Tahapan Bercinta yang Perlu Diketahui

tahapan bercinta

Tahapan bercinta seringkali diabaikan oleh setiap pasangan. Padahal, dengan mempersiapkan sesuatu hal sebelum bercinta akan membantu Anda dan pasangan dalam mendapatkan hubungan seksual yang nyaman, aman, menyenangkan dan menggairahkan.

Go Dok Bercinta adalah salah satu kegiatan intim yang umum dilakukan sepasang manusia dewasa. Kegiatan ini terlihat seperti sesuatu yang bisa dilakukan tanpa perlu persiapan khusus.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika Anda tahu apa saja yang perlu disiapkan sebelum bercinta dengan pasangan Anda.

Apa saja persiapan yang harus dilakukan sebelum bercinta?

 1. Kesiapan dalam diri

Ini mungkin terdengar enteng, namun poin ini adalah yang paling penting dari semuanya. Siapkah Anda?

Jika merasa gugup, berpikirlah sejenak apakah ini adalah hal yang memang Anda inginkan? Pastikan Anda tidak merasa tertekan dan dilakukan dengan orang yang Anda percaya.

Meski merasa siap secara emosional adalah hal paling esensial, bersiap dengan pengaman seperti kondom atau alat kontrasepsi lainnya juga akan memberi kenyaman dalam pikiran dan meningkatkan kesenangan.

Pelumas berbahan dasar air juga perlu disiapkan agar memberikan pengalaman bercinta yang lebih halus.

2. Komunikasi

Tidak ada yang lebih baik dari memastikan kalau kedua pihak benar-benar ingin bercinta. Bicaralah pada pasangan Anda. Biarkan Ia tahu bagaimana perasaan Anda; apa yang Anda inginkan dan yang tidak.

Tidak apa-apa jika berubah pikiran, dan ketika di tengah jalan salah satu dari Anda merasa tidak nyaman, berhentilah sejenak dan coba lagi ketika Anda dan pasangan siap. Hal terbaik untuk dilakukan adalah berkomunikasi. Saling bicara tentang apa yang diinginkan agar dapat sama-sama menikmati sesi bercinta.

3. Foreplay

Foreplay atau pemanasan ini sangat penting sebelum sajian utama dari aktivitas bercinta dimulai. Namun sayangnya masih banyak pasangan yang mengabaikan sesi ini. Padahal, foreplay dapat membantu Anda dan pasangan terangsang dengan benar sebelum penetrasi terjadi.

Sesungguhnya banyak hal yang bisa dilakukan untuk foreplay ini. Anda bisa memanfaatkan ciuman, usapan, atau jemari. Hal-hal tersebut dapat mempersiapkan pasangan Anda menuju tahapan selanjutnya dalam bercinta.

Ketika tiga hal di atas sudah dipersiapkan, lalu tahapan bercinta selanjutnya adalah memulai sesi bercinta itu sendiri. Untuk ini, terdapat tahapan-tahapan yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan sesi bercinta yang menggairahkan. Perlu diingat kalau tahapan-tahapan ini tidaklah mengikat. Anda bisa berimprovisasi sendiri, lho.

Lalu, apa saja tahapan bercinta yang bisa dicoba?

 1. Cari tahu apakah pasangan juga sedang ingin bercinta

Ini adalah tahapan bercinta yang paling penting untuk mendapatkan pengalaman bercinta yang nikmat. Jika salah satu dari pasangan sedang tidak mood untuk bercinta namun tetap dipaksakan, hal ini dapat berujung pada aktivitas yang tidak menyenangkan.

Jangan lupa juga pada fakta kalau hal ini dapat membuat Anda atau pasangan merasa dilanggar hak atas tubuhnya. Jadi, cari tahu apakah pasangan Anda sedang ingin bercinta atau tidak.

2. Persiapkan diri anda dan pasangan

Bercinta adalah aktivitas yang luar biasa. Kegiatan ini menyenangkan dan membuat Anda merasa senang. Ia juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti membantu Anda membakar kalori dan melawan depresi. Tidak heran kalau manusia adalah satu-satunya spesies yang memanfaatkan seks untuk kesenangan dan tidak hanya untuk prokreasi.

Namun dengan segala kesenangan tersebut, terdapat masalah seperti kehamilan tidak diinginkan, infeksi menular seksual, dan efek emosional. Jadi bersiap adalah pilihan terbaik Anda. Gunakan kondom, konsumsi pil kontrasepsi, dan selalu ingat kalau Anda perlu untuk siap secara mental sebelum bercinta.

3. Pilih lokasi dan atur suasana

Tahapan bercinta selanjutnya dengan memilih lokasi dan suasana yang nyaman. Pasalnya, bercinta adalah aktivitas inti. Jadi pilihlah tempat di mana Anda dan pasangan dapat merasa nyaman.

Pilih tempat yang privat dan nyaman untuk melakukannya. Kasur yang bagus dan lembut dengan pencahayaan yang tepat selalu bisa mengatasi hal ini.

4. Dekati pasangan dengan lembut dan jangan terlihat putus asa

Datang dengan memaksa atau menekan untuk bercinta adalah salah satu yang mematikan gairah. Jadi, janganlah terlihat putus asa (meski memang itu yang Anda rasakan demi sesi bercinta), berikan pasangan ruang untuk mengungkapkan perasaannya.

Perlu sekali menunjukkan kalau Anda tertarik untuk melakukan aktivitas intim. Tapi segera mundur jika orang yang dituju tidak membalas ‘sinyal’ Anda. Bercinta adalah sebuah pilihan, maka biarkan pasangan memilih apakah ia ingin bercinta atau tidak.

5. Cium dan sentuh

Tahapan bercinta paling pertama dari keintiman fisik adalah ciuman. Kebanyakan perempuan suka berciuman dan ciuman yang bergairah benar-benar dapat membuat mood meningkat.

Dalam hal ini, mencium, menyentuh, dan mengelus pasangan dapat bantu menstimulasi zona erotik mereka yang akan berujung pada sesi bercinta yang menyenangkan.

Kegiatan tersebut juga akan berujung pada perasaan dekat dan aman yang lebih kuat; dua emosi yang dapat meningkatkan performa seseorang dalam bercinta. Jadi sentuhlah pasangan Anda, ciumlah mereka sehingga pasangan merasa diinginkan.

Ini juga cara lain untuk membantu membuat masalah citra diri seseorang berkurang (jika pasangan mengalaminya) sehingga membuat mereka lebih nyaman dengan kehadiran Anda.

6. Lakukan foreplay yang maksimal

Ketika bicara mengenai foreplay, kebanyakan orang berpikir kalau seks hanya dilakukan dengan penetrasi. Namun sebenarnya foreplay juga termasuk dalam kegiatan seks itu sendiri.

Pastikan Anda melakukan foreplay yang cukup karena seringnya, kegiatan ini adalah bagian paling menyenangkan dari seluruh sesi bercinta.

7. Pilih momen yang tepat

Momen yang tepat untuk melakukan seks penetratif biasanya bisa sama-sama dirasakan mereka yang sedang bercinta. Pilih momen yang tepat ketika pasangan benar-benar ingin melangkah ke tahap selanjutnya.

8. Penetrasi

Ini adalah bagian hip dalam sesi bercinta dan sering dipercaya merupakan satu-satunya hal yang terjadi ketika aktivitas ini dilakukan. Namun sebenarnya tidak seperti ini.

Tahapan bercinta ini adalah ketika penis dimasukan ke liang vagina. Untuk laki-laki, penting diketahui kalau vagina adalah organ elastis yang terdapat di bawah vulva perempuan (bibir luar genital).

9. Bercinta

Ketika penetrasi sudah terjadi, Anda dapat melakukan seks bagaimanapun yang dirasa nyaman bagi Anda dan pasangan. Untuk laki-laki, pastikan melakukan penetrasi dengan gerakan yang ritmis dan lakukan menggunakan pinggul karena hal ini akan memastikan pasangan Anda mendapatkan kenikmatan maksimum. Menggerakan seluruh tubuh tidaklah disarankan.

Yang paling penting adalah dengarkan partner dan tubuh Anda. Biarkan diri Anda untuk merasakan kenikmatan. Pastikan untuk mempertimbangkan juga kenikmatan pasangan Anda dan buat ia senang juga.

Bagi perempuan, jadilah proaktif di ranjang. Ikut bergerak ketika pasangan Anda bergerak. Katakan pada pasangan apa yang Anda sukai dan tidak disukai. Pastikan juga Anda memberi kenikmatan juga pada pasangan. Tidak ada seorang pun yang menyukai orang egois, terutama ketika sedang bercinta

10. Momen-momen sebelum penutup

Ketika Anda dan pasangan mencapai klimaks atau sesi bercinta akan segera berakhir, Anda berdua sangat mungkin berada dalam keadaan gembira. Biarkan diri Anda berada di keadaan ini selama yang dibutuhkan.

Ingatlah kalau ini adalah tahapan di mana Anda bisa memilih untuk saling berpelukan atau sesederhana tidur bersebelahan. Jangan terburu-buru; biarkan tubuh Anda kembali ke keadaan normal. Sesi bercinta yang terburu-buru kadang dapat menggairahkan. Namun jika hal tersebut dilakukan secara rutin, ia akan membuat Anda merasa tidak lengkap.

11. Penutup

Setelah sesi bercinta selesai, pastikan untuk membuat pasangan Anda nyaman. Berikan ia kaus untuk dikenakan, saling menggoda satu sama lain, dan ungkapkan sebagus apa aktivitas yang baru saja Anda dan pasangan lakukan. Jangan lupa untuk berbagi senyum dan tawa setelah sesi bercinta Anda.

Setelah semuanya selesai, pastikan Anda membersihkan diri. Para perempuan, jangan lupa membersihkan vagina dan vulva. Sementara laki-laki harus membersihkan penis segera setelah melepaskan kondom.

Terakhir, pastikan Anda membuang kondom dengan benar. Jangan di-flush di toilet. Buanglah di tempat sampah setelah diikat dan dibungkus kertas atau tisu.

Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui tahapan bercinta di atas sebelum melakukannya dengan pasangan. Entah ini adalah kali pertama atau kali ke sekian dari sesi bercinta yang akan Anda lakukan. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

FY/JJ/MA

Referensi