Senyum Makin Indah dengan Veneer Gigi

Veneer gigi

Veneer gigi ; veneer gigi merupakan prosedur kecantikan gigi untuk membantu memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi agar tampak indah seperti yang Anda inginkan. Pada dasarnya, ada 3 tahap utama dalam prosedur pemasangan veneer gigi.

 

Go DokSiapa yang tidak mau memiliki senyum yang indah dan menawan? Salah satu faktor yang dapat membentuk senyum yang indah dan mempesona ialah kondisi kesehatan dan kebersihan gigi, seperti gigi yang putih, bersih, dan berkilau.

Apa itu veneer gigi?

Jika Anda memiliki masalah gigi, seperti gigi yang menguning karena noda kopi atau gigi yang renggang, terkadang membuat segan untuk tersenyum ke orang lain, bukan? Akhir-akhir ini, salah satu tren perawatan gigi kembali menjadi sorotan di masyarakat, yaitu perawatan veneer gigi.

Seperti yang Anda ketahui, veneer gigi merupakan prosedur kecantikan gigi untuk membantu memperbaiki warna, bentuk, dan posisi gigi agar tampak indah seperti yang Anda inginkan.

Bagaimana prosedur pemasangan veneer gigi?

Jika Anda masih bingung untuk membayangkan seperti apa prosedur pemasangan veneer gigi, cukup bayangkan bagaimana memasang kuku palsu yang memiliki banyak bentuk dan warna. Bedanya, warna yang ditawarkan dalam pelapis gigi tersebut hanya putih, ya. Karena, tentu saja, semua orang tentu ingin giginya berwarna putih, kan?

Pada dasarnya, ada 3 tahap utama ketika Anda hendak memasang veneer gigi.

Pertama, dokter akan melihat dan menganalisa kondisi gigi Anda. Pada kondisi ini, jelaskan pada dokter gigi seperti apa hasil akhir bentuk dan kondisi gigi yang Anda inginkan. Selama tahap ini, dokter gigi akan memastikan kondisi gigi Anda bisa menerima pemasangan veneer gigi.

Pasalnya, bagi Anda yang memiliki masalah seperti gusi yang membengkak atau ada pembusukan pada gigi, dokter gigi tidak akan merekomendasikan pemasangan veneer gigi.

Tahap selanjutnya, ketika dokter sudah memastikan kondisi gigi Anda aman, dokter akan membuat lapisan veneer berdasarkan bentuk gigi Anda. Sebelumnya, dokter akan mengikis lapisan enamel di gigi Anda setebal veneer yang akan dipasang. Biasanya, ketebalan yang dibutuhkan sekitar 0,5 mm. Untuk mengurangi rasa ngilu, tidak jarang Anda akan diberi anestesi lokal, nih. Siap-siap, ya!

Setelah model veneer disiapkan, dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk membuat lapisan veneer berdasarkan kebutuhan kondisi gigi Anda. Sambil menunggu pesanan Anda selesai, dokter gigi bisa menawarkan lapisan veneer yang bisa dipasang untuk sementara.

Terakhir, saatnya menyiapkan prosedur pemasangan lapisan veneer pada gigi. Sebelumnya, dokter akan memeriksa bentuk dan warna lapisan veneer dengan mengukirnya hingga cocok dengan gigi Anda. Untuk warna, tenang saja, ini bisa disesuaikan dengan warna semen yang ada, kok.

Untuk memastikan lapisan veneer dapat menempel dengan baik, dokter akan memberikan lem seperti semen pada gigi Anda, sambil diberikan sinar khusus yang dapat membuat lem mengeras dengan cepat.

Sebagai langkah terakhir, dokter akan memeriksa apakah ada kelebihan semen yang dapat mengganggu proses Anda selama menggigit dan mengunyah. Jika dirasa semua sudah aman, ada baiknya Anda mengunjungi dokter kembali untuk proses pengecekan bagaimana kondisi gigi dan gusi selama merespons lapisan veneer.

Nah, itulah kira-kira gambaran tentang bagaimana prosedur pemasangan veneer gigi yang biasa dilakukan oleh dokter gigi. Tapi ingat ya, selain dapat memberikan keindahan secara instan pada gigi, pemasangan veneer gigi juga memiliki efek sampingnya, lho. Jadi, ada baiknya untuk melakukan kunjungan ke dokter gigi secara rutin untuk mengecek kondisi gigi Anda, ya!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TA/PJ/MA

Referensi