Produk Kecantikan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Produk kecantikan yang berbahaya

Produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin biasanya mengandung bahan kimiawi yang tidak dianjurkan penggunaanya pada masa kehamilan seperti sunblock atau tabir surya yang mengandung oxybenzone  disinyalir dapat menimbulkan efek ketidakseimbangan hormonal pada ibu hamil.

Go DokPerawatan kecantikan adalah hal nomor satu bagi wanita. Sayangnya, zat-zat kimia yang terdapat dalam kosmetik dapat berbahaya bagi ibu hamil dan janinnya. Seorang pakar Baystate Medical Center Springfield, Andrew Healy, MD, menjelaskan bahwa material apapun yang terdapat dalam produk kecantikan berpotensi untuk diserap dalam aliran darah dan kemungkinan dapat sampai ke placenta, jadi perlu adanya peringatan penggunaan tertentu. Akan berbahaya apabila zat kimia ini ternyata berpengaruh buruk pada calon buah hati Anda.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mulai mencari tahu informasi tentang kandungan-kandungan kimiawi dalam kosmetik yang tidak dianjurkan penggunaannya pada masa kehamilan. Apa saja zat-zat tersebut?

Yuk, simak penjelasan produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil  lengkapnya berikut ini!

– Hairspray dan cat kuku

Produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil pertama hairspray dan cat kuku. Anda sering menggunakannya? Phthalates merupakan salah satu bahan yang digunakan dalam cat kuku dan hairspray. Usut punya usut, ternyata terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa paparan phthalates pada binatang dapat berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan binatang jantan.

Namun belum ada bukti kuat yang mendukung asumsi bahwa phthalates dapat berpengaruh buruk terhadap janin manusia. Untuk berjaga-jaga, Anda dapat mengganti penggunaan hairspray dengan gel rambut. Anda juga dapat mengaplikasikan cat kuku di tempat bersirkulasi udara baik untuk mengurangi paparan phthalates.

– Produk sunblock

Apakah anda sering memakai sunblock dalam aktivitas sehari-hari? Jika iya, sebaiknya Anda mulai menghindari pemakaiannya pada masa kehamilan. Sunblock atau yang sering disebut sebagai tabir surya mengandung oxybenzone yang disinyalir dapat menimbulkan efek ketidakseimbangan hormonal pada ibu hamil.

Alih-alih menggunakan sunblock, Anda dapat memakai pakaian yang lebih tertutup dan topi atau penutup kepala lainnya yang dapat melindungi kulit dari sengatan matahari.

– Krim anti-aging

Produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil selanjutnya krim anti-aging. Mengapa? Retinoid yang banyak ditemukan dalam kandungan krim anti-aging bersiko menimbulkan cacat lahir pada bayi. Terdapat 4 publikasi kasus bayi cacat lahir yang disebabkan oleh penggunaan retinoid pada masa kehamilan.

Jika Anda ingin memakai krim anti-aging pada periode kehamilan, pastikan untuk cek kandungannya terlebih dahulu, ya. Akan lebih baik apabila Anda langsung berkonsultasi kepada dokter mengenai hal ini untuk mengetahui apakah krim tersebut positif mengandung retinoid atau tidak.

– Merkuri pada produk pemutih

Bukan rahasia lagi jika merkuri merupakan zat yang kurang baik diserap oleh tubuh. Meskipun demikian, masih banyak produk kosmetik yang tetap menggunakan merkuri karena memang kemampuan memutihkannya sangat bagus.

Pada masa kehamilan, kulit wanita cenderung lebih sensitif sehingga penyerapan zat-zat kimia dalam kosmetik akan lebih tinggi daripada biasanya. Merkuri yang terserap oleh ibu hamil berpotensi menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan hati. Jadi jangan sampai Anda menggunakan kosmetik yang mengandung merkuri, ya.

– Hydroquinone pada krim pemutih

Produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil yang terakhir yaitu krim pemutih dengan kandungan hydroquinone. Sama halnya dengan merkuri, hydroquinone banyak ditemukan pada produk pencerah atau pemutih kulit instan.

Dari total kosmetik yang digunakan oleh wanita, serapan hydroquinone dalam kulit mendominasi dengan prerentase sebesar 35-45%.

FDA (Food and Drugs Administration) pun mengkategorikan hydroquinone sebagai bahan kimia kategori C dan pemakaiannya tidak dianjurkan bagi ibu hamil.

Itulah produk kecantikan yang berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan di dalamnya. Meskipun kecantikan itu penting, namun sebaiknya para calon ibu mengedepankan kesehatan janin dalam 9 bulan kehamilan. Setelah bayi lahir, anda sudah dapat menggunakan kosmetik seperti biasanya. Semoga sehat ya, bunda.

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

YS/JJ/MA

Referensi