Sirsak Menyembuhkan Kanker ; Mitos atau Fakta?

sirsak menyembuhkan kanker

Sirsak menyembuhkan kanker ; banyak masyarakat yang terus menggunakan komponen pohon sirsak untuk mengobati infeksi dari bakteri dan parasit lainnya. Namun, benarkah mengonsumsi bahan alami yang satu ini dapat jadi alternatif menyembuhkan kanker dalam tubuh?

 

Go DokBelakangan ini, muncul banyak spekulasi dan kabar bahwa buah sirsak ternyata dapat menyembuhkan kanker. Omongan ini sebenarnya tidak banyak mengherankan kalangan medis. Pasalnya, kabar-kabar yang beredar tentang beberapa bahan alami tertentu yang digadang-gadang dapat menyembuhkan kanker merupakan hal biasa. Sirsak hanyalah salah satu dari bahan alami yang dimaksud. Namun, apakah berita ini layak dipercaya? Apakah sirsak menyembuhkan kanker merupakan sebuah fakta, atau sekadar mitos? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkap mengenai sirsak menyembuhkan kanker berikut ini!

Mari mengenal buah sirsak

Sebelum masuk ke pembahasan tentang sirsak menyembuhkan kanker, ada baiknya Anda memahami karakter buah sirsak terlebih dulu. Sirsak merupakan nama buah yang dihasilkan dari suatu pohon cemara kecil bernama Graviola. Daun, biji, batang, tangkai, serta buah dari pohon ini sejak dulu biasa digunakan sebagai bahan pembuat obat-obatan. Pohon ini umumnya ditemukan di benua Afrika, Amerika Utara, serta Asia Tenggara.

Sejak lama, sudah banyak masyarakat yang terus menggunakan komponen pohon sirsak untuk mengobati infeksi dari bakteri dan parasit lainnya. Selain sebagai obat-obatan, komponen pohon sirsak juga kerap dijadikan bumbu penyedap masakan.

Lalu, benarkah sirsak menyembuhkan kanker?

Sejatinya, sudah sejak lama orang-orang di Afrika dan Amerika Utara menggunakan daun, ranting, akar, serta buah dari pohon sirsak untuk menyembuhkan infeksi akibat bakteri dan parasit, mengobati rematik, arthritis, depresi, serta penyakit lainnya. Berdasarkan hasil-hasil studi, diketahui pula bahwa ekstrak sirsak memang dapat menyembuhkan kondisi-kondisi tersebut.

Nah,  untuk menyembuhkan kanker sendiri, hal ini memang terbukti melalui beberapa studi laboratorium terbaru, bahwa esktrak sirsak memang dapat membunuh beberapa tipe sel-sel kanker payudara dan kanker hati, yang bersifat resistan terhadap obat kemoterapi tertentu. Namun, studi tersebut hanya membuktikan pengaruh sirsak menyembuhkan kanker pada binatang percobaan, dan bukan pada manusia. Jadi, meskipun banyak produsen ekstrak sirsak mengiklankan manfaat ini, namun kebenarannya belum bisa Anda ketahui secara pasti, karena belum ada studi terbaru yang mendukungnya.

Namun, beberapa kandungan zat kimia di dalam sirsak bisa saja memang memiliki kemampuan dalam mencegah sel-sel kanker mengeliminasi kandungan obat anti kanker yang masuk ke dalam tubuh penderitanya. Sebuah studi di tahun 2016 menemukan bahwa ekstrak dari daun pohon sirsak ternyata memang memiliki efek anti-kanker pada sel-sel kanker payudara. Tak hanya itu, studi yang dilakukan tahun 2012 menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak sirsak juga bisa menghambat pertumbuhan sel-sel tumor pankreas. Lebih lanjut, hal ini juga terjadi pada sel-sel kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker usus. Terakhir, ekstrak tumbuhan ini juga bisa mematikan sifat anti-kanker pada sel-sel kanker hati.

Intinya, sirsak menyembuhkan kanker memang belum diketahui secara pasti, namun buah ini memang berkontribusi dalam membantu obat anti-kanker bekerja lebih efektif. Namun, hal ini tidak berarti bahwa seluruh kalangan medis mendukung penggunaan sirsak dan komponennya sebagai metode penyembuhan kanker. Karenanya, akan jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi kedua bahan tersebut dalam jumlah wajar, tanpa harus menjadikannya pengobatan utama. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi