Sudahkah Anda Mengenal Tipe Kulit Normal?

tipe kulit normal

Tipe kulit normal adalah kondisi kulit yang bisa dikatakan hampir sempurna, sebab kulit akan terlihat sehat, lentur, dan tidak sensitif karena memiliki sirkulasi darah yang baik. Ciri kulit normal lainnya yaitu pori-pori kecil, tidak sensitif terhadap make up ataupun produk wajah tertentu.

Go Dok Siapa sih yang tidak mendambakan untuk memiliki kulit yang mulus dan lembut? Semua orang pasti mendambakannya. Kulit wajah yang nampak sehat dan hampir mendekati sempurna merupakan tipe kulit normal. Sudahkah Anda mengenal tipe kulit yang satu ini?

Yuk, sama-sama mengenal tipe kulit normal melalui penjelasan berikut ini!

Apa itu tipe kulit normal?

Tipe kulit normal adalah kondisi kulit yang bisa dikatakan hampir sempurna, sebab kulit akan terlihat sehat, lentur, dan tidak sensitif karena memiliki sirkulasi darah yang baik.

Walaupun tipe kulit normal tergolong ‘sempurna’, namun nyatanya tak jarang minyak hadir terutama di daerah T-zone (dahi, dagu dan hidung) memang tidak banyak bahkan cenderung sedikit, tetapi secara keseluruhan jumlah antara sebum dan kelembapan dalam kadar seimbang. Tidak terlalu berminyak atau terlalu kering.

Lalu, bagaimana ciri kulit normal?

Tipe kulit normal umumnya memiliki ciri-ciri:

  • Kulit tampak bercahaya
  • Pori-pori kecil atau hampir tidak terlihat sehingga wajah tampak halus
  • Peredaran darah di wajah nampak baik
  • Tekstur wajah kenyal dan lembut
  • Wajah nampak segar dan merah merona alami
  • Tidak nampak kecacatan pada wajah sedikit pun
  • Tidak rentan atau tidak sensitif terhadap makeup ataupun produk wajah tertentu
  • Tidak ada cacat; kalaupun terdapat ketidaksempurnaan biasanya hanya sedikit.

Sebenarnya, seseorang yang mempunyai tipe kulit normal pun juga selalu bergantung pada produk perawatan kulit yang digunakan saat ini. Dengan kata lain, bahkan mereka yang memiliki tampilan kulit tampak sempurna masih bisa merasakan sedikit kekeringan atau sedikit berminyak pada wajah.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan, Anda bisa melihat adanya tanda-tanda kulit kombinasi dengan pori-pori yang tersumbat.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan tipe kulit normal itu seperti apa? Terlepas dari jenis kulit yang Anda miliki, sesungguhnya hal terpenting dari setiap jenis kulit adalah bagaimana cara merawatnya.

Dengan mengetahui tipe kulit wajah yang Anda miliki, maka niscaya dapat diketahui produk jenis apa yang harus dibeli untuk menjaganya agar tetap sehat dan segar.

Walaupun kulit Anda termasuk tipe kulit normal, rutinitas perawatan kulit tetap jadi yang paling penting. Namun, ingat ya! Seberapa pun sempurnanya kulit Anda sekarang, pertambahan usia dapat memperlihatkan efek dari paparan sinar matahari.

Maka dari itu, jagalah kulit Anda sedini mungkin. Tetap jaga kulit untuk selalu sehat, berenergi, tampak segar, dengan cara-cara yang sesuai untuk menangkal tanda-tanda penuaan dan masalah lain seiring berlalunya waktu. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

GA/PJ/MA

Referensi