Seberapa Aman Menggunakan Obat Penumbuh Rambut?

obat penumbuh rambut

Obat penumbuh rambut yang bermasalah, seperti rambut yang rontok, dipercaya efektif untuk memperbaiki akar rambut agar lebih kuat dan merangsang pertumbuhan anak rambut yang baru. Namun, jika dipakai tidak sesuai dosis, obat ini dapat memicu kulit kepala yang kering serta iritasi.

Go DokRambut sebagai mahkota alami tentnunya harus selalu dijaga kondisinya agar dapat selalu tampil indah dan menarik. Jika tidak rajin merawat kesehatan rambut, tidak jarang masalah raambut seperti rambut rontok menyerang, sehingga tidak jarang obat penumbuh rambut diperlukan demi menghindari risiko kebotakan di usia dini.

Rambut rontok biasanya disebabkan karena faktor keturunan, perubahan hormon, kondisi medis maupun konsumsi obat-obatan tertentu. Kerontokan rambut lebih banyak menyerang pria, walaupun wanita pun juga bisa mengalami kondisi ini.

Ketika rambut rontok menyerang, ada orang yang memilih untuk membiarkannya tidak terawat. Lainnya memilih untuk menutupinya dengan gaya rambut tertentu, topi, maupun syal. Namun, sebagian besar akan memilih untuk mengambil langkah medis, seperti menggunakan obat generik maupun dengan resep dokter.

Berikut ini obat penumbuh rambut dengan resep dokter yang banyak direkomendasikan:

  • Finasteride

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika atau FDA menyetujui obat ini untuk para pria yang berjuang untuk meredakan rambut yang rontok. Obat oral ini berbentuk pil yang dapat membantu meredakan kerontokan rambut pada sebagian besar pria yang mencobanya, bahkan 66% dari mereka mengaku rambutnya dapat terangsang untuk tumbuh kembali.

  • Kortikosteroid

Jika rambut rontok Anda disebabkan oleh peradangan di tubuh, biasanya dokter kulit akan menyuntikkan obat golongan kortikosteroid ke kulit kepala Anda. Hal ini dapat membantu menghentikan peradangan yang terjadi ketika seseorang memiliki alopecia areata.

Selain menggunakan obat resep dari dokter, sejumlah obat generik juga bisa Anda coba untuk meredakan rambut rontok yang Anda derita.

  • Minoxidil atau Rogaine

Obat yang dioleskan ke kulit kepala ini dijual bebas dan tersedia di apotek dan toko obat. Obat ini dapat menghentikan kerontokan rambut dan menstimulasi pertumbuhan rambut di bagian atas kulit kepala. FDA pun telah menyetujui minoxidil untuk mengobati kerontokan rambut, baik digunakan oleh pria maupun wanita.

  • Pengobatan laser

Penggunaan laser dipercara dapat merangsang anak rambut untuk dapat tumbuh kembali lebih cepat dengan meringankan peradangan di kulit kepala, sehingga kebotakan dini pun bisa dihindari. Penggunaan jenis Low Level Laser Therapy (LLLT) dipercaya paling aman untuk digunakan pada kulit kepala. Namun walau begitu, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk pengobatan jenis ini karena efek jangka panjangnya yang belum diketahui bagi kesehatan.

  • Transplantasi rambut

Walaupun transplantasi rambut termasuk dalam kategori prosedur operasi, hal ini juga umum dipilih sebagai cara pengobatan bagi kerontokan rambut. Pada dasarnya, transplantasi rambut menggunakan kulit dari tubuh lain yang memiliki folikel rambut yang banyak, untuk kemudian dijahit kembali pada kulit kepala.

Setidaknya, ada dua macam prosedur transplantasi rambut yang populer dilakukan:

  1. Transplantasi unit folikel (FUT)

Dalam metode FUT dokter akan mengangkat kulit dari bagian belakang kepala yang berisi banyak rambut, dan memasukkan kembali folikel rambut ke bagian kulit kepala yang mengalami kerontokan rambut.

  1. Ekstraksi unit folikel (FUE)

Pada metode FUE, folikel rambut dikeluarkan langsung dari kulit kepala yang subur dan kemudian dicangkok langsung ke bagian kepala yang botak.

Seperti halnya penggunaan obat lainnya, tentu ada efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat penumbuh rambut. Bagi Anda yang menggunakan Minoxidil atau Rogaine, sejumlah efek samping yang sering muncul di antaranya:

  • Kulit kepala menjadi sensitif, terutama jika terkena sinar matahari langsung
  • Iritasi atau sensasi terbakar
  • Kulit kepala yang kering dan seringkali mengelupas
  • Peningkatan denyut jantung

Sementara, pengobatan dengan obat golongan Finasteride akan merasakan efek samping pada fungsi seksual, seperti gairah dan libido seksual yang menurun, disfungsi ereksi, dan gangguan orgasme

Selain menggunakan obat penumbuh rambut secara rutin, alangkah baiknya jika Anda juga berkonsultasi dengan dokter demi meredam kerontokan dan merangsang rambut tumbuh kembali. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

Gunakan aplikasi Go Dok untuk berkonsultasi dengan dokter yang selalu online 7 x 24 jam langsung dari smartphone Anda. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

TS/PJ/TP

Referensi