Tanda Harus Menjalani Program Diet, Apa Saja?

tanda harus menjalani program diet

Menjalani program diet biasanya dilakukan untuk membentuk tubuh menjadi ideal atau masalah kesehatan yang mengharuskan untuk membatasi konsumsi makanan tertentu. Ada beberapa tanda Anda harus menjalani program diet mulai dari tubuh tak lagi proposional hingga rambut rontok terlalu banyak.

 

Go Dok Diet dapat diartikan sebagai suatu aturan pola makan dan minum yang harus dijalani dan dipatuhi untuk suatu alasan atau tujuan tertentu. Tidak semua orang dengan sukarela mau melakukan diet dan mengubah pola makan yang sudah menjadi kebiasaannya, jika tidak ada alasan tertentu atau keinginan yang kuat. Kebanyakan alasan seseorang melakukan diet adalah mengurangi berat badan, atau membentuk tubuh menjadi lebih ideal. Alasan lainnya adalah karena sedang menderita suatu penyakit atau masalah kesehatan tertentu yang mengharuskan Anda membatasi konsumsi makanan dalam proses penyembuhannya.

Nah, apa saja alasan dan tanda harus menjalani program diet?  

1. Tubuh tak lagi proposional

Salah satu tanda harus menjalani program diet adalah bentuk tubuh yang tak lagi proposional. Tubuh sintal nan proposional bukan hanya enak dipandang, namun juga menjadi salah satu tanda bahwa Anda sehat dan memiliki pola makan yang pas. Jika bentuk tubuh Anda melebar jauh dari sebelumnya, dan tak sesuai dengan tinggi badan, maka hal ini harus dianggap serius. Terutama jika melebarnya tubuh di banyak tempat merupakan akibat dari lemak berlebih. Jika Anda bisa merasakan lemak menggelayut terlalu banyak di bagian perut, paha, lengan, dan betis, maka mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan program diet sehat.

2. Kelebihan berat badan

Ya, salah satu tanda utama Anda harus menjalani program diet adalah kelebihan berat badan. Anda bisa mengecek indeks yang pas antara berat badan dan tinggi badan melalui Body Mass Index (BMI). Jika hasil perhitungan BMI Anda sudah tak sesuai dengan berat badan saat ini, artinya Anda sudah kelebihan berat badan, dan bukan tak mungkin mendekati obesitas. Maka mulailah menjalani program diet sehat, ya!

3. Perut buncit

Sedikit lemak menggantung di perut Anda memang hal wajar dan bukan masalah besar. Namun, jika buncitnya perut Anda sudah menggantung hingga di bawah garis pinggang, dan membuat celana susah dipasang ke perut, maka itu jadi tanda harus menjalani program diet. Pasalnya, perut yang terlalu buncit bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari diabetes, asma, hingga impotensi.

4. Sering sesak napas

Sesak napas bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda kelebihan berat badan. Jika Anda termasuk orang yang gemuk, dengan berat badan di atas rata-rata, dan seringkali mengalami sesak napas maka ada kemungkinan Anda mengalami obesitas. Karena itu, Anda harus segera mengganti pola makan dengan menjalani diet yang lebih sehat.

5. Sering pegal-pegal dan mudah lelah

Jika Anda termasuk orang yang berbadan gemuk, dengan berat badan di atas rata-rata, dan sering mengalami pegal-pegal dan cepat merasa lelah, maka waspadalah. Sebab, Anda bisa saja tengah mengalami kelebihan berat badan, alias obesitas. Hal ini buruk untuk jantung dan sistem organ lainnya. Selain itu, pegal-pegal dan mudah lelah juga salah satu tanda sistem metabolisme Anda tidak berfungsi dengan baik, mungkin karena pola makan yang tak seimbang. Karenanya, segeralah menjalani program diet sehat guna mengontrol berat badan Anda.

6. Gula darah atau tekanan darah tinggi

Jika Anda baru-baru ini memeriksakan diri ke dokter dan mendapati gula darah Anda tinggi, maka waspadalah. Sebab, hal ini bisa saja menuntun Anda pada penyakit diabetes. Begitu pula dengan tekanan darah tinggi, yang bisa menuntun Anda pada penyakit hipertensi. Nah, untuk itu Anda harus segera mengganti pola makan dan menjalani program diet untuk menurunkan gula darah dan tekanan darah menjadi normal kembali.

7. Konstipasi

Konstipasi, alias susah BAB, merupakan salah satu tanda bahwa tubuh Anda kekurangan serat dan sistem pencernaan tidak berjalan lancar. Hal ini bisa saja disebabkan pola makan yang tidak seimbang, dan dehidrasi. Perhatikan pula wujud dari feses Anda, jika keras, maka ini mengonfirmasi kekurangan tubuh akan serat dan cairan. Karenanya, segeralah menjalani program diet sehat untuk asupan yang lebih seimbang.

8. Wajah berjerawat hebat

Jika Anda mendapati jerawat di mana-mana; dahi hidung, dagu, pipi, telinga, leher, dan bahkan di bagian seperti punggung serta bahu, maka hal ini bisa menjadi tanda kulit Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Ini juga bisa jadi tanda ada masalah kesehatan dalam tubuh. Untuk itu, beralihlah pada pola makan dan program diet yang lebih sehat.

9. Rambut rontok terlalu banyak

Sama halnya dengan munculnya jerawat, rambut yang rontok terlalu banyak juga bisa jadi salah satu tanda harus menjalani program diet karena tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Hal ini bisa jadi karena pola makan yang tak sehat, Untuk mengatasinya, segeralah menjalani program diet yang lebih sehat, ya!

Nah, itu dia 9 tanda harus menjalani program diet. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi