Selain Wajah, Ini Dia Tempat Timbulnya Jerawat di Tubuh

Jerawat di tubuh

Jerawat di tubuh kerap kali muncul secara tidak terduga. Umumnya, jerawat akan muncul di area wajah, terutama di bagian kening, hidung, dan rahang. Namun, tak jarang pula jerawat muncul di bagian tubuh lain seperti kulit kepala, bahu, punggung, leher, dada dan telinga.

 

Go DokJerawat merupakan masalah umum yang bisa terjadi pada setiap orang, termasuk Anda. Biasanya, jerawat akan lebih sering dialami oleh Anda yang beranjak remaja atau sedang dalam masa puber. Pasalnya, di masa ini, hormon androgen yang diproduksi oleh tubuh akan menggila dan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Bagi wanita dan remaja, jerawat merupakan musuh besar yang harus segera dibasmi. Umumnya, jerawat akan muncul di area wajah, terutama di bagian kening, hidung, dan rahang. Namun, tak jarang pula jerawat muncul di bagian tubuh lain secara tidak terduga. Bagian tubuh mana sajakah yang jadi tempat timbulnya jerawat, selain wajah? Untuk mengetahuinya, yuk simak daftar lengkap berikut ini!

1. Kulit kepala

Kulit kepala merupakan salah satu area yang memiliki banyak kelenjar minyak, terhubung langsung dengan folikel-folikel rambut Anda. Penyebab utama selain sebum, adalah kotoran atau ketombe yang menempel di kepala dan rambut. Jika Anda jarang membersihkan kulit kepala dan rambut dengan shampoo, maka jangan heran jika sering tumbuh jerawat di area ini.

2. Bahu

Jerawat di tubuh kerap kali muncul pada area bahu. Sama seperti area wajah, kedua bahu Anda merupakan tempat di mana kulit memiliki paling banyak kelenjar minyak. Folikel rambut, yang pada sebagian orang tumbuh hingga di area bahu, juga terhubung langsung dengan kelenjar minyak sehingga membuat bagian tubuh ini lebih rentan terkena jerawat. Jerawat di bahu juga bisa terjadi akibat ketombe yang jatuh atau kotoran lainnya. Untuk mengatasinya, jangan lupa untuk membersihkan bahu Anda secara rutin jika perlu dengan sabun anti-jerawat.

3. Leher

Seperti halnya punggung, bahu, dan wajah, area leher juga memiliki lebih banyak kelenjar minyak dibandingkan bagian tubuh lainnya. Hal ini menyebabkan leher juga rentan dalam terkena jerawat. Selain itu, bagi wanita hal ini juga bisa berarti bahwa Anda akan segera mengalami menstruasi dalam waktu dekat. Pada masa pra-menstruasi ini, hormon testosterone Anda akan meningkat tajam dan menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum dari biasanya. Untuk mencegah jerawat di leher, Anda harus membersihkan area ini secara teratur, misalnya dengan mandi setiap hari.

4. Dada

Dada juga bisa menjadi salah satu tempat timbulnya jerawat di tubuh, lho! Seringkali, selain karena memiliki banyak kelenjar minyak, hal ini juga terjadi karena Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi. Selain itu, fluktuasi produksi hormon, terpapar sinar matahari dan kotoran, serta keringat dan efek parfum atau deterjen pada baju juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk membersihkan area ini secara teratur, ya!

5. Punggung

Jerawat di tubuh pada bagian punggung,  disebut pula truncal acne, biasanya lebih sering tumbuh pada punggung pria dibandingkan wanita. Penyebab umumnya adalah karena punggung merupakan salah satu area tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak. Selain itu, jerawat punggung bisa disebabkan oleh ketombe yang kerap jatuh ke area ini. Mencabut atau mencukur bulu di area punggung  juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, begitu pula dengan faktor terlalu sering terkena panas, keringat, dan gesekan. Untuk mencegahnya datang, Anda bisa teratur membersihkan area ini, dan sesering mungkin menutupinya.

6. Telinga

Jangan salah, telinga juga bisa menjadi salah satu tempat tumbuhnya jerawat di tubuh Anda. Pasalnya, telinga juga memiliki banyak kelenjar minyak, dan menjadi area yang seringkali lupa Anda bersihkan. Saat produksi hormon dalam tubuh meningkat tajam, pada remaja dan wanita sebelum menstruasi, jerawat bisa muncul pada telinga. Untuk mencegahnya, jangan lupa untuk membersihkan area telinga Anda secara teratur.

Nah, itu dia 6 tempat tumbuhnya jerawat di tubuh Anda, selain pada wajah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi