Tips agar Tetap Sehat untuk Pekerja Malam

tetap sehat untuk pekerja malam

Go Dok – Tetap sehat untuk pekerja malam – Saat kita tengah lelap di malam hari, selalu ada orang-orang tertentu yang mendedikasikan waktu mereka untuk tetap bekerja. Baik itu polisi yang berpatroli hingga larut, dokter dan suster yang bertugas jaga malam, hingga para pencari berita yang tidak tidur karena mengejar deadline. Apakah Anda salah satu dari orang-orang tersebut? Jika iya, tentu sulit bagi Anda untuk tidur cukup dan tetap menjaga kesehatan seperti kebanyakan orang.

Yuk, simak tips agar Anda tetap sehat untuk pekerja malam berikut ini!

1. Jangan langsung begadang

Tips agar tetap sehat untuk pekerja malam yang pertama adalah ambil waktu untuk mengkondisikan diri Anda. Mintalah keringanan dari atasan di awal-awal waktu bekerja, untuk menyesuaikan diri dengan bekerja di malam hari. Paling tidak, Anda akan membutuhkan waktu dua hari untuk hal ini. Jangan memaksakan diri untuk langsung begadang, dan izinkan tubuh Anda menyesuaikannya. Sebab, tubuh manusia tidak didesain untuk langsung beradaptasi dengan cepat terhadap hal tersebut.

2. Tetaplah tidur dengan cukup

Tips agar tetap untuk pekerja malam yang kedua  adalah menyesuaikan diri dan tetap tidur dengan waktu cukup. Tentunya, Anda harus merubah jadwal tidur Anda, mulai dari pagi, siang, atau sore hari. Biasanya, akan sulit bagi seseorang untuk tidur di saat matahari masih bersinar terang. Untuk ini, berusahalah untuk mengkondisikan kamar tidur Anda, hindari cahaya terang, matikan lampu, dan ciptakan lingkungan yang sepi. Pasalnya, cahaya yang terlalu terang bisa membuat Anda susah tidur, begitu pula dengan suara berisik. Hindari pula rokok dan alkohol yang dapat mencegah kantuk Anda di pagi dan siang hari.

3. Hindari kopi dan kafein

Tips tetap sehat untuk pekerja malam selanjutnya adalah jangan terlalu banyak minum kopi. Pasalnya, meskipun kopi dapat menghilangkan rasa kantuk saat bekerja, namun hal ini tidak baik untuk kesehatan. Justru, kopi dapat mencegah Anda untuk tidur di pagi dan siang harinya. Selain itu, penyebab umum dari rasa kantuk biasanya adalah kekurangan cairan, yang bisa Anda atasi dengan mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak air putih untuk mengatasi kantuk.

4. Terapkan pola makan sehat

Untuk mencukupi kebutuhan energi saat bekerja di malam hari, Anda harus menerapkan pola makan sehat. Hal ini akan mencegah datangnya penyakit, serta meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Tetaplah makan tepat waktu, jangan terlambat makan karena bisa menyebabkan maag yang mengganggu kinerja. Selain itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna tubuh Anda dan mengandung vitamin, mineral, serta mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti roti, nasi, salad, sayuran dan buah. Hindari pula makan berat saat bekerja, serta makanan pedas serta berlemak yang sulit dicerna tubuh. Dan terakhir, batasi konsumsi gula baik dalam makanan maupun minuman yang Anda konsumsi.

5. Tetap berolahraga

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, Anda tidak boleh melupakan olahraga secara rutin. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari, dan Anda bisa menerapkan olahraga jogging, bersepeda, maupun berjalan kaki. Berolahraga bisa menjaga metabolisme tubuh, menambah kebugaran, serta menjaga Anda tetap sehat.

6. Tidur siang

Terakhir, tips tetap sehat untuk pekerja malam adalah melakukan tidur siang. Hal ini bisa Anda lakukan di sore hari, mungkin sehabis berolahraga, selama 1 -2 jam. Pasalnya, tidur siang dapat menjaga Anda tetap terjaga saat bertugas di malam hari, serta menjaga energi tubuh agar tetap bugar.

Nah, itu dia 6 tips tetap sehat untuk pekerja malam yang dapat Anda terapkan. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi