Ragam Jenis Obat dan Petunjuk Pemakaiannya

ragam jenis obat

Ragam jenis obat ; Obat merupakan suatu zat padat atau bahan yang digunakan untuk merawat atau menyembuhkan berbagai jenis penyakit, beserta gejala-gejalanya. Jenisnya dibedakan melalui bentuk dan wujudnya. Apa saja dan bagaimana petunjuk pemakaian obat?

 

Go DokTentu Anda tahu bahwa obat memiliki beragam bentuk dan jenis, mulai dari jenis pil, tablet, kapsul, sirup, dan salep. Kebanyakan orang merasa tidak perlu memilih obat-obatan, dan hanya mengikuti resep dokter. Namun, ada beberapa orang yang mungkin kesulitan dalam meminum tablet atau kapsul berukuran besar, dan karenanya lebih memilih obat jenis sirup. Nah, apakah efek semua jenis obat itu sama? Apakah tidak masalah jika Anda berganti dari kapsul menjadi sirup, dengan mencari kandungan serta dosis yang sama? Untuk menjawabnya, mari simak penjelasan lengkap mengenai ragam jenis obat berikut ini!

Apa itu obat-obatan?

Untuk mengenal ragam jenis obat, pertama-tama Anda harus mengenal definisi dari obat-obatan itu sendiri. Obat merupakan suatu zat padat atau bahan yang digunakan untuk merawat atau menyembuhkan berbagai jenis penyakit, beserta gejala-gejalanya. Selain itu, obat juga digunakan untuk menyehatkan mereka yang mengonsumsinya. Obat memiliki dosis dan takaran, serta jadwal pasti untuk mengonsumsinya, baik itu satu kali sehari, dua kali, maupun tiga kali sehari.

Apa saja ragam jenis obat yang ada?

Ragam jenis obat yang ada bisa dibedakan melalui bentuk dan wujudnya, yaitu :

  • Tablet, merupakan sebuah obat berbentuk bulat dan padat, yang Anda konsumsi dengan cara ditelan dan dapat dengan mudah larut di dalam air. Karena tablet merupakan tipe yang mudah larut, maka jenis tersebut bisa pula dikonsumsi dengan cara melarutkannya ke dalam sejumlah air terlebih dulu, sebelum diminum. Obat jenis ini memiliki bahan aktif yang dikombinasikan dengan zat-zat kimia lain, dan kemudian dipadatkan dalam bentuk oval atau bulat padat.
  • Pil, merupakan sebuah obat yang berbentuk bulat padat atau oval, yang dapat dikonsumsi dengan cara ditelan. Seringkali, pil mengandung suatu bahan filler dan bahan plastik, seperti laktosa. Setelah itu, pil akan dilapisi dengan suatu bahan  yang memudahkannya untuk ditelan.
  • Kapsul, merupakan sebuah obat berbentuk lonjong, lunak dan berisi substansi campuran obat-obatan, yang kemudian Anda telan secara langsung. Zat aktif yang digunakan untuk obat ini dikemas dalam sebuah cangkang plastik yang kemudian dapat larut secara perlahan di dalam perut Anda. Dalam mengonsumsinya, kapsul bisa dicampur ke dalam makanan favorit Anda, agar rasa pahitnya tak terasa. Namun, tidak semua obat kapsul dapat dicampur dengan makanan, beberapa memang harus ditelan bulat-bulat, agar efeknya berjalan sempurna di dalam tubuh dan tidak mengiritasi lambung.
  • Sirup alias Obat cair, merupakan suatu bentuk obat yang diracik dalam bentuk cairan, di mana zat aktif dari obat tersebut dikombinasikan dengan suatu cairan, sehingga kandungan di dalamnya menjadi lebih mudah dikonsumsi dan diserap oleh tubuh Anda. Cairan obat ini juga biasa disebut obat sirup, obat campur, ataupun solution. Jenis obat sirup biasanya telah ditambahkan sedikit pemanis, agar obat tidak terlalu sulit untuk ditelan. Sementara jenis obat cair lainnya tidak mengandung gula.
  • Krim atau salep, ataupun lotion yang diresepkan sebagai obat luar, merupakan jenis obat yang diaplikasikan atau dioles secara langsung ke permukaan kulit Anda. Obat jenis ini tidak untuk ditelan, dan dikemas dalam kemasan botol atau tabung kecil. Zat aktif dalam obat ini dikombinasikan dengan zat lain yang membuatnya menjadi lebih mudah diaplikasikan pada kulit Anda.

Nah, itu dia lima ragam jenis obat yang umum digunakan secara luas. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi