Panduan Program Diet A – N (Bagian 1)

panduan program diet

Program diet menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Diet keto, diet mediterania, diet mayo dan diet OCD adalah salah satu jenis diet yang bisa Anda pilih. Namun, sebelum menjalankan diet sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu panduan program diet agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Go Dok Memiliki tubuh ideal tentunya menjadi idaman setiap orang. Tak heran, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkannya. Salah satu cara untuk menurunkan berat badan yaitu dengan menjalankan program diet. Banyak jenis diet yang bisa Anda pilih untuk memuluskan keinginan Anda tersebut seperti diet mediterania, diet keto dan jenis diet lainnya.

Namun, sebelum Anda melakukan  program diet, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berbagai panduan dalam diet yang mungkin saja belum Anda ketahui. Agar, mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Yuk, simak panduan program diet dari A sampai N berikut ini!

Attitude

Penting untuk memiliki sikap konsisten untuk menjalani program diet, yang cenderung berlangsung secara tidak instan dan memerlukan waktu. Selain itu, Anda harus konsisten jika dirasa program diet sangat memberatkan Anda, baik perubahan pada porsi makan dan aktivitas sehari-hari. Satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk terus konsisten menjalani program diet sesuai target, walaupun efek yang dirasakan hanya sedikit.

Breakfast

Sangat disarankan untuk mengisi asupan terlebih dahulu di pagi hari sebelum pergi meninggalkan rumah. Selain penting untuk menyiapkan energi hingga waktu makan siang tiba, sarapan sebelum beraktivitas menghindari Anda dari potensi memakan camilan kemasan tinggi garam yang tidak sehat bagi tubuh.

Anda bisa mengisi perut dengan menu seperti yogurt rendah lemak, oatmeal, sereal gandum, dan buah-buahan seperti pisang dan alpukat. Perbanyak asupan yang tinggi serat dan protein untuk menyiapkan tubuh Anda sampai siang hari.

Calories

Bagi Anda yang menjalani program diet, memang sangat penting untuk memantau asupan kalori setiap hari. Biasakan membaca kandungan gizi pada tiap makanan untuk membantu Anda memilih asupan yang sehat. Dengan menyesuaikan porsi gizi pada program diet Anda, akan membantu untuk mencapai target yang Anda inginkan.

Diets don’t work

Percuma saja program diet yang sudah Anda jalani berbulan-bulan jika kemudian berat badan naik kembali karena tidak menjaga pola makan dan aktivitas sehat setelah target diet tercapai. Ada berbagai menu program diet yang dapat Anda coba, namun kebiasaan yang terbentuk setelah program diet selesai lebih penting untuk dilakukan di masa depan.

Eating regular meals

Para ahli gizi menyepakati kalau sebaiknya Anda melakukan pola makan dalam porsi kecil namun sering demi menjaga fungsi pencernaan dan demi mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Setidaknya, selalu makan setiap 4 hingga 5 jam sekali. Pasalnya, ketika tubuh mengalami rasa lapar yang parah, dapat memicu makan dengan porsi yang sangat banyak, yang tentunya tidak baik untuk tubuh Anda.

Fiber 

Semua setuju pentingnya serat dalam asupan makanan sehari-hari. Setidaknya, ada 2 bentuk serat, yaitu serat larut yang dapat ditemukan pada oatmeal dan kacang-kacangan, dan serat tidak larut yang biasa ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Serat larut terbukti baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan serat tidak larut penting untuk menjaga tubuh merasa kenyang lebih lama.

Gum 

Sejumlah dokter gigi menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula, terutama setelah makan. Selain dapat membantu membersihkan mulut dari sisa makanan dan bakteri, mengunyah permen karet berkhasiat untuk mengurangi keinginan Anda untuk makan dan mengemil.

Heart healthy foods

Pastikan untuk menyimpan stok makanan dengan kandungan lemak tidak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Perbanyak stok makanan seperti buah dan sayuran, serta makanan yang kaya akan lemak omega-3 seperti walnut, biji rami, dan ikan salmon. Selain itu, ganti minyak Anda dengan minyak kanola, minyak zaitun, dan minyak sayur. Menu seperti kacang dan biji-bijan juga terbukti sehat untuk jantung.

Invest in a pedometer

Pastikan untuk selalu berjalan, setidaknya 10.000 langkah atau setara dengan 5 mil setiap hari. Jangan lupa, catat langkah Anda menggunakan pedometer agar menjaga jumlah langkah terus meningkat setiap hari demi menjaga tubuh agar tetap bugar.

Just do it!

Jangan hanya fokus pada olahraga yang membentuk tubuh dan menguras keringat saja, sertakan gerakan latihan seperti aktivitas sehari-hari yang mampu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi fungsi tubuh, serta mengurangi stres.

Key of an effective exercise is variety

Mungkin Anda sudah ahli dalam olahraga angkat beban atau bersepeda. Namun, jangan batasi diri Anda dengan menghinndari untuk mencoba jenis olahraga lainnya. Selain olahraga yang membentuk massa otot, coba juga latihan yang melatih pernapasan dan keseimbangan seperti yoga dan pilates.

Low blood sugar

Ketika waktu makan siang belum kunjung tiba, seringkali muncul keinginan untuk mengemil. Hal tersebut disebabkan karena gula darah yang sedang berada pada titik rendah. Daripada mencari keripik kentang dalam kemasan yang tinggi gula dan garam, ganti camilan Anda dengan buah dan yogurt rendah lemak untuk mengembalikan kadar gula pada titik normal, dan menghilangkan keinginan untuk mengemil lebih lanjut.

Mindful eating to savor every bite

Selalu nikmati dan resapi setiap gigitan dari tiap makanan yang Anda makan. Dengan fokus pada aroma, tekstur, dan rasa dari tiap gigitan pada makanan di depan Anda, secara psikologis, dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat sehingga tidak butuh tambahan porsi.

Nighttime snacking

Mungkin, ngemil di malam hari sangat dihindari karena dianggap membuat tubuh menjadi gemuk. Hal tersebut memang benar adanya, jika menu cemilan Anda hanyalah keripik kemasan atau kue dan manisan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Maka dari itu, cobalah menu cemilan untuk diet seperti yogurt rendah lemak, buah-buahan, dan secangkir teh hangat tanpa gula.

Nah, panduan program diet dari A sampai N ini bisa Anda jadikan panduan untuk memilih jenis diet dalam penurunan berat badan Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.