Senam Lantai Sebagai Variasi Olahraga

senam lantai

Senam lantai selain sebagai bentuk variasi olahraga juga efektif untuk menurunkan berat badan tanpa membutuhkan peralatan olahraga yang mewah. Jika Anda masih bingung dengan olahraga senam lantai, ini adalah 5 contoh bentuk senam yang bisa dicoba!

 

Go Dok Apakah Anda sedang menjalankan program menurunkan berat badan? Selain harus konsisten dalam menjaga pola makan, Anda juga harus mendukungnya dengan rutin melakukan olahraga, nih! Berbagai macam olahraga dapat Anda pilih, mulai dari berlari keliling komplek, angkat beban di tempat gym, serta melakukan variasi olahraga senam lantai.

Sebagai salah satu bentuk variasi olahraga, senam lantai juga efektif untuk menurunkan berat badan tanpa membutuhkan peralatan olahraga yang mewah. Bahkan, Anda bisa melakukannya di rumah sendiri!

Berikut 5 contoh bentuk senam lantai  yang bisa dicoba!

1. Push Up

Kegiatan push up bisa dilakukan di mana pun Anda berada, lho! Selain meningkatkan kesehatan jantung, push up juga bisa mendorong jantung untuk memompa lebih cepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan otot bahu, lengan dan dada menjadi semakin kuat!

Cara melakukannya, letakan kedua tangan di lantai dan pijakan ujung jari kaki Anda. Lalu, lakukanlah gerakan turun dan naik menggunakan tangan Anda.

2. Crunches

Olahraga senam lantai ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menguatkan otot perut dan mengurangi jumlah lemak di sekitar perut. Semakin sering Anda melaukannya, maka semakin cepat pula hasil yang akan didapatkan.

Caranya, berbaringlah di lantai, lalu tempatkan kedua tangan Anda di kepala. Lalu, angkat kepala dan dada, serta kaki Anda hingga dada dan lutut bersentuhan.

3. Squats

Gerakan squats berfokus pada bagian bawah dan perut Anda. Senam ini dapat membakar lemak dari semua area tubuh. Rajinlah melakukan repetisi dari gerakan ini agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Caranya, berdiri dengan kaki selebar bahu. Tekuk lutu dan jongkok seperti ingin duduk di kursi, kemudian berhenti ketika paha Anda hampir sejajar dengan lantai.

4. Lunges

Latihan lunges biasanya dijadikan sebagai senam pemanasan sebelum melakukan kegiatan lari atau olahraga berat lainnya. Hal ini untuk mengurangi adanya ketegangan otot yang menimbulkan cedera. Namun, selain meregangkan otot, lunges juga dapat memberikan efek besar dalam mengencangkan otot tubuh Anda.

Caranya, berdiri dengan satu kaki di depan, dan kaki lainnya di belakang. Tekuk lutut depan dan condongkan tubuh Anda ke depan. Pertahankan kaki belakang Anda tetap lurus ketika sedang membungkuk. Kembali ke posisi berdiri dan gunakan kaki secara bergantian.

5. The Plank

Mungkin Anda sering mendengar jenis latihan ini. Plank adalah senam lantai yang dilakukan dengan cara menahan berat badan tubuh menggunakan kedua tangan dan kaki. Latihan ini melibatkan otot inti di perut dan punggung bawah, serta paha belakang, bahu, dan otot dada Anda.

Cara melakukannya adalah, pasang posisi tengkurap di lantai. Kemudian, angkat badan Anda menggunakan tangan dengan menjadian siku dan lengan sebagai penopang. Seperti namanya, buatlah tumbuh Anda selurus mungkin seperti papan, lalu tahan selama 30 detik. Ulangi terus latihan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupu terlihat sepele dan tidak mengeluarkan banyak keringat, melakukan variasi olahraga senam lantai seperti ini secara rutin setiap hari, terbukti dapat meningkatkan massa otot sembari membakar lemak di dalam tubuh. Bagaimana, sudah tertarik mencobanya?

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

GA/PJ/MA

Referensi