Tanda Tanda Hubungan Tidak Berjalan Baik

Hubungan tidak berjalan baik

Hubungan tidak berjalan baik biasanya ditandai dengan tidak ada kebebasan pribadi. Jika pasangan Anda terlalu menuntut, terlalu mengatur, atau terlalu ingin tahu akan masalah pribadi, bahkan memberi penilaian yang rendah terhadap masalah tersebut, maka hubungan Anda tidak bisa dikatakan baik.

Go Dok Kadang cinta saja tak cukup untuk menjadi jaminan untuk hubungan Anda dengan si dia berjalan baik-baik. Pasalnya, dalam hubungan cinta di antara dua orang, hal-hal seperti kepribadian, ego, dan kontrol terhadap emosi merupakan faktor penting dalam menjaganya tetap bertahan.

Pada awal menjalin hubungan, mungkin Anda tidak memerhatikan hal-hal tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda bisa merasakan bagaimana hubungan Anda dan pasangan berjalan.

Berikut adalah tanda tanda hubungan tidak berjalan baik, untuk Anda yang masih pacaran maupun sudah menikah :

1. Tidak ada kebebasan pribadi

Bagi pasangan yang sudah menikah, memang merupakan hal yang umum jika Anda membagi segalanya dengan pasangan. Namun, tidak dengan pasangan yang belum menikah.

Jika pasangan Anda terlalu menuntut, terlalu mengatur, atau terlalu ingin tahu akan masalah pribadi, bahkan memberi penilaian yang rendah terhadap masalah tersebut, maka itu menjadi pertanda hubungan Anda tidak bisa dikatakan baik.

Pasalnya, rasa hormat terhadap satu sama lain sangat dibutuhkan dalam suatu hubungan. Jadi, jika pasangan terlalu mengekang Anda tentang cara berpakaian, gaya bicara, ataupun lingkungan pertemanan padahal belum menikah, hal ini pertanda bahwa hubungan tidak berjalan baik.

2. Tidak bertengkar, namun tidak ada pula berkomunikasi

Pertengkaran merupakan suatu hal yang umum terjadi, baik pada pasangan yang sudah menikah maupun yang belum. Malahan, pertengkaran sewajarnya bisa menjadi bumbu percintaan, membantu memahami pasangan lebih baik, bahkan membuat Anda lebih mesra setelahnya.

Namun, jika tidak ada pertengkaran, serta tak ada komunikasi antara Anda dan pasangan, maka hubungan Anda bisa dikatakan rusak. Hal ini sama dengan mengatakan tak ada lagi emosi dalam hubungan Anda, tak ada perhatian, maupun empati. Inilah salah satu pertanda hubungan sudah tak lagi baik.

3. Saat Anda dan dia tak lagi jujur

Inti dari hubungan percintaan adalah memiliki seseorang yang bisa Anda adukan semua masalah dan Anda tak takut untuk melakukan itu. Hal ini disebut kepercayaan mutual. Jika Anda mulai takut untuk berkata jujur padanya tentang banyak hal, karena takut pasangan menjadi marah, maka hal ini sudah tak sehat.

Sebaliknya, jika Anda juga menemukan si dia tak jujur tentang banyak hal, maka hal ini berarti sudah tak ada lagi kepercayaan, dan jelas kondisi seperti ini menjadi pertanda hubungan tidka berjalan baik. Putuskan bersama apakah hal ini harus diteruskan, atau justru sudah tak bisa lagi diperbaiki.

4. Anda dan pasangan saling merendahkan

Mengejek satu sama lain dengan candaan ringan adalah hal umum di antara banyak pasangan. Namun, jika Anda dan pasangan sudah sampai saling menghina dan merendahkan secara konstan, maka hal ini berarti tak ada lagi respek di dalam hubungan.

Ingat, bahwa selain rasa rindu dan sayang, rasa empati juga harus ada di antara dua orang yang menjalin komitmen percintaan. Anda harus saling mengerti dan mendukung, dan itu adalah bagian dari kompromi yang harus dijalani. Jika ini tak terjadi, maka hubungan Anda tidak berjalan baik.

5. Salah satu dari Anda merasa berkuasa

Hal ini adalah salah satu contoh hilangnya rasa respek terhadap kepribadian Anda atau pasangan. Jika salah satu dari Anda mulai selalu merasa berkuasa, mengatur segalanya, maka pasangan Anda akan merasa kecil.

Sementara semakin hari, Anda merasa semakin besar dan berada di atas angin, hingga tak lagi terkontrol. Hindari hubungan seperti ini, karena salah satu yang inferior justru akan kehilangan jati diri dan ini tanda hubungan Anda tak sehat.

6. Tak ada lagi hubungan seksual

Jika Anda berada di dalam suatu pernikahan, maka tanda paling jelas bahwa hubungan Anda tidak berjalan baik adalah tidak adanya hubungan seksual sama sekali. Apalagi jika Anda tak sedang menstruasi ataupun hamil.

Pemicunya banyak, mulai dari rasa bosan, ego, amarah, hingga emosi yang tak ada lagi. Intinya, hubungan Anda tidak beres.

7. Muncul orang ketiga

Puncak dari semua tanda-tanda bahwa hubungan cinta Anda dan si dia tidak berjalan baik, adalah munculnya orang ketiga. Terutama jika situasi ini terjadi berkali-kali, lagi dan lagi.

Hal ini kemungkinan besar berarti pihak yang berselingkuh tak lagi ingin bersama, memiliki kebutuhan yang tak dapat Anda akomodir, sudah mencintai orang lain, atau isu lain yang membuatnya tak nyaman lagi bersama. Apapun masalahnya, ini jelas pertanda hubungan Anda sudah tak baik.

8. Salah satu menderita stres, bahkan depresi

Jika tekanan dalam suatu hubungan percintaan begitu besar, hingga membuat Anda atau pasangan merasa stres, maka hubungan Anda tidak berjalan baik. Apalagi jika sampai menderita depresi, yang berarti hubungan ini membuat salah satu dari Anda tidak sehat secara mental.

Nah, itu dia 8 tanda-tanda hubungan cinta Anda dengan pasangan tidak berjalan baik. Anda bisa berusaha mengetahui penyebabnya, dan mencoba memperbaiki, atau mengakhirinya sesegera mungkin. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

SF/JJ/MA

Referensi