Ternyata Inilah Bahaya Suntik Botox

Bahaya suntik botox

Bahaya suntik botox mungkin saja terjadi jika digunakan terlalu banyak  atau disuntikkan dengan prosedur yang salah. Beberapa bahayanya yaitu infeksi, masalah pernapasan, munculnya ruam-ruam, masalah pada sistem penglihatan, masalah dalam aktivitas mulut hingga Kehilangan kontrol fungsi kandung kemih.

 

Go DokSuntik botox merupakan suatu jenis prosedur perbaikan wajah yang cukup populer belakangan ini, terutama di kalangan paruh baya dan lansia. Bagaimana tidak? Suntik botox menunjukkan hasil yang cukup efektif dalam menghilangkan keriput serta kerutan di wajah. Dengan melakukan suntik botox, mereka dari kalangan yang disebutkan tadi bisa tampak lebih muda, dan wajah menjadi lebih kinclong. Meski begitu, sama seperti prosedur kecantikan lainnya yang menggunakan zat kimiawi, suntik botox juga memiliki bahaya dan efek sampingnya tersendiri. Nah, apa sajakah efek samping dan bahaya suntik botox? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan lengkap berikut ini.

Apa itu suntik botox?

Sebelum mengetahui apa saja efek samping dan bahaya suntik botox, ada baiknya Anda mengenal terlebih dulu tentang suntik botox. Prosedur ini melibatkan produk yang mengandung botolinium toxin, yang disuntikkan ke otot-otot wajah Anda guna menghilangkan kerutan. Botox bekerja dengan cara melemaskan atau melumpuhkan otot-otot tubuh, dan dalam hal ini otot-otot wajah yang menyebabkan kerutan.

Prosedur penyuntikkan hanya berlangsung selama 10 menit, dan hasilnya baru akan terasa efektif secara penuh pada dua minggu berikutnya serta bertahan hingga 6 bulan. Selain itu, suntik botox juga bisa digunakan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, seperti leher kaku, disfungsi pada kandung kemih, mata kedutan, kontraksi otot, serta keringat berlebih. Namun, jika Anda tengah hamil, menyusu, atau merencanakan kehamilan, Anda sangat tidak disarankan menjalani prosedur ini.

Apa saja efek samping yang mungkin terjadi?

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah penyuntikkan antara lain adalah :

  • Sakit kepala
  • Memar pada lokasi injeksi, terutama jika Anda mengonsumsi aspirin atau ibuprofen setelah penyuntikkan. Pasalnya, obat-obatan ini bisa meningkatkan pendarahan dan mengencerkan darah sehingga menyebabkan memar.
  • Rasa sakit dan nyeri pada lokasi injeksi
  • Kelopak mata turun selama 1 – 2 bulan
  • Muncul reaksi alergi, di mana jika Anda memiliki alergi pada telur, maka tidak disarankan untuk menjalani prosedur ini, karena botox mengandung suatu substansi yang juga bisa ditemukan pada telur.
Lalu apa saja bahaya suntik botox?

Meskipun terkenal dengan hasil yang efektif dan minim risiko, namun botox tetaplah suatu jenis toksin yang jika digunakan terlalu banyak atau disuntikkan dengan prosedur yang salah, bisa berbahaya. Berikut adalah beberapa bahaya suntik botox :

  • Infeksi, kesempatan untuk tertular suatu jenis infeksi selalu ada dalam prosedur pemakaian apapun yang menggunakan jarum suntik. Jika jarum suntik yang digunakan tidaklah steril dan bukan “sekali-pakai”, maka kemungkinan penularan infeksi virus dan bakteri akan besar.

  • Masalah pernapasan, dalam beberapa kasus suntik botox, pasien bisa mengalami sesak napas, atau kesulitan dalam bernapas. Hal ini terutama bisa terjadi jika yang disuntik adalah area sekitar leher.

  • Munculnya ruam-ruampada area kulit wajah yang menjadi lokasi penyuntikkan.

  • Ptosis, yaitu kondisi di mana kelopak mata Anda jatuh terlalu jauh dan sudah dalam tahap yang parah. Hal ini sangat jarang terjadi setelah suntik botox, dan harus segera diperiksakan pada dokter.

  • Masalah pada sistem penglihatan, seperti pandangan kabur atau penglihatan ganda. Hal ini bisa terjadi jika area penyuntikkan berada di sekitar kedua mata Anda.

  • Masalah dalam aktivitas mulut, seperti berbicara atau menelan

  • Kelemahan dalam kerja ototdi seluruh bagian tubuh

  • Kehilangan kontrol terhadap fungsi kandung kemih, seperti tiba-tiba buang air kecil tanpa ada rasa ingin buang air kecil sebelumnya.

Nah, jika Anda mengalami salah satu atau beberapa hal di atas setelah melakukan suntik botox, maka ada baiknya segera mengonsultasikan hal ini pada dokter Anda.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai bahaya suntik botox yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mencobanya. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi