Spa Fish ; Bahayakah bagi Kesehatan Anda?

Spa Fish

Spa Fish, atau Spa ikan, atau disebut pula Fish Pedicure, merupakan suatu terapi yang dilakukan dengan mencelupkan kedua kaki Anda ke dalam kolam atau air yang penuh dengan ikan-ikan kecil bernama Garra rufa. Jenis ikan ini akan memakan sel-sel kulit mati di bagian bawah dan telapak kaki Anda, sehingga lapisan kulit baru di area tersebut akan terekspos.

 

Go DokPernahkah Anda mendengar suatu jenis terapi yang dinamakan Spa Fish? Sebagian besar dari Anda barangkali masih merasa asing dengan istilah ini, meskipun kenyataannya sudah banyak orang mempraktikkan jenis terapi tersebut. Meskipun memang memiliki manfaat tersendiri yang sudah banyak terbukti, namun Anda tetap harus memastikan keamanan dari praktik tersebut sebelum melakukannya. Karena nyatanya, beberapa negara membatasi praktik dari terapi yang satu ini. Nah, berbahayakah bagi kesehatan Anda? Untuk menjjawabnya, mari simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu Spa Fish?

Sebelum membahas tentang berbahayakah Spa Fish bagi kesehatan, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu mengenai terapi yang satu ini. Spa Fish, atau Spa ikan, atau disebut pula Fish Pedicure, merupakan suatu terapi yang dilakukan dengan mencelupkan kedua kaki Anda ke dalam kolam atau air yang penuh dengan ikan-ikan kecil bernama Garra rufa. Jenis ikan ini akan memakan sel-sel kulit mati di bagian bawah dan telapak kaki Anda, sehingga lapisan kulit baru di area tersebut akan terekspos. Garra rufa merupakan jenis ikan endemik di Timur Tengah, dan di tempat asalnya ini mereka telah lama digunakan untuk mengobati penyakit kulit, seperti Psoriasis, suatu jenis peradangan kulit menahun yang menimbulkan bercak putih atau merah pada kaki Anda dan membuatnya seperti bersisik.

Efektifkah Spa Fish untuk kesehatan kulit kaki?

Sejatinya, suatu penelitian telah menemukan bahwa terapi ini memang efektif dalam mempercepat kesembuhan psoriasis. Namun, harus Anda ketahui bahwa di Amerika, praktik ini hanya boleh dilakukan oleh bagian kedokteran universitas , atau rumah sakit secara khusus. Spa Fish yang dilakukan di salon atau tempat lain tidaklah dianjurkan.

Lalu, berbahayakah Spa Fish bagi kesehatan Anda?

Sejatinya, tidak ada laporan khusus terkait penyakit apapun yang disebabkan oleh Spa Fish. Namun, jika dilakukan di salon tanpa lisensi, Anda dapat terekspos oleh infeksi bakteri dan parasit lainnya. Berikut adalah bahaya yang bisa ditimbulkan oleh Spa Fish :

  • Tertular infeksi bakteri, jamur, dan parasit, karena praktik  yang dilakukan di salon atau tempat umum lainnya tidak bisa sepenuhnya dikatakan steril. Jika Anda memiliki luka pada kaki, atau pemilik salon menggunakan ikan yang sama untuk beberapa pelanggan, bisa saja bakteri yang ada di dalam kolam maupun tersisa di mulut ikan, masuk ke dalam tubuh Anda. Hal ini bisa menyebabkan Anda juga terkena infeksi.

  • Infeksi HIV,di mana hal ini sejatinya merupakan kejadian yang sangat langka. Namun, suatu spesies ikan dari Cina, yaitu Chinchin, yang juga biasa digunakan untuk Spa Fish, memiliki gigi dan dapat menggigit kaki Anda hingga berdarah dalam prosesnya memakan sel-sel kulit mati. Jika Anda terluka di dalam kolam yang tidak bersih, hingga mengeluarkan darah, maka infeksi virus termasuk HIV akan lebih mudah terjadi.

  • Penularan penyakit kulit,di mana jika orang yang menderita penyakit kulit seperti Psoriasis dan Eksim berendam di kolam umum dalam melakukannya, maka akan terdapat kemungkinan lebih besar bagi pengunjung lainnya untuk juga terkena penyakit tersebut.

Nah, itu dia penjelasan tentang berbahayakah Spa Fish bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat dan selalu berhati-hati, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi