Pria, Begini Lho Cara Merawat Jenggot dan Kumis

Merawat jenggot dan kumis

Merawat jenggot dan kumis menjadi hal yang harus selalu diperhatikkan oleh para pria yang memutuskan untuk memanjangkan jenggot dan kumisnya. Karena, rambut wajah yang tidak terpelihara ternyata dapat memicu timbulnya infeksi kuman dan bakteri pada kulit

Go Dok Bagi sebagian pria, jenggot dan kumis sering dianggap sebagai bentuk maskulinitas. Makanya, tidak heran jika mereka kemudian memutuskan untuk memanjangkan jenggot dan memelihara kumis, bukan mencukurnya. Tapi, seringkali karena kurangnya perawatan, wajah malah akan terlihat lusuh dan berantakan.

Lebih lanjut, para peneliti dari Birmingham Trichology Centre menyatakan bahwa rambut wajah yang tidak terpelihara ternyata dapat memicu timbulnya infeksi kuman dan bakteri pada kulit. Hal ini dikarenakan kotoran akan lebih mudah menempel di rambut yang bertekstur kasar dan kaku. Adakah tips mudah merawat jenggot dan kumis?

Yuk, intip penjelasan cara merawat jenggot dan kumis di bawah ini!

1. Sesuaikan dengan bentuk wajah

Tahukah Anda, bahwa kumis dan janggut yang tidak disesuaikan dengan bentuk wajah malah akan membuat Anda terlihat lebih tua? Menurut Tony, penata gaya dari Blue and BlackBrooklyn, bentuk jenggot dan kumis yang tepat adalah yang diatur sedemikian rupa sehingga mampu menonjolkan fitur wajah dan membuat penampilan lebih menarik.

2. Menggunakan beard shampoo dan conditioner

Sama halnya dengan rambut, merawat jenggot dan kumis juga harus dibersihkan dengan menggunakan shampoo dan conditioner khusus. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan rambut wajah serta menjaga kelembapan kulit di sekitarnya.

Selain itu, hindari mencabut janggut atau kumis secara langsung karena dapat menyebabkan luka di kulit sekaligus membuat pori-pori membesar. Hasilnya, debu dan kotoran akan lebih mudah masuk dan menginfeksi kulit wajah Anda.

3. Menggunakan beard oil/butter/balm

Kata siapa kelembapan jenggot dan kumis tidak penting? Jika tidak dijaga, rambut wajah akan terlihat kering dan acak-acakan. Solusinya, mulailah rutin mengaplikasikan produk beard oil/butter/balm pada kumis dan jenggot.

Dengan melakukan hal demikian, rambut wajah tidak hanya akan tumbuh dengan sehat, namun juga lebih mudah dibentuk dan ditata.

4. Rutin mencukur jenggot & kumis

Agar facial hair Anda tetap terlihat lembut dan rapi, cukurlah jenggot dan kumis setidaknya seminggu sekali. Cukup potong ujung-ujung yang kasar dan kering agar rambut mati tebuang sehingga jenggot dan kumis dapat tumbuh dengan sehat.

5. Menjaga asupan makanan

Kesal karena kumis dan jenggot tidak juga tumbuh meskipun telah dibiarkan begitu saja selama berbulan-bulan? Kemungkinan besar asupan gizi harian Anda kurang. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C, B6, biotin, zinc, dan magnesium karena terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut wajah.

Ayo, panjangkan dan praktikan cara merawat kumis dan jenggot di atas agar terlihat lebih ‘pria’!

 

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

Comments are closed.