Prosedur Perawatan IPL Untuk Menghilangkan Bulu di Tubuh

Prosedur perawatan IPL

Prosedur perawatan IPL merupakan jenis perawatan kosmetik yang menggunakan Intense Pulse Light  yaitu suatu jenis gelombang cahaya yang diarahkan pada area kulit Anda. Berguna bagi wanita yang memiliki hirsutisme, suatu kondisi di mana bulu di berbagai bagian tubuh tumbuh secara berlebihan.

 

Go DokBanyak dari Anda yang tentunya masih awam dengan istilah perawatan tubuh IPL, atau Intense Pulse Light. Tujuan utama dari perawatan ini adalah menghilangkan bulu-bulu yang ada di tubuh Anda, baik di ketiak, tangan, maupun kaki. Memang, belum terlalu banyak yang menggunakan perawatan ini di Indonesia. Belum lagi, harga alat dan biaya melakukan perawatan ini di salon juga terbilang cukup mahal, sehingga tidak semua kalangan bisa mencobanya. Nah, sebenarnya bagaimana prosedur perawatan IPL dilakukan? Amankah bagi kesehatan kulit Anda? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu prosedur perawatan IPL?

Prosedur perawatan IPL merupakan suatu jenis perawatan kosmetik yang menggunakan Intense Pulse Light  yaitu suatu jenis gelombang cahaya yang diarahkan pada area kulit Anda. Perawatan ini paling umum digunakan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak Anda inginkan di berbagai area tubuh, seperti wajah, ketiak, punggung, leher, tangan, dan kaki. Gelombang cahaya IPL akan memanaskan sekaligus menghancurkan folikel-folikel rambut pada kulit Anda, sehingga menyebabkan gangguan pada pertumbuhan rambut dan bulu.

Prosedur perawatan IPL bisa sangat berguna bagi wanita yang memiliki hirsutisme, suatu kondisi di mana bulu di berbagai bagian tubuh tumbuh secara berlebihan, lebih lebat daripada umumnya. Secara umum, perawatan ini paling efektif jika diterapkan pada wanita berkulit pucat dengan rambut hitam, namun hasilnya tidak akan terlalu kentara pada wanita berkulit gelap. Selain itu, IPL juga bisa digunakan untuk mengatasi keriput, kerutan dan bercak-bercak pada wajah tanda lahir, varises, dan sunburn.

Bagaimana prosedur perawatan IPL dilakukan?

Sehari sebelum menjalani prosedur perawatan IPL, Anda harus mencukur bulu-bulu pada area kulit yang akan dijadikan target operasi. Di hari H, dokter spesialis kulit akan membersihkan area kulit yang disasar terlebih dulu, sebelum kemudian mengoleskan suatu gel dingin ke kulit. Anda juga akan diminta untuk memakai semacam kacamata renang guna melindungi mata Anda dari paparan cahaya IPL selama prosedur berlangsung. Dokter kemudian akan menekan alat yang menghasilkan cahaya IPL ke kulit Anda dan menekan pemicu cahayanya beberapa kali. Saat terpapar IPL, kulit Anda akan terasa seperti tertampar karet gelang. Waktu berjalannya prosedur ini akan bergantung pada area kulit mana yang Anda jadikan sasaran penghilangan bulu, dan berkisar antara 20 menit hingga  1 jam. Hasil dari perawatan dengan IPL hanya bersifat temporer, dan efeknya akan menghilang setelah beberapa bulan.

Lalu, amankah prosedur perawatan IPL ini?

Sejatinya, perawatan ini bisa dikategorikan aman dan secara umum tidak memengaruhi kondisi kulit Anda. Hanya saja, kulit mungkin akan menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari selama beberapa hari setelah Anda menjalani perawatan IPL. Karenanya, hindari berjemur dan paparan sinar matahari secara langsung pada kulit, dan gunakan sunscreen setidaknya hingga seminggu setelah perawatan. Meski dikatakan aman, namun dalam beberapa kasus yang langka dapat muncul masalah kesehatan, seperti :

  • Kulit menjadi berkerak dan timbul bintik-bintik merah pada kulit Anda
  • Kulit menjadi lebih putih atau lebih gelap beberapa bulan setelah perawatan
  • Muncul bekas luka
  • Pembengkakan kulit
  • Memar-memar
  • Kulit terbakar
  • Kulit menderita livedo reticularis suatu kondisi di mana kulit Anda menjadi burik dan belang-belang.
  • Muncul reaksi yang disebut arytherma abigne, yang disebabkan oleh paparan cahaya IPL secara berulang dan dalam waktu lama.

Meski begitu, jika Anda memilih dokter spesialis kulit yang berpengalaman serta bersertifikat resmi dalam menjalankan prosedur ini, maka keamanan akan lebih terjamin. Jangan melakukannya di sembarang tempat, atau di sembarang salon kecantikan yang tidak bersertifikat resmi.

Nah, itu dia beberapa penjelasan terkait prosedur perawatan IPL untuk menghilangkan bulu pada tubuh Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.