Susu Ibu Hamil yang Baik untuk Dikonsumsi

susu ibu hamil

Susu ibu hamil ; Demi kesehatan kandungannya, ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan kalsium, protein dan vitamin D. Semua itu, bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi susu. Lalu, jenis susu apa yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil?

 

Go Dok Masa kehamilan merupakan masa ketika Anda dipenuhi dengan berjuta pertanyaan. Ya, hal ini memang wajar terjadi, mengingat setiap ibu menginginkan kehamilan yang sempurna pada calon bayi yang sedang dikandungnya.

Pertanyaan yang muncul sangat bervariasi, mulai dari pertumbuhan janin hingga menu makan yang sehat bagi ibu dan bayi. Padahal, informasi seputar susu ibu hamil yang baik dikonsumsi juga perlu untuk diperhatikan, lho.

Menurut penelitian, ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan kalsium, protein, dan vitamin D demi kesehatan kandungan. Caranya? Mudah, kok. Cukup dengan meminum tiga gelas susu setiap hari.

Sebuah studi lain menunjukan, mengonsumsi susu secara rutin selama kehamilan, membuat bayi dalam kandungan memiliki tubuh lebih tinggi dengan risiko diabetes yang lebih rendah saat tumbuh dewasa. Lantas, seperti apa jenis susu yang baik untuk ibu hamil dan aman untuk bayi di dalam kandungan?

Berikut susu ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi:

1. Susu sapi

Asam amino yang terkandung dalam susu sapi sangat baik untuk pertumbuhan sel pada janin Anda, lho. Vitamin D dan E juga baik bagi kesehatan si ibu hamil mengingat kedua vitamin ini dapat menghindari Anda dari risiko diabetes dan beberapa penyakit lainnya. Nah, yang paling penting nih, tingginya kalsium dalam susu sapi terbukti jitu untuk menjaga pertumbuhan tulang dalam janin.

Para pakar menyebutkan bahwa susu ibu hamil dengan bentuk bubuk dinilai lebih ideal untuk dikonsumsi mengingat susu ini mengandung sedikit lemak jenuh dibandingkan dengan susu murni. Namun ingat ya, bagi Anda para bumil agar tidak mengonsumsi susu mentah, ya.

2. Susu kambing

Memang sih, kebanyakan orang, terlebih ibu hamil, merasa tidak senang dengan rasa dan aroma dari susu ini. Padahal, nutrisi yang terkandung didalamnya lebih banyak dari susu sapi, lho. Selain lebih bergizi, susu kambing juga mengandung vitamin B2 yang sangat baik untuk sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, susu kambing juga mengandung senyawa yang berguna menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Dengan segala manfaat susu kambing yang dibawanya, masih enggan minum susu kambing?

3. Susu kedelai

Saat ini produk susu kedelai sudah diperkaya dengan kalsium sehingga kandungannya sama dengan susu sapi. Selain bebas kolesterol, susu kedelai juga mengandung lemak tak jenuh yang dapat membantu Anda dan calon bayi terhindar dari penyakit kardio. Selain itu , manfaat susu kedelai juga bisa mengurangi risiko kanker dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya, lho.

4. Susu almon

Susu ibu hamil yang baik dikonsumsi terakhir adalah susu almon. Selain dikenal bebas lemak tak jenuh dan kolesterol, susu almon juga mengandung asam folat, serat, protein, vitamin B dan E, serta zat besi dalam jumlah yang mencukupi nutrisi bumil beserta bayinya. Jenis antioksidan dalam susu almon diketahui dapat meningkatkan sistem imun tubuh dengan melawan kuman dan bakteri yang masuk dalam tubuh.

Itulah daftar susu ibu hamil yang baik Anda konsumsi setiap hari. Pakar gizi menyebutkan variasi lain, seperti yogurt dan keju juga sama baiknya dengan susu, lho. Jadi, Anda bisa memiliki variasi menu yang tetap mencukupi kebutuhan nutrisi Anda sebagai ibu hamil.

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi