Serba Serbi Perawatan dan Penyembuhan Penyakit Lupus

Penyembuhan penyakit lupus

Penyembuhan penyakit lupus ;  Meski belum ada obat penyembuh penyakit lupus secara pasti, namun ada beberapa perawatan yang dapat Anda jalankan untuk menekan, meminimalisir, serta mengontrol efek dari penyakit autoimun ini. Apa saja bentuk perawatan penyakit Lupus?

 

Go Dok – Tentu banyak dari Anda yang sudah mengetahui, bahwa Lupus merupakan suatu penyakit autoimun sistemik yang berbahaya bagi tubuh. Penderita penyakit ini akan mengalami kelainan sistem imun, di mana sistem imun tubuh Anda justru akan menyerang sistem, jaringan, dan organ tubuh Anda sendiri, alih-alih menyerang virus dan bakteri penyebab penyakit sesuai tugasnya.

Dengan sistem imun yang tidak bekerja sebagaimana mestinya, tubuh Anda akan menjadi lebih rentan terkena penyakit. Ditambah lagi, jaringan dan organ tubuh juga akan mengalami gangguan, akibat diserang dari dalam oleh sistem imun. Intinya, kondisi ini jelas berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda.

Menilik hal tersebut, tentu tak heran jika banyak orang yang mencari cara tepat untuk menyembuhkan diri dari penyakit ini. Lalu, apakah penyakit Lupus bisa disembuhkan? Bagaimana caranya? Untuk menjawab hal tersebut, ada baiknya Anda menyimak penjelasan lengkap berikut ini.

Bagaimana cara penyembuhan penyakit Lupus?

Sayangnya, belum ada pengobatan atau cara pasti untuk penyembuhan penyakit Lupus. Pasalnya, penyebab pasti dari terjadinya penyakit ini pun juga belum diketahui, meski para ahli percaya bahwa ada kaitan antara kondisi genetis dan faktor lingkungan yang memicu datangnya penyakit Lupus. Namun, penelitian dan studi mengenai hal ini masih terus berlanjut.

Beberapa orang mengklaim bahwa mereka sembuh dari penyakit Lupus dengan mengonsumsi vitamin D3 dalam dosis tinggi. Namun, belum ada penjelasan maupun penelitian yang memastikan efektivitas metode ini, dan keamannya. Karenanya, Anda tidak dianjurkan untuk menjalaninya hanya berdasarkan pernyataan beberapa orang.

Meski belum ada tindakan pasti yang dapat diambil untuk penyembuhan penyakit Lupus, namun ada beberapa perawatan yang dapat Anda jalankan untuk menekan, meminimalisir, serta mengontrol efek dari penyakit autoimun ini.

Apa saja bentuk perawatan penyakit Lupus?

Perawatan dapat menolong dalam meringankan gejala penyakit Lupus, meredakan peradangan, mencegah dan meredakan datangnya gejala yang terus menerus, dan mencegah terjadinya kerusakan organ serta gangguan kesehatan lainnya. Berikut adalah beberapa bentuk perawatan yang dapat Anda jalani :

  • Mengonsumsi obat-obatan, di mana untuk ini, Anda harus rutin mengunjungi dokter dan berkonsultasi mengenai pengobatan yang sesuai. Umumnya, dokter akan meresepkan obat-obatan untuk Anda konsumsi dalam jangka waktu tertentu, yang disesuaikan dengan gejala serta bagian tubuh mana yang mengalami gangguan akibat penyakit ini. Obat-obatan yang diresepkan bisa berupa obat anti-malaria, obat anti-peradangan (non-steroid), Corticosteroids(Prednisone), dan Immunosuppresant untuk menekan kinerja sistem imun.
  • Rutin berolahraga, di mana berolahraga dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi Anda, yang mungkin mengalami gangguan akibat Lupus. Tak hanya itu, olahraga juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung Anda.
  • Menerapkan pola makan sehat, di mana hal ini termasuk mengonsumsi gandum, sayur mayur, serta buah-buahan secara rutin. Hindari makanan berminyak dan berkadar gula tinggi, serta makanan cepat saji dan kemasan. Hal ini berguna dalam menekan gejala Lupus, seperti tekanan darah tinggi, kerusakan ginjal, serta gangguan sistem pencernaan.
  • Hindari sinar matahari langsung, di mana terekspos sinar matahari dalam jangka waktu terlalu lama dapat memicu munculnya gejala-gejala penyakit Lupus. Karena itu, ingatlah untuk selalu mengenakan pakaian lengan panjang dan tertutup, gunakan pula topi atau penutup kepala, dan sunscreendengan kadar SPF minimal 55.
  • Hindari merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol,di mana kedua hal ini dapat memperburuk kondisi kesehatan organ-organ dalam Anda, terutama paru-paru dan jantung yang mungkin saja terkena gangguan akibat serangan sistem imun Anda.

Nah, itu dia serba-serbi perawatan dan penyembuhan penyakit Lupus yang penting untuk Anda ketahui. Semoga membawa pemahaman baru, dan bermanfaat bagi Anda.

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi