Pertumbuhan yang Terjadi pada Perkembangan Bayi 6 Bulan

perkembangan bayi 6 bulan

Perkembangan bayi 6 bulan bisa ditandai dengan bagaimana si kecil melakukan interaksi dan komunikasi dengan orang sekitar, terutama kepada ayah dan ibunya. Selain itu, orangtua juga dapat mengenali perubahan berat dan panjang tubuh, serta pola makannya yang mulai ingin mencoba makanan semi padat.

 

Go DokWaktu memang berjalan begitu cepat, tak terasa sang buah hati sudah berusia setengah tahun. Jika diperhatikan, banyak perubahan yang terjadi pada tahap perkembangan bayi 6 bulan yang bisa dirasakan oleh para orangtua, mulai dari tubuhnya yang semakin besar serta dirinya yang mulai ekspresif menunjukkan mimik wajahnya.

Kira-kira, apa saja yang terjadi pada perkembangan bayi 6 bulan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

1. Pertumbuhan

Selama beberapa bulan pertama, bayi akan mengalami kenaikan berat badan antara 1,5 hingga 2 pon setiap bulannya. Nah, pada usianya yang ke-6 bulan ini, berat badan bayi sudah bertambah 4 sampai 5 kg. Namun, penambahan berat badan ini akan melambat di usia enam bulan, menjadi hanya 1 pon setiap bulan. Selain berat badan, tinggi atau panjang bayi juga akan melambat menjadi sekitar setengah inci setiap bulannya.

Selain bentuk fisiknya, bayi berusia 6 bulan juga sudah bisa melakukan gerakan lain selain terlentang seperti berguling dan tengkurap. Selain itu, sebagian bayi lainnya mungkin sudah bisa merangkak maju atau mundur dan mulai mencoba untuk bangkit dengan tangan dan lututnya. Jangan lupa untuk selalu mengawasi si kecil pada setiap gerak-geriknya, ya!

2. Pola tidur

Sebagian besar bayi tidur selama 6 hingga 8 jam dalam usianya menuju enam bulan. Namun di usianya yang ke-6 bulan, bayi cenderung lebih sulit untuk tertidur. Namun jangan khawatir, cobalah masukkan bayi ke dalam boks ketika dia masih terjaga. Jika bayi menangis, berilah sentuhan halus pada bayi agar membantunya terlelap.

Selain itu harus diperhatikan pergerakan bayi yang menjadi semakin aktif pada usia ini. Maka, kurangilah barang-barang pada boks bayi seperti bantal, boneka dan barang-barang lainnya agar memberi ruang lebih baginya tertidur.

3. Pola makan

Jika bayi belum mengonsumsi makanan padat sebelumnya, maka Anda bisa mencobanya memberi makanan semi padat pada usia ini. Mulailah dengan sereal yang mengandung zat besi, dan tetap diikuti oleh pemberikan ASI atau susu formula.

Ketika bayi sudah mulai menyesuaikan diri dengan makanan padat, Anda bisa memperkenalkannya dengan buah dan sayuran yang dipotong seukuran tangannya secara bertahap. Namun sebelumnya, pastikan bayi tidak memiliki alergi tertentu, ya. Pantaulah reaksi yang akan dirasakan oleh bayi ketika mulai diperkenalkan dengan makanan padat seperti ruam pada kulit, diare, ataupun muntah.  

Jika bayi terlihat menolak untuk diberi makanan-makanan tertentu, tunggulah beberapa hari untuk kembali memberinya. Pasalnya, selera makan bayi seringkali berubah setiap harinya. Jadi, jangan mudah menyerah, ya!

4. Komunikasi

Bayi yang berusia 6 bulan mulai bisa menunjukkan ekspresi wajahnya dalam upaya merespon pada perubahan yang ada di sekitarnya. Pada usia ini, bayi akan lebih sering tersenyum, tertawa, dan mengoceh. Untuk membantunya mempelajari bahasa dan kata, cobalah untuk membacakannya cerita setiap malam.

Di usia ini, bayi sudah mulai mengenali orang dan hal-hal di sekitar mereka. Bayi akan mulai merasa nyaman dengan sang ibu, ayah, nenek, dan kakeknya. Selain itu, dirinya sudah mulai bisa memilih mana saja yang menjadi mainan favoritnya. Bayi juga akan menunjukkan reaksi ketakutan dan khawatir ketika berhadapan dengan tempat atau orang baru untuk pertama kalinya.

5. Alat Indera

Jika diperhatikan, di usia bayi yang ke-6 bulan ini akan terjadi perubahan pada alat inderanya. Seperti warna mata yang akan terlihat lebih cerah di usia ini.

Nah, itulah perubahan fisik dan tingkah laku yang terjadi pada perkembangan bayi 6 bulan yang bisa dirasakan oleh para orangtua. Tetaplah jaga kesehatan bayi Anda dengan menjaga asupan yang bergizi, serta mengenalkannya dengan orang dan lokasi-lokasi yang baru. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi