Selusin Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan

Manfaat buah plum bagi kesehatan sangatlah beragam mulai dari mengobati diabetes, sebagai antioksidan, mencegah osteoporosis, melancarkan pencernaan, meningkatkan kognisi, merawat kesehatan sistem saraf, mengatur kadar kolesterol hingga baik bagi ibu hamil.

Go DokPlum adalah buah berair dan sangat lezat yang tergolong pada genus Prunus dari keluarga Rosaceae. Mereka ada dalam berbagai warna dan bentuk dengan lebih dari 2000 varietas yang berbeda. Secara luas, plum dibagi menjadi tiga kelompok: Eropa-Asia (Prunus domestica), Jepang (Prunus salicina), dan Damson (Prunus insistitia).

Buah yang pohonnya memiliki tinggi sekitar 10-15 meter ini mengandung berbagai komponen kesehatan seperti vitamin dan mineral. Mereka adalah sumber terbaik dari  vitamin A, vitamin C (ascorbic acid), folat, vitamin K (phylloquinone), vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (niacin), vitamin B6, dan vitamin E (alpha-tocopherol).

Mineral yang ada di dalamnya termasuk potasium, fluoride, fosfor, magnesium, besi, kalsium, dan seng. Buah yang disebut prune apabila dikeringkan ini juga mengandung serat dan menawarkan kalori yang sangat rendah tanpa lemak berbahaya. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh plum tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat buah plum bagi  kesehatan Anda:

1. Sebagai antioksidan

Buah ini mengandung vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenik.

Komponen tersebut memiliki kualitas antioksidan efektif yang bantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh oksigen radikal bernama superoxide anion radicals.

Fenol yang terdapat pada plum juga melebarkan efek protektif mereka pada lemak esensial di dalam neuron dan membran sel dalam melawan cedera apa pun yang disebabkan oleh stres.

 2. Mengobati obesitas

Manfaat buah plum bagi kesehatan selanjutnya baik untuk mengobati obesitas. Ekstrak plum sangat berharga untuk mengobati obesitas dan komplikasi lain yang diasosiasikan dengan obesitas.

Penelitian menunjukkan konsumsi buah plum bantu melawan sindrom metabolik karena keberadaan senyawa bioaktif. Komponen flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin, dan katekin yang ada di dalamnya mendesak efek anti obesitas dan anti peradangan pada sel, termasuk sel lemak.

3. Mencegah osteoporosis

Flavonoid yang terdapat pada plum mengandung asam kafeik dan rutin yang hadir untuk bantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada perempuan pasca menopause.

Polifenol mendorong formasi tulang, memperbaiki kepadatannya, dan mencegah tulang keropos yang disebabkan oleh kurangnya hormon yang diproduksi ovarium. Penelitian telah memperlihatkan kalau konsumsi rutin plum kering membantu restorasi kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan.

4. Melancarkan pencernaan

Plum adalah sumber serat yang baik. Ia juga mengandung komponen sorbitol dan isatin yang bantu mengatur sistem pencernaan. Sorbitol dan isatin memiliki efek laksatif dan mendorong pengeluaran cairan dalam perut dan meningkatkan efisiensi pembuangan kotoran melalui usus.

5. Meningkatkan kognisi

Penelitian menunjukkan kalau flavonoid yang terdapat pada sari buah plum efektif dalam menyediakan perlindungan melawan gangguan kognitif terkait usia. Manfaat fitonutrien yang terdapat di buah plum bantu kurangi peradangan pada area neurologis sampai meningkatkan fungsi belajar dan ingatan.

Manfaat buah plum bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin juga dapat bantu mencegah penyakit neurodegeneratif terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson.

6. Merawat kesehatan sistem saraf

Plum mengandung vitamin B6 yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan memastikan kelancaran fungsi sistem saraf. Mereka juga membantu pertumbuhan normal otak dan pembentukan hormon yang memengaruhi suasana hati.

Tryptophan, asam amino yang terdapat di dalamnya, membantu produksi serotonin bagi neurotransmitter yang memainkan peran penting dalam memperbaiki tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Plum bermanfaat dalam memperkuat pertahanan kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin ini meningkatkan ketahanan tubuh pada infeksi dan peradangan.

Penelitian pada 2007 menunjukkan kalau plum memiliki unsur imunostimulan yang mendorong produksi oksida nitrat dalam tubuh. Sehingga plum menghambat metastasis sel tumor dan sangat berguna dalam mencegah berbagai penyakit.

8. Mengatur kadar kolesterol

Plum yang dikeringkan atau prune bantu mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Sebuah studi komparatif telah membuktikan kemanjuran prune dibanding sari buah anggur dalam memelihara kadar sehat dari plasma dan kolesterol hati.

Kandungan serat di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan bantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

9. Meningkatkan kesehatan sel

Buah berwarna ungu tua ini mengandung mineral esensial seperti besi dan tembaga yang membantu pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pembersihan darah dan sirkulasi yang sehat.

Kandungan tembaga di dalam plum bertindak sebagai antioksidan dan penting untuk kesehatan syaraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga bantu penyerapan besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoartritis.

10. Baik untuk kehamilan

Ahli gizi merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 2-3 porsi plum organik sekali dalam seminggu selama kehamilan. Ia adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi dan manfaat kesehatan sehingga inilah sebabnya para calon ibu harus memasukkan plum ke diet mereka.

Manfaat buah plum bagi kesehatan ibu hamil jika dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan perkembangan yang sehat bagi janin serta mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan.

Plum juga akan menguatkan tubuh dengan memperbaiki penglihatan, tulang, kesehatan sel, dan lain-lain. Diperkaya dengan antioksidan, plum dapat mengusir berbagai infeksi dengan meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan.

11. Melawan sel kanker

Anda dapat mencegah kemunculan berbagai jenis kanker termasuk kanker payudara dan hati dengan mengonsumsi plum organik secara rutin. Plum adalah gudangnya antioksidan yang penting untuk mengurangi radikal bebas dan stres oksidatif.

12. Meningkatkan metabolisme

Manfaat buah plum bagi kesehatan terakhir mampu meningkatkan metabolisme. Ia memberikan kadar serat yang cukup untuk bantu membuang racun dari dalam tubuh Anda. Prosedurnya sendiri akan meningkatkan metabolisme secara natural. Ketika metabolisme berfungsi dengan baik, ia akan berdampak positif secara keseluruhan pada kesehatan Anda.

Plum adalah buah yang sangat bernutrisi. Ia adalah sumber yang sempurna untuk vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Tidak berlebihan rasanya jika plum disebut sebagai buah ajaib karena mengandung manfaat kesehatan yang banyak.

Untuk merasakan manfaat buah plum bagi kesehatan tubuh Anda, Mulailah mengonsuminya, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.