Tahap Perkembangan Janin; Trimester Pertama – Tiga

Tahap perkembangan janin

Tahap perkembangan janin ; Bunda, penasaran dengan pertumbuhan janin di dalam kandungan Anda? Untuk lebih memahaminya, kenali tahapan pertumbuhan janin dari mulai trimester pertama, kedua hingga ketiga.

 

Go Dok“Selamat, Anda hamil!” Bagi pasangan yang telah menikah, terutama yang telah lama mengharapkan kehadiran si buah hati, kalimat tersebut tentunya terdengar amat merdu lagi membahagiakan. Bagaimana tidak, hal ini berarti penantian panjang Anda dan pasangan sudah berakhir, dan anggota keluarga tambahan akan segera hadir dalam rumah tangga Anda. Nah, bagi Anda yang baru pertama kali mengandung, tentu Anda ingin selalu tahu tentang perkembangan serta pertumbuhan janin Anda.

Bunda, mari simak penjelasan mengenai tahap perkembangan janin berikut ini!

Trimester pertama
  • Janin minggu 1 -3

Tahao perkembangan janin Anda dimulai dari tahap yang disebut trimester pertama, alias tiga bulan pertama kehadirannya. Meskipun terdengar aneh, namun di minggu pertama dan kedua, Anda sebetulnya belum bisa benar-benar dikatakan hamil. 14 hingga 30 hari pertama kehamilan adalah waktu di mana pembuahan terjadi, yaitu saat sel sperma bertemu dengan sel telur dan kemudian menghasilkan zigot, alias bakal janin. Setelah pembuahan, zigot akan bergerak perlahan melalui tuba falopi Anda, hingga kemudian sampai dan menempel pada dinding rahim.

  • Janin Minggu 4 – 7

Pada minggu keempat, barulah sel-sel zigot ini berkembang menjadi embrio, lalu tumbuh plasenta yang mengelilinginya, untuk menyalurkan nutrisi serta makanan Anda kepada si jabang bayi hingga akhir kehamilan. Selanjutnya, memasuki minggu kelima dan keenam, lapisan-lapisan embrio akan terbentuk, begitu pula bibit-bibit dari sistem saraf pusat, saraf periferal, mata, dan telinga bagian dalam. Jantung serta sistem peredaran darah juga akan mulai terbentuk, begitu pula paru-paru dan ususnya. Pada minggu ketujuh, kepala bayi akan mulai terbentuk, lalu di minggu kedelapan, giliran bagian hidungnya yang mulai membentuk dan di masa ini, janin akan berukuran  sekitar 11 hingga 14 mm.

  • Janin Minggu 8 – 12

Di minggu kesembilan, jari-jari bayi dan bulu matanya akan muncul, di minggu kesepuluh sikunya akan mulai melengkung, di minggu kesebelas dan keduabelas, alat kelamin serta kuku-kuku jarinya akan mulai tumbuh. Nah, di akhir trimester pertama ini, janin Anda akan berukuran sekitar 61 mm.

Trimester kedua
  • Janin Minggu 13 – 16

Tahap perkembangan janin pada minggu ketigabelas, sistem urin janin akan mulai membentuk, dan janin akan mulai mengeluarkan urin. Di masa ini, tulang-tulang janin juga mulai mengeras, terutama di bagian kepala. Di minggu keempatbelas, jenis kelamin bayi Anda akan mulai terlihat jelas dan sel-sel darah merah juga akan mulai membentuk. Pada minggu kelimabelas, kulit kepala bayi akan mulai mebentuk, dan bayi sudah bisa bergerak-gerak, namun terlalu pelan untuk disadari. Pada minggu keenambelas, ukuran bayi Anda sudah akan mencapai 120 mm dan matanya sudah mulai bergerak-gerak.

  • Janin minggu 17 – 20

Nah, memasuki minggu ketujuhbelas, peredaran sel darah janin akan lebih maju dan di minggu kedelapanbelas, pendengarannya sudah mulai berfungsi. Di minggu kesembilanbelas, suatu lapisan pelindung akan mulai terbentuk di sekeliling janin, guna melindungi kulitnya dari abrasi. Di minggu keduapuluh, janin sudah bisa terbangun dan tertidur di dalam rahim secara rutin, dan bisa mendengar pergerakan serta suara Anda di luar rahim.

  • Janin minggu 21 – 24

Lalu, memasuki minggu keduapuluh satu serta keduapuluh dua, rambut bayi mulai tumbuh, begitu pula dengan alisnya. Saat ini, bayi Anda berukuran sekitar 190 mm, dengan berat badan sekitar 460 gr. Di minggu keduapuluh tiga, rapid eye movement bayi akan mulai aktif, dan dasar dari pola-pola sidik jarinya sudah mulai membentuk. Tak hanya itu, bayi juga mulai bisa cegukan. Lalu, di minggu keduapuluh empat, kulit bayi di dalam kandungan akan mulai berubah menjadi pink transparan, karena darah-darah yang beredar di kapilernya terlihat. Di akhir trimester kedua ini, janin umumnya memiliki berat 630 gr, dan berukuran sekitar  210 mm.

  • Janin minggu 25 – 27

Pada minggu keduapuluh lima, atau saat usia kandungan memasuki bulan ketujuh, janin mulai dapat merespon suara Anda dengan gerakan. Di minggu selanjutnya, paru-paru bayi akan mulai membentuk sempurna, dan di minggu keduapuluh tujuh, sistem syaraf si bayi berkembang pesat dan tubuhnya mulai memiliki lemak. Hal ini akan membuat kulitnya menjadi terlihat lebih lembut. Nah, ini adalah akhir dari trimester kedua, Bunda.

Trimester ketiga
  • Janin minggu 28 – 32

Tahapan perkembangan janin memasuki usai kehamilan 28 minggu, atau 26 minggu setelah pembuahan, kelopak mata bayi Anda sudah terbuka sebagian, dan bulu mata telah terbentuk sempurna. Sistem syaraf pusatnya juga akan mengarahkan pergerakan nafas dengan ritme teratur, serta mengontrol suhu tubuhnya. Di minggu selanjutnya, bayi Anda akan mulai bisa menendang dan meregangkan tubuh kecilnya, sementara di minggu ketigapuluh, rambutnya mulai melebat dan sel-sel darah merah terbentuk di tulang sumsum yang juga mulai berformasi. Nah, di minggu ketigapuluhsatu, hampir seluruh perkembangan utama bayi Anda telah selesai, dan selanjutnya berat badannya akan terus bertambah. Di akhir minggu ketigapuluh dua, bayi Anda sudah mulai belajar bernapas dan beratnya sudah mencapai 1,7 kg, dengan panjang 280 mm.

  • Janin minggu 33 – 36

Pada minggu ketigapuluh enam, bayi Anda sudah mulai bisa mendeteksi cahaya, dan ukuran pupil matanya mulai bisa merespon cahaya tersebut dengan membesar dan mengecil. Tulang-tulangnya juga mulai menjadi lebih keras, meskipun bagian kepala tetaplah lembek dan halus. Di minggu ketigapuluhempat, kuku-kukunya mulai tumbuh sempurna, dan rata-rata beratnya sudah mencapai 2,1 kg. Di minggu selanjutnya, kulit bayi sudah mulai menjadi merah muda, dan menjadi lembut, berat badannya juga terus bertambah sehingga posturnya mulai menggemuk. Dan di minggu ketigapuluh enam, ruang di dalam rahim sudah mulai menjadi sempit untuknya yang terus membesar, dan pergerakannya tidak terlalu kentara lagi.

  • Janin minggu 37 – 40

Tahapan perkembangan janin memasuki minggu ketigapuluh tujuh dan ketigapuluh delapan, alias awal bulan kesembilan, si bayi mulai bisa menggerakkan kepalanya. Sebagai persiapan untuk lahir ke dunia, posisi bayi Anda mungkin mulai perlahan turun mendekati area pinggul Anda. Di masa ini, Anda haru rajin memeriksakan kandungan dan mengamati posisi kepala janin di dalam rahim Anda. Jika posisi kepala bayi tidak di bawah (dekat pinggul Anda), maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter kandungan guna mendiskusikan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Di akhir minggu ketigapuluh delapan, harusnya berat bayi Anda sudah mencapai 2,8 – 2,9 kg. Di minggu selanjutnya, bagian dada bayi Anda akan lebih menonjol dan lemak terus mengisi tubuhnya guna menjaga bayi Anda tetap hangat setelah kelahiran.

Akhirnya, di minggu keempatpuluh, waktu kelahiran bayi telah tiba. Untuk ras kaukasoid, bayi Anda umumnya memiliki berat 3,4 kg saat dilahirkan, dengan panjang sekitar 360 mm. Namun, harus diingat bahwa bayi-bayi yang sehat pun bisa lahir dengan berat dan panjang badan yang lebih kecil dari itu, terutama pada ras mongoloid (Asia). Selain itu, jangan khawatir jika bayi belum lahir di saat yang telah diperkirakan. Pasalnya, banyak kelahiran memang datang lebih cepat ataupun lebih lambat beberapa hari, dan ini adalah hal yang normal.

Nah, itu dia tahap perkembangan janin Anda secara lengkapnya! Semoga bermanfaat ya, Bunda!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi