Sebenarnya, Apa sih Penyebab Sakit Gigi?

Penyebab sakit gigi

Penyebab sakit gigi ; Sakit gigi dapat dialami hampir semua usia baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk membantu gigi Anda tetap sehat dan bebas rasa sakit, penting bagi Anda untuk mempertahankan sistem kebersihan gigi harian yang efektif.

 

Go Dok Pernahkah Anda mengalami bagaimana rasanya sakit gigi? Siapa saja yang pernah mengalaminya pasti tahu bagaimana rasa sakit itu bisa sangat menyakitkan. Hal ini digambarkan oleh banyak orang sebagai rasa sakit terburuk yang pernah mereka alami. Ini menjelaskan mengapa sakit gigi tetap menjadi alasan paling umum untuk kehadiran gigi darurat dan sering menjadi alasan untuk tidak masuk kerja atau sekolah.

Apa saja lapisan pada gigi?

Sakit gigi dapat dialami hampir semua usia baik orang dewasa maupun anak-anak. Untuk membantu gigi Anda tetap sehat dan bebas rasa sakit, penting bagi Anda untuk mempertahankan sistem kebersihan gigi harian yang efektif. Gigi anak-anak harus dirawat dengan cara yang sama segera setelah tumbuh gigi melalui gusi.

Sebelum membahas penyabab sakit gigi, kita perlu tahu dulu bahwa gigi kita terdiri dari tiga lapisan yaitu

  • Enamel / lapisan email : lapisan luar yang keras dari gigi di atas gusi.
  • Dentin / tulang gigi : lapisan yang sedikit lebih lembut di bawah email.
  • Pulpa /rongga gigi : saraf dan pembuluh darah di tengah gigi.
Lalu, apa yang menjadi penyebab sakit gigi?

Sakit gigi merupakan sensasi menyakitkan yang berasal dari gigi atau jaringan yang mengelilinginya. Hal ini disebabkan oleh peradangan pada pulpa gigi. Ketika pulpa meradang, inilah yang disebut pulpitis. Ada dua jenis pulpitis:

  • Pulpitis reversibel: kerusakan pada pulpa tidak luas dan berpotensi sembuh jika mendapatkan perawatan gigi yang sesuai.
  • Pulpitis ireversibel: peradangan dan kerusakan di dalam pulpa terlalu luas untuk pulpa dapat bertahan bahkan dengan perawatan gigi yang cepat.

Kerusakan gigi merupakan penyebab sakit gigi yang utama bagi anak-anak dan orang dewasa. Bakteri yang hidup di mulut Anda tumbuh subur pada gula dan pati dalam makanan yang Anda makan. Bakteri ini membentuk plak lengket yang menempel pada permukaan gigi Anda. Asam yang diproduksi oleh bakteri dalam plak dapat makan melalui lapisan enamel dan menciptakan rongga.

Tanda pertama dari pembusukan mungkin adalah sensasi rasa sakit ketika Anda makan sesuatu yang manis, sangat dingin atau sangat panas. Terkadang pembusukan akan terlihat sebagai bercak coklat atau putih pada gigi. Ada beberapa penyebab sakit gigi lainnya antara lain:

  • Akumulasi makanan dan kotoran di antara gigi Anda, terutama jika gigi Anda memiliki ruang antar gigi.
  • Peradangan atau infeksi pada akar gigi atau di gusi.
  • Trauma ke gigi, termasuk cedera atau menggertakkan gigi.
  • Fraktur tiba-tiba dari gigi atau akar gigi.
  • Perpecahan di gigi yang terjadi seiring waktu.
  • Gigi yang mulai muncul (meletus) melalui gusi, seperti tumbuh gigi atau gigi bungsu yang tidak memiliki cukup ruang untuk muncul atau berkembang secara normal sehingga gigi bungsu yang terkena dampak.
  • Infeksi sinus yang bisa dirasakan sebagai rasa sakit di gigi.

Setelah mengetahui beberapa penyebab sakit gigi di atas, ada baiknya bagi Anda yang belum pernah mengalami sakit gigi dan mungkin bagi Anda yang ingin terhindar dari rasa sakitnya, cara terbaik untuk menghindari sakit gigi adalah dengan melakukan pemeriksaan gigi rutin, menjaga rutinitas kebersihan mulut dan mengurangi asupan makanan dan minuman manis yang menyebabkan kerusakan gigi (karies gigi). Untuk kebersihan mulut dan saran diet yang lebih rinci, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TA/PJ/MA

Referensi