Panduan Program Diet O – Z (Bagian 2)

panduan program diet

Panduan program diet dari O sampai Z dapat membantu Anda untuk lebih memahami diet yang baik dan tepat untuk menghasilkan tubuh yang ideal dan sehat. Yang Anda akan pahami mengontrol posisi makan, tambahan nutrisi, protein, hingga memahami waktu istirahat dan tidur yang cukup.

 

Go DokSetalah mengetahui panduan program diet dari A sampai N pada artikel sebelumnya, sebaiknya Anda juga memahami panduan program diet dari O sampai Z yang merupakan kelanjutannya.

Yuk, simak panduan program diet dari O sampai Z berikut ini!

One more scoop, one more cookie, one more glass of wine

Memang, mengontrol porsi makanan menjadi kunci utama untuk menurunkan berat badan. Namun, menambah sedikit porsi menu favorit Anda tidak terlalu berdampak langsung pada kenaikan berat badan, selama tetap terkontrol dan mengganti tambahan porsi cemilan ini dengan porsi latihan yang lebih banyak.

Selain itu, coba menggunakan piring yang lebih kecil ketika makan di rumah dan selalu menyimpan makanan di kompor, bukan di atas meja. Coba pesanlah sup hangat daripada kue manis sebagai pendamping menu utama.

Protein

Kandungan protein bisa menjadi kunci kesuksesan utama keberhasilan program diet Anda. Perbanyak menu daging yang rendah lemak, seperti dada ayam atau daging paha belakang sapi bagian terluar (silver side/gandik). Selain itu, daging ikan pun juga dikenal kaya akan protein dan rendah lemak. Selain menjadi asupan penting untuk meningkatkan massa otot, makanan tinggi protein juga mampu meredam rasa lapar Anda, lho.

Quit old habits that caused weight gained

Mengganti kebiasaan buruk yang selalu dilakukan setiap hari, dengan kebiasaan baru seperti meminum teh dan kopi tanpa gula, mengganti susu krim dengan susu rendah lemak, dan menghindari junk food dapat mengoptimalkan program diet dalam pembentukan tubuh ideal. Selain itu, kebiasaan buruk tersebut juga dapat mengancam kesehatan Anda, lho.

Rely on friends, family, and community to help your loss weight

Pentingnya motivasi yang hadir dari orang-orang di sekitar Anda, seperti kerabat dan keluarga, terbukti berpengaruh pada hasil dari program diet yang dijalani selama ini. Selain itu, tidak ada salahnya untuk bergabung pada komunitas olahraga untuk menemani Anda dalam menjalankan program pembentukan tubuh.

Supplement

Selain menjaga pola dan menu makan lebih sehat, jangan lupa untuk memberikan tambahan nutrisi pada tubuh, seperti meminum multivitamin yang mampu menambah massa otot, meningkatkan kekuatan tulang, meningkatkan sistem imun, dan melancarkan sirkulasi darah. Selain membantu membentuk tubuh, metabolisme tubuh pun ikut terjaga.

Track your eating patterns and activity every day

Catat setiap perjalan Anda selama menjalani program diet, seperti pola makan yang sukses menahan lapar dan jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dengan efek paling maksimal.

Uncle Sam’s dietary guidelines

Setelah mencoba menu program diet yang banyak dilakukan, tidak ada salahnya untuk mencoba program diet yang direkomendasi oleh pemerintah Amerika Serikat berikut ini:

  • Perbanyak makan buah dan sayuran.
  • Perbanyak menu biji-bijian, setidaknya setengah porsi makanan gandum Anda harus berasal dari biji-bijian utuh.
  • Nikmati tiga porsi produk susu seperti yogurt, susu, dan keju yang bersifat rendah lemak setiap hari.
  • Batasi konsumsi lemak jenuh, gula, dan alkohol.
  • Batasi menu makanan dengan kandungan natrium atau garam yang tinggi.
  • Sempatkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.
Volumetrics

Ini merupakan metode untuk mengonsumsi pola asupan makanan dengan kandungan air yang tinggi. Menu seperti sayur dan sup, serta buah dengan kandungan air tinggi seperti semangka terbukti mampu membuat Anda kenyang lebih cepat dan meredam rasa lapar segera datang kembali.

Water

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setidaknya tubuh membutuhkan minimal 6 hingga 8 gelas air putih setiap hari. Selain melancarkan fungsi pencernaan dan menghindari sembelit, manfaat air mineral lainnya juga baik untuk menahan rasa lapar datang. Menjaga asupan air mineral juga baik untuk menjaga kelembapan kulit dan membuat wajah tampak awet muda. Jangan lupa, air mineral juga bisa menjadi upaya detoksifikasi dari racun-racun yang tersimpan di dalam tubuh.

Excuses no more

Menjalani program diet selama berminggu hingga berbulan-bulan memang berat jika dirasakan. Namun Anda harus tetap semangat menjalankannya tanpa ada alasan apapun, demi target yang dapat tercapai. Segala alasan seperti capek, rindu dengan makanan berlemak, atau bosan dengan menu makanan yang rendah gula dan garam haruslah Anda tinggalkan. Ingat, selain membantu mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, diet juga mampu menjaga kondisi tubuh tetap sehat dalam jangka waktu panjang.

Yoghurt

Sebagai salah satu produk olahan susu, yogurt sudah dikenal di seluruh dunia menjadi menu panganan yang sehat. Segala manfaat yogurt seperti melancarkan pencernaan, menjaga wajah awet mudah, hingga menurunkan kolesterol sudah terbukti bagi kesehatan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk menyimpan stok yogurt pada kulkas Anda, tentunya yang rendah lemak dan dengan rasa tawar, ya!

Zzzzz

Jangan sampai Anda terlalu bersemangat untuk olahraga setiap hari namun lupa untuk menyempatkan waktu untuk tidur dan beristirahat. Ketika Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, antara 6 hingga 8 jam setiap malam, mampu mengembalikan energi agar Anda siap untuk berolahraga esok hari.

Selain itu, beragam hormon yang berdampak pada pengembangan massa otot dan tulang juga dihasilkan ketika Anda tertidur. Berbagai dampak buruk kurang tidur pun sudah terbukti, seperti hilangnya fokus dan konsentrasi, meningkatkan risiko terserang diabetes dan hipertensi.

Itulah serba serbi program diet mulai dari O sampai Z yang sebaiknya Anda pahami, demi tercapainya target memiliki bentuk tubuh yang ideal dan tubuh yang lebih sehat. Selamat mencoba.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.