Pikir Ulang! Ini Dia Bahaya Suntik Putih

Bahaya Suntik Putih

Bahaya suntik putih ; Satu persatu pasien suntik putih mulai mendatangi dokter kulit untuk mengadukan gejala-gejala yang timbul setelah mereka mengaplikasikan prosedur ini. Apa saja gejala yang ditimbulkan dari suntik putih?

 

Go Dok – Pernahkah Anda membayangkan memiliki kulit yang putih bersih dan menawan? Pasti sedap dipandang, bukan? Tidak heran segala cara dilakukan demi mendapatkan kulit yang indah dan berkilau. Nah, tahukah Anda, suntik putih bisa menjadi salah satu metode yang bisa dilakukan agar wajah Anda bisa menjadi putih nan menawan.

Ya, banyak orang membicarakan teknik pemutihan wajah ini. Memang, pemutihan kulit adalah salah satu bisnis besar dalam dunia kecantikan. Namun, tidak semua teknik pemutihan kulit itu aman, lho, termasuk suntik pemutihan ini. Salah satu alasannya adalah efek samping yang ditimbulkannya membuat prosedur ini bisa saja tidak dianjurkan, lho.

Memang apa saja, sih, efek samping yang dapat ditimbulkannya? Seberapa besar sih bahaya yang ditimbulkan bagi calon pasien? Penting, nih, untuk diperhatikan. Jangan sampai Anda menyesal karena efek samping yang ditimbulkan setelahnya. Tetap scroll terus ke bawah, ya, agar Anda tetap waspada terhadap bahaya suntik putih!

Apa sih, yang disebut dengan suntik putih?

Sebelum Anda bersikap waspada terhadap bahaya suntik putih, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang disebut dengan suntik putih. Seperti namanya, prosedur ini merupakan proses injeksi cairan pemutih pada kulit, terutama kulit wajah. Nah, zat aktif yang terkandung yang disuntikkan ke dalam kulit biasa disebut gluthatione.

Mungkin Anda pernah bertanya mengapa warna kulit Anda bisa menjadi lebih gelap. Melanin adalah jawaban dari pertanyaan ini. Melanin ini terdiri dari dua komposisi, yaitu eumelanin dan pheomelanin dan keduanya bereaksi pada faktor luar seperti sinar ultraviolet. Mari kita buat sederhana saja ya. Semakin banyak komposisi eumelanin, semakin gelap warna kulit kita. Sebaliknya, semakin banyak pheomelanin, semakin cerah rona kulit kita. Nah, kedua komposisi ini diatur oleh sebuah enzim yang bernama tyrosinase.

Nah, gluthatione tadi memberi efek langsung pada melanin. Zat ini akan menurunkan kadar eumelanin yang menyebabkan kulit Anda gelap dan meningkatkan level pheomelanin di kulit Anda sekaligus menghentikan kinerja tyrosinase. Maka dari itu, suntik putih memang diniilai efektif dalam prosedur mencerahkan kulit.

Mengapa kita perlu hati-hati dengan bahaya suntik putih?

Memang sih, hasil yang ditunjukkan dari suntik putih tampak menggiurkan. Namun jangan lupa, kebanyakan prosedur kecantikan dapat menimbulkan efek samping, lho. Termasuk suntik putih. Makanya, para pakar kecantikan tidak merekomendasikan prosedur ini.

Menurut survey yang dilakukan oleh spesialis kulit, belum ada perusahaan yang secara legal memperdagangkan injeksi suntik putih. Anda pasti sudah mengetahui jika produk gelap seperti ini tidak bisa dipertanggungjawabkan, kan? Bukan hanya prosedurnya, bahkan kemasan, penyimpanan, dan dosisnya pun bisa jadi hal yang perlu dipertanyakan, bukan?

Walaupun sempat menjadi primadona dalam dunia kecantikan, satu persatu pasien suntik putih mulai mendatangi dokter kulit untuk mengadukan gejala-gejala yang timbul setelah mereka mengaplikasikan prosedur ini. Bahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat telah mengeluarkan fatwa bahwa suntik putih tidak aman untuk dipakai.

Pasti Anda mau tahu, dong efek samping yang dapat timbul dari prosedur kecantikan ini. Nah, ini dia beberapa efek samping yang dilaporkan:

  1. Reaksi alergi
  2. Disfungsi tiroid
  3. Kelainan regenerasi kulit (Sindrom Steven-Johnsons)
  4. Peningkatan risiko kanker kulit
  5. Ruam dan bengkak pada kulit
  6. Peningkatan risiko gagal ginjal
  7. Gangguan saluran pencernaan
  8. Peningkatan risiko HIV dan Hepatitis C akibat suntikan yang tidak higienis.

Nah, penting, kan bagi Anda untuk meningkatkan sikap waspada terhadap bahaya suntik putih? Artinya, mulai dari sekarang Anda harus hati-hati, ya dalam memilih metode pemutihan kulit. Jangan hanya cari yang instan, tapi yang aman juga perlu diperhatikan. Sedikit informasi bagi Anda nih, glutathione ternyata bisa didapatkan secara alami dari makanan sehari-hari, kok. Contohnya, Anda bisa mendapatkannya dari daging, telur, susu, bayam, brokoli, alpukat dan apel, lho. Jadi, mau pilih yang instan atau alami?

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

 

RZ/TP/PJ/MA

Referensi