ia di ranjang dan Anda bisa berbaring disebelahnya sembari memijat lembut tangan, kaki, dan perut anak.

Usapan dan pijatan lembut Anda, apalagi jka dibarengi dengan mengoleskan minyak telon, akan semakin menghangatkan badannya, sehingga lebih cepat untuk terlelap.

4. Berbaringlah di sampingnya

Saat si kecil sering terbangun, biasanya hal ini karena ia kaget dan tidak ada Anda di sampingnya. Hal ini membuat si kecil merasa tidak aman, dan ia akan mulai menangis keras. Rasa nyaman dan aman di samping Anda adalah salah satu kunci untuk membuatnya cepat tertidur.

Jadi, Anda bisa membuatnya tenang dengan menidurkannya sembari berbaring dalam posisi berpelukan dengan anak Anda. Selain menghangatkan, rasa nyaman dapat membuatnya tenang dan lekas tertidur.

5. Jangan menggoda atau mengajaknya bermain

Terkadang, Anda tentunya suka gemas dengan si kecil, bahkan saat sedang berusaha menidurkannya. Nah, mengajak bayi bermain, bercanda, atau bicara dengan nada lucu justru akan membuatnya semakin bersemangat dan tak mau tidur. Sebaliknya, saat Anda menggendong dan mengelus punggungnya, jangan ajak ia bermain.

Usahakan pula jangan mengajaknya bicara, menyahutinya, atau jika memang perlu berbicaralah hanya dengan suara berbisik yang lembut. Selain itu, jangan pula membuat kontak mata dengannya. Hal ini bisa merupakan salah satu trik ampuh agar si kecil cepat tertidur.

6. Matikan televisi, komputer dan radio

Salah satu yang bisa membuat anak Anda tetap bangun adalah suara dan hiburan yang muncul dari televisi, komputer dan radio. Ada baiknya, Anda mematikan semua perangkat tersebut setidaknya setengah jam sebelum waktu tidur si kecil. Dalam suasana yang tenang dan tanpa distraksi, otomatis si kecil akan lebih mudah terlelap.

7. Matikan lampu kamar

Tips ampuh agar si kecil cepat tidur yang terakhir adalah dengan mematikan lampu di dalam kamar. Suasana yang gelap dan tenang, dengan Anda yang meninabobokan dan menggendongnya, akan membuat anak merasa nyaman. Alhasil, tidur pun jadi lebih mudah.

Nah, itu dia 7 trik ampuh agar si kecil bisa cepat terlelap di malam hari. Semoga bermanfaat ya, Bunda!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/JJ/MA

Referensi