Ragam Obat Meningitis yang Harus Anda Ketahui

ragam obat meningitis

Ragam obat meningitis ; Meningitis merupakan penyakit yang menimbulkan peradangan pada membran-membran sel (meninges) di area otak dan syaraf tulang belakang. Jika tidak diobati segera, tentu meningitis bisa membahayakan kesehatan otak, atau bahkan membahayakan nyawa.

 

Go Dok Beberapa tahun yang lalu, publik Indonesia dikejutkan oleh berita kematian seorang artis dan pelawak yang tengah naik daun, Olga Syahputra. Betapa tidak, kematiannya terjadi begitu cepat, meskipun perawatan yang didapatkannya bisa dibilang cukup meyakinkan di luar negeri. Usut punya usut, Olga ternyata meninggal akibat penyakit meningitis, alias radang selaput otak. Meningitis sendiri merupakan suatu penyakit yang menimbulkan peradangan pada membran-membran sel (meninges) di area otak dan syaraf tulang belakang Anda. Penyebanya beragam, mulai dari infeksi virus, infeksi bakteri, infeksi jamur, hingga reaksi alergi dan tumbuhnya sel-sel kanker di kedua area tubuh tersebut.

Jika tidak diobati segera, tentu meningitis bisa membawa Anda pada kondisi yang membahayakan kesehatan otak, atau bahkan membahayakan nyawa. Mengerikan, bukan?

Mari kenali ragam obat meningitis sesuai dengan faktor penyebabnya berikut ini!

1. Bacterial meningitis

Ragam obat meningitis untuk jenis penyakit meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada umumnya adalah antibiotik. Jenis antibiotik yang diresepakan tentu akan disesuaikan dengan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi meningitis itu sendiri. Bentuknya sendiri bisa berupa pil, tablet, obat cair, maupun suntikan. Berikut adalah beberapa jenis antibiotik yang mungkin digunakan :

  • Cephalosporins,yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri secara luas, namun lebih efektif dalam mengobat infeksi serius, yang salah satunya adalah meningitis.
  • Trimethoprim-sulfamethoxazole,alias TMP-SMX, merupakan salah satu antibiotik yang efektiv dalam melawan berbagai jenis mikrobakteria. Antibiotik ini digunakan dalam pengobatan meningitis pada pasien yang terinfeksi bakteri Listeria monocytogenes namun menderita alergi terhadap penisilin yang merupakan pengobatan utamanya.
  • Penisilin dan amoksilin, yang digunakan secara luas untuk mengobati berbagai infeksi bakteri, termasuk infeksi pada kulit, infeksi pada area dada, serta infeksi pada saluran kemih. Jenis bakteri yang dilawan antibiotik ini antara lain adalah  E coli, Proteus mirabilis, Salmonella, Shigella, dan H influenzae. Jika dokter mendeteksi meningitis Anda disebabkan oleh salah satu jenis bakteri tersebut, maka penisilin adalah obat yang tepat.
  • Chloramphenicol, yaitu jenis antibiotik yang efektif dalam melawan berbagai jenis bakteri, terutama infeksi bakteri meningococcalyang bisa menjadi salah satu penyebab meningitis.
  • Broad-spectrum antibiotics, yaitu jenis antibiotik yang bisa menyerang dan mengobati berbagai jenis infeksi bakteri dalam cakupan yang luas dan jumlah banyak. Biasanya, antibiotik jenis ini diresepkan dokter saat hasil tes belum menunjukkan secara pasti bakteri mana yang menjadi penyebab terjadinya meningitis pada pasien. Antibiotik yang termasuk dalam jenis ini antara lain adalah tetracyclinesdan doxycyclines, yang membatasi sintesis protein dan pertumbuhan bakteri dalam tubuh, serta Fluoroquinolones (ciprofloxacin dan levofloxacin).

Selain antibiotik, penderita bacterial meningitis juga mungkin diberikan Corticosteroids, yang bertugas untuk mengurangi risiko pembengkakan dan kerusakan pada otak, serta meminimalisir gejala kejang-kejang pada pasien.

2. Viral meningitis

Untuk ragam obat meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri, tentunya dokter tidak akan meresepkan antibiotik. Namun, dokter biasanya akan memberikan beberapa obat untuk meredakan gejalanya, seperti :

  • Corticosteroids, untuk mengurangi risiko pembengkakan pada area otak.
  • Acetaminophen(Tylenol), untuk mengobati demam dan nyeri pada otot.
  • Phenobarbital, Phenytoin, Benzidiazepines, dan Clonazepam, guna mengurangi dan mengontrol geala kejang-kejang pada penderita. Keempatnya adalah jenis obat jangka pendek, dan harus segera dihentikan pemakaiannya saat kejang-kejang sudah berhenti.
  • Dexamethasone dan Mannitop (Osmitro),yaitu jenis obat yang digunakan untuk mengurangi tekanan pada otak akibat penyakit meningitis. Obat-obatan jenis ini juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan pada area otak, yang juga dapat menurunkan risiko komplikasi ketulian akibat meningitis.

Nah, itu dia ragam obat meningitis yang harus Anda ketahui kegunaan serta pemakaiannya. Sebagian besar obat-obatan yang telah disebutkan kemungkinan besar akan diresepkan dokter pada Anda, sesuai dengan penyebab meningitis yang Anda derita. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi