Sekilas Tentang Perawatan Manicure dan Pedicure

Manicure dan pedicure

Manicure dan pedicure merupakan serangkai perawatan kecantikan untuk merawat tangan dan kaki beserta jari-jarinya. Perawatan ini bertujuan untuk merawatan bagian tangan dan kaki agar tetap terjaga kecantikannnya. Hal ini biasa dilakukan di salon kecantikan atau spa bahkan di rumah sendiri.

Go Dok – Sebagai seorang wanita modern, yang hidup di kota besar, tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan perawatan manicure dan pedicure. Bahkan, mungkin Anda menjalani kedua perawatan ini secara rutin. Namun, ternyata banyak pula wanita yang masih awam dengan kedua istilah perawatan kecantikan ini, dan ragu untuk memulainya lantaran tidak tahu apa yang akan dihadapi di salon nantinya.

Nah, untuk menambah pengetahuan Anda mengenai perawatan manicure dan pedicure, yuk simak penjelasan lengkap mengenai keduanya berikut ini!

Apa itu manicure?

Manicure merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut serangkaian perawatan kecantikan pada tangan beserta jari-jarinya. Perawatan ini mencakup menggunting dan membentuk kuku-kuku jari, merapikan pinggirannya, menggunting serta sedikit menggerus bintil kuku (kulit di sekitar kuku), yang hanya fokus dalam mengangkat sel-sel kulit mati yang keras, serta pemijatan pada area tangan dan jari-jari.

Perawatan juga akan dilakukan dengan menggunakan berbagai cairan dan lotion guna melembapkan area tangan, jari-jari serta kuku dan membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela kuku Anda. Terakhir, kuku-kuku jari akan digosok menggunakan penggosok kuku (fingernail polish), semacam jelly yang akan membersihkan serta mengilapkan permukaan kuku Anda.

Perawatan manicure bisa dilakukan di salon kecantikan atau spa, atau dilakukan sendiri di rumah, jika memiliki set lengkap alat-alatnya. Perawatan manicure beragam jenisnya, dan petugas salon juga mungkin menambahkan kuteks (pewarna kuku), atau kuku palsu akrilik, dan pernak-pernik kuku lainnya.

Banyak orang melakukan manicure untuk kenyamanan pribadi, atau untuk mempersiapkan penampilan guna menghadiri suatu acara penting.

Apa itu pedicure?

Pedicure sejatinya memiliki definisi yang hampir sama dengan manicure, hanya saja perawatan kecantikan yang satu ini dilakukan pada area kaki dan jari-jarinya. Perawatan pedicure terpusat pada jari dan kuku-kuku kaki Anda, dilakukan dengan memotong, membentuk, dan merapikan kuku-kuku jari.

Sama halnya dengan manicure, perawatan ini juga mencakup memoles dan membersihkan permukaan kuku jari hingga mengilap, dan membersihkan kotoran yang menumpuk di sela-sela kuku. Di samping memotong dan membuang sel-sel kulit yang keras dari sekitar kuku, pedicure juga membuang sel-sel kulit mati di telapak kaki.

Sel-sel kulit mati yang membuat telapak kaki terasa keras ini akan digosong menggunakan batu apung yang permukaannya kasar. Perawatan kulit kaki juga dilakukan, dengan memijat bagian dengkul, betis, mata kaki, permukaan serta telapak kaki. Terakhir, akan diaplikasikan pula lotion sebagai pelembap.

Berbahayakah perawatan manicure dan pedicure bagi kesehatan kulit?

Perawatan manicure dan pedicure sebenarnya dibutuhkan, untuk kesehatan kuku Anda sendiri, karena kuku-kuku jari memang harus dipotong dan dirapikan jika sudah terlalu panjang. Pasalnya, kuku yang terlalu panjang akan menjadi rapuh dan gampang patah. Selain itu, kuku-kuku jari juga harus dibersihkan sesering mungkin, agar kotoran, kuman, dn bakteri tidak menumpuk di sela-selanya.

Meski begitu, kebiasaan melakukan manicure dan pedicure yang terlalu sering dengan memakai fingernail polisher dan manicure gel bisa menyebabkan kuku menjadi rusak. Banyak wanita melakukan hal ini untuk menjaga agar kuku-kukunya tetap terlihat mengilap dan cantik.

Tak hanya itu, kebiasaan terlalu sering memakai kuteks juga bisa mengikis kuku dan membuatnya lebih rapuh sehingga mudah patah. Jadi, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering melakukaknnya.

Nah, itu dia sekilas penjelasan tentang manicure dan pedicure yang bisa berguna untuk Anda. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi