Tetap Steril dengan Mengetahui Cara Tepat Mencuci Dot Bayi

Cara mencuci dot bayi

Mencuci dot bayi sangatlah penting karena  seringkali dot bayi dibiarkan tergeletak di lantai, sehingga memicu berkumpulnya bakteri penyebab penyakit dan masuk ke dalam tubuh bayi. Maka dari itu, penting menjaga kebersihannya dengan mencuci dengan cara yang tepat.

 

Go DokSeiring perkembangan umurnya, mulai timbul kebiasaan bayi untuk memasukan barang ke mulutnya, mulai dari mainan, jari jempol, serta empeng atau dot botol susu. Artinya, bunda harus mulai memperhatikan kebersihan dari benda-benda tersebut, termasuk dot yang selalu digunakan setiap waktu. Lantas, bagaimana cara tepat mencuci dot bayi agar kebersihannya tetap terjaga?

Walaupun dot bayi terlihat bersih dan steril, sehingga aman digunakan. Padahal, seringkali dot bayi dibiarkan tergeletak di lantai, sehingga memicu berkumpulnya bakteri penyebab penyakit dan masuk ke dalam tubuh bayi. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga kebersihannya dengan mengikuti langkah tepat mencuci dot bayi berikut ini!

Ada gula ada semut. Hal tersebut mungkin juga berlaku ketika Anda menaruh botol susu di rumah. Dalam sekejap mata pasti bayi Anda langsung menghampiri dan menghisap habis susu yang ada di dalamnya!

Sayangnya, si kecil masih sering meletakkan dan melempar barangnya sesuka hati, termasuk dot bayi yang habis digunakan. Akibatnya, bakteri bisa saja datang dan menghinggapi peralatan pribadinya. Maka dari itu, mencuci dot bayi hanya dengan air saja tidak cukup!

Berikut cara tepat mencuci dot bayi di rumah:

1. Menyiapkan botol Anda untuk dibersihkan

Pertama-tama, pisahkan botol bayi mulai dari tutup, dot bayi yang menyerupai puting, serta botol susunya. Hal ini untuk mencegah adanya sisa susu yang tertinggal ketika sedang mencucinya.

2. Siapkan air panas

Dalam mencuci dot bayi yang tepat siapkan air panas di wastafel dan tambahkan sedikit sabun cuci piring yang memiliki kandungan ringan. Campurkan keduanya hingga air sedikit berbusa, kemudian masukan semua bagian botol bayi.

3. Gosok botol bayi Anda

Sekarang saatnya untuk menggosok. Cara termudah untuk membersihkan setiap sudut dari botol bayi adalah dengan menggunakan sikat khusus botol bayi. Pilihnya ukuran sikat yang sesuai dengan ukuran botol bayi Anda. Untuk membersihkan bagian luar botol, Anda cukup menggunakan sponge saja.

4. Membersihkan puting botol bayi

Untuk membersihkan bagian puting botol bayi, Anda akan membutuhkan sikat berbulu. Karena puting botol jauh lebih kecil ukurannya, maka Anda akan membutuhkan sikat berukuran kecil.

5. Membilas botol bayi

Setelah selesai mencuci semua bagian botol bayi, bilaslah dengan air dingin dan pastikan tidak ada busa sabun yang tersisa.

6. Mengeringkan botol bayi Anda

Untuk mengeringkan botol serta dot bayi Anda, gunakan alat pengering khusus untuk hasil yang optimal. Selain itu, Anda juga bisa membiarkannya hingga botol benar-benar kering.  Saat meletakkan botol susu beserta dot bayi, atur posisi botol dengan bagian yang terbuka menghadap ke bawah. Hal ini akan membuat sisa air mengalir keluar. Atau Anda cukup meletakannya pada rak piring yang memiliki kait.

Itu dia cara tepat mencuci dot bayi beserta botol susunya untuk menjaga tubuhnya dari serangan bakteri penyebab penyakit. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi