Test Pack ; Penjelasan dan Cara Penggunaannya

test pack

Test pack merupakan alat tes kehamilan yang banyak digunakan oleh pasutri sebelum melakukan pemeriksaan kedokter. Selain harga test pack yang relatif murah penggunaan test pack pun terbilang cukup mudah dan sudah sangat awam

Go DokBagi perempuan yang baru saja menikah, apa yang Anda bayangkan ketika jadwal datang bulan sudah mulai mundur? Pastinya ada perasaan deg-degan dan penuh pertanyaan, apakah ini pertanda positif? Sejurus kemudian Anda langsung mencari si batang ajaib penentu masa depan Anda: test pack!

Yups, si kecil ini menjadi barang penting dan harus selalu siap sedia bagi pasutri yang baru menikah dan langsung memilih memiliki keturunan. Lantas, seperti apa sih cara kerjanya? Apakah alat tes kehamilan ini  benar-benar memiliki tingkat keakuratan yang tinggi? Makanya, scroll terus ke bawah, ya agar Anda semakin tahu soal jenis alat tes kehamilan ini!

Mengenal test pack lebih dalam

Walaupun metodenya sederhana, tingkat keakuratan dari penggunaannya ini sangatlah tinggi. Menurut sebuah klinik kehamilan di Cleveland, bagi wanita yang melakukan tes kehamilan dengan alat ini setelah mengalami telat masa menstruasi, akan mendapatkan hasil yang 99% akurat, lho! Hebat, bukan?

Nah, bagi Anda yang masih bingung cara kerja dari test pack, berikut sedikit informasi bagi para bumil di luar sana.

Satu hal yang harus dipahami adalah, tes kehamilan dengan alat ini, menggunakan urin sebagai media untuk mengecek apakah Anda positif hamil atau tidak. Pada dasarnya, alat ini ingin menguji apakah di dalam kandungan urin Anda mengandung sebuah hormone yang disebut human Chorionic Gonadotrophin (hGC) atau tidak. Hormone tersebut dapat tercipta setelah sel telur yang dibuahi melekat di luar dinding rahim dan terbawa melalui urin.

Nah, Anda disarankan mencoba tes urin ini sekitar seminggu sampai 2 minggu setelah melakukan hubungan intim untuk mengetes kehamilan. Pasalnya, metabolisme dalam tubuh Anda membutuhkan 7-12 hari untuk memunculkan hCG di dalam urin. Kalau Anda positif hamil, tingkatan hormone hCG akan berlipatganda dengan cepat dalam waktu 2-3 hari sekali.

Cara menggunakan test pack

Penggunaan test pack terbilang cukup mudah dan sudah sangat awam di sebagian  masyarakat, bukan. Harganya yang relatif murah dan mudah didapatkan di apotek dekat rumah menjadi alasan mengapa cara ini sangat digemari para wanita. Nah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menggunakan test pack, misalnya :

  • Menampung urin Anda dalam suatu wadah, kemudian mencelupkannya ke dalam wadah yang telah berisi urin tersebut.
  • Selain mencelupkan langsung ke dalam wadah berisi urin, Anda juga bisa menggunakan pipet untuk meneteskan urin yang sudah ditampung ke test pack secara perlahan.
  • Kalau yang satu ini cara yang paling konvensional dan paling lumrah dilakukan, yaitu memposisikannya berdekatan jalur keluar urin Anda, dan usahakan urin mengenai bagian dari alat ini.

Mudah bukan menggunakan test pack sebagai salah satu alat tes kehamilan? Nah, walaupun Anda sudah menggunakannya tidak ada salahnya mengunjungi dokter kandungan untuk mendapat tes kehamilan yang lebih efektif. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

TP/PJ/MA

Referensi