Risiko Kesehatan Sauna yang Harus Anda Tahu

Risiko kesehatan sauna

Risiko kesehatan sauna jika dilakukan oleh seseorang yang memiliki gangguan kesehatan tertentu atau dengan prosedur yang salah akan berdampak pada menurunnya kondisi kesehatan dan menghilangkan manfaat sauna itu sendiri. Salah satunya memengaruhi kondisi kardiovaskular.

Go DokSiapa tak mengenal sauna? Bagi beberapa kalangan, melakukan sauna dua kali seminggu sudah menjadi gaya hidup tersendiri. Apalagi, manfaat sauna pun sudah banyak dibicarakan baik di lingkungan umum maupun publik figur. Bahkan, Lady Gaga memiliki set sauna sendiri di rumahnya, karena dipercaya dapat mengurangi nyeri kronis yang sering dideritanya.

Namun, siapa sangka bahwa di balik banyak manfaat sehatnya, sauna juga memiliki beberapa risiko kesehatan yang harus Anda ketahui.

Apa sajakah risiko kesehatan sauna?

1. Menurunkan fertilitas pria

Risiko kesehatan sauna yang pertama terkait dengan fertilitas pria. Ya, pria yang tengah mengalami kesulitan dalam memiliki anak sebaiknya menghindari sauna. Pasalnya, praktik sauna dapat meningkatkan temperatur bagian skrotum Anda, yang bertugas dalam memproduksi sperma dan sperma membutuhkan temperatur yang lebih sejuk dibandingkan temperatur tubuh secara keseluruhan untuk berfungsi dengan baik.

Selain itu, dalam International Journal of Andrology, dilaporkan bahwa pria yang secara rutin menjalani sauna memiliki kadar sperma yang lebih rendah dibandingkan pria yang tidak menjalani sauna.

2. Memengaruhi kondisi kardiovaskular

Risiko kesehatan sauna yang selanjutnya adalah memengaruhi kondisi kardivaskular alias jantung Anda dalam artian negatif. The American Heart Association memperingatkan bahwa jika Anda memiliki tekanan darah yang kelewat tinggi, Anda harus berhati-hati saat menjalani aktivitas sauna.

Pasalnya, panas yang berasal dari sauna dapat menyebabkan denyut jantung Anda meningkat drastis dan membuat pembuluh darah Anda melebar. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan rasa nyeri pada dada serta sesak napas. Jika Anda memiliki masalah kesehatan pada jantung atau baru-baru ini mengalami serangan jantung, tidak disarankan untuk menjalani sauna.

3. Risiko tekanan darah

Jika Anda langsung berendam di dalam air kolam yang dingin, segera setelah Anda keluar dari sauna, hal ini bisa sangat berbahaya dan sangat disarankan. Pasalnya, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah Anda secara mendadak.

Tak hanya itu, sauna juga bisa menjadi penyebab turunnya tekanan darah secara drastis. Karenanya, mereka yang memiliki tekanan darah rendah haruslah berkonsultasi lebih dulu pada dokter sebelum menjalani sauna.

4. Dehidrasi

Dehidrasi bisa menjadi salah satu risiko kesehatan dari sauna. Hal ini dapat terjadi saat Anda kehilangan banyak cairan lewat pengeluaran keringat. Anda yang menderita kondisi tertentu, seperti penyakit ginjal, bisa memiliki risiko tinggi dalam menderita dehidrasi saat menjalani sauna. Temperatur yang meningkat drastis di dalam sauna juga dapat menimbulkan rasa pusing dan mual pada beberapa orang.

5. Temperatur tubuh menjadi terlalu tinggi

Salah satu risiko kesehatan sauna yang jarang dihiraukan oleh sebagian besar orang adalah peningkatan temperatur tubuh secara drastis. Hal ini membuat Anda haruslah membatasi waktu di dalam sauna. Jika lebih dari 20 menit, temperatur tubuh bisa mencapai angka yang terlalu tinggi, sehingga membahayakan kesehatan Anda.

Lalu, bagaimana bentuk pencegahannya?

Nah, sebagai tindak pencegahan dalam mengalami risiko kesehatan dalam sauna, Anda harus memperhatikan anjuran berikut :

  • Selalu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum menjalani sauna jika Anda memiliki masalah kesehatan pada jantung atau tekanan darah
  • Hindari mengonsumsi alkohol, karena mengonsumsinya sebelum menjalani sauna dapat meningkatkan risiko hypotensi, dehidrasi, arritimia, dan kematian mendadak
  • Batasi waktu di dalam sauna hanya 15 – 20 menit, dan
  • Minumlah banyak air putih setelah Anda keluar dari sauna guna menggantikan cairan yang hilang.

Nah, itu dia serba-serbi risiko kesehatan sauna beserta tindak pencegahannya. Hindari pula sauna saat Anda sedang merasa sakit atau tidak enak badan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini

SF/JJ/MA

Referensi