Pertolongan Pertama Sunburn yang Harus Anda Ketahui

pertolongan pertama sunburn

Go Dok – Pertolongan pertama sunburn – Saat tengah liburan musim panas di pantai, kebanyakan dari Anda akan memanfaatkan kesempatan ini untuk berjemur manja. Memang, berjemur dan bersenang-senang di pantai merupakan salah satu cara favorit dalam mengisi liburan, namun Anda harus berhati-hati! Pasalnya, bahaya sunburn selalu mengincar Anda yang berlama-lama di tengah panasnya pantai. Apalagi jika Anda lupa menggunakan SPF yang diperlukan kulit, wah bisa-bisa sunburn lebih cepat menyengat Anda! Pasalnya, radiasi dari sinar matahari bisa membahayakan kulit. Karena itu, sebelum berlibur, ada baiknya Anda mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama sunburn.

Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama sunburn yang direkomendasikan :
  • Pertama, segeralah menjauh dari tempat yang terbuka dan terkena sinar matahari. Anda harus langsung pindah ke dalam ruangan, atau tempat lain yang lebih sejuk agar sunburntak bertambah parah.

  • Kedua, segeralah mandi air dingin, atau Anda bisa pula mengompres bagian yang terkena sunburn dengan kompres air dingin menggunakan handuk bersih. Cara ini bisa langsung meredakan sunburn

  • Ketiga, langsung gunakan pelembap atau petroleum jellyOleskanlah pelembap berbahan dasar aloe vera, atau petroleum jelly pada bagian yang terkena sunburn. Kedua bahan tersebut bisa menyejukkan bagian kulit yang terkena sunburn.

  • Keempat, banyaklah minum air, pertolongan pertama sunburn ini bertujuan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan mencegah Anda dehidrasi lebih jauh. Untuk itu, minumlah air dingin, jus, atau minuman olahraga yang mengandung ion dan elektrolit.

  • Kelima, jangan pencet lepuhan yang muncul. Jika terkena sunburn, ada kemungkinan kulit Anda akan melepuh dan muncul gelembung-gelembung lepuhan pada permukaan kulit. Jangan memencet atau memecahkan lepuhan-lepuhan kecil ini menggunakan jari Anda. Namun, jika lepuhan pecah dengan sendirinya, Anda harus membersihkan area tersebut dengan lembut menggunakan sabun dan air bersih. Setelah itu, oleskan salep antibiotik yang bisa Anda peroleh di apotek, dan tutupi luka bakar dengan perban kasa yang tidak lengket.

  • Keenam, konsumsilah obat pereda rasa sakit, apabila sunburn menyebabkan Anda merasa sakit dan nyeri cukup parah. Obat pereda nyeri biasanya mengandung paracetamol atau ibuprofen, dan bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

  • Ketujuh, hubungi petugas medis, apabila Anda kejang-kejang, kebingungan, sakit kepala, mengalami pandangan mengabur, dan gejala-gejala neurologis lainnya. Pertolongan pertama sunburn yang bisa Anda lakukan dengan menghubungi pula petugas medis jika sunburn menyebabkan kulit melepuh parah atau keba Karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda Anda mengalami sunburn yang parah.
Penanganan Lanjutan

Jika Anda telah selesai melakukan pertolongan pertama sunburn, tentu kondisi ini tidak akan langsung sembuh, dan akan berlangsung beberapa hari ke depan. Ikuti penanganan lanjutan sunburn berikut ini :

  • Selalu kenakan pakaian longgar,pakaian jenis ini tidak akan lengket pada kulit Anda yang tengah memperbaiki diri. Tak hanya itu, pakaian longgar juga memudahkan kulit Anda untuk bernapas selama masa penyembuhan dari sunburn. Untuk hasil lebih baik, Anda direkomendasikan menggunakan baju berbahan natural fibers, seperti katun atau bambu.

  • Selalu gunakan pelembakulit, dan jangan sampai lupa mengoleskannya pada kulit setiap hari. Hal ini akan menjaga kulit tetap sejuk, mencegah iritasi, dan mencegah kulit mengelupas lebih parah.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama sunburn yang harus Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi