Pertolongan Pertama Patah Tulang yang Harus Anda Ketahui

Pertolongan pertama patah tulang

Pertolongan pertama patah tulang, Meskipun tidak selalu mengancam nyawa, namun patah tulang memerlukan pertolongan sesegera mungkin. Nah, apa saja langkah pertolongan pertama patah tulang?

 

Go Dok – Pernahkah Anda mengalami patah tulang? Atau melihat seseorang mengalami kecelakaan dengan patah tulang di depan mata Anda? Tentunya akan sulit bagi Anda memberikan pertolongan pada keadaan tersebut, jika tak mengerti apa yang harus dilakukan. Patah tulang terjadi ketika salah satu tulang yang membangun tubuh Anda mengalami retak atau patah. Hal ini bisa terjadi karena banyak hal, baik perkelahian, kecelakaan, maupun cidera saat berolahraga. Meskipun tidak selalu mengancam nyawa, namun patah tulang memerlukan pertolongan sesegera mungkin.

Nah, apa saja langkah pertolongan pertama patah tulang? Berikut penjelasan lengkapnya :

  • SEGERA HUBUNGI RUMAH SAKIT,terutama jika Anda melihat tulang yang patah menonjol keluar dari daging, atau patah tulang terjadi pada area dada, punggung, leher, atau kepala. Tak hanya itu, segera pula cari pertolongan medis apabila darah mengucur dari area tulang yang patah.

  • Tetap tenang dan jangan panik, katakan dengan jelas lokasi Anda pada petugas medis, dan mintalah ambulans untuk segera datang.

  • Sebisa mungkin jangan gerakkan bagian tubuh korban yang terkena patah tulang, karena pergerakan sedikit saja akan membuat korban sakit luar biasa dan berpotensi memperparah lukanya.

  • Hentikan pendarahan, jika memang darah mengucur dari area luka. Tekan lembut area yang terluka menggunakan perban atau kain bersih hingga pendarahan berhenti. Ingat, jika tulang yang patah menonjol keluar kulit, jangan tekan ataupun pegang tulang tersebut. Biarkan saja, dan fokuslah menekan lembut pada area sekitar tulang yang menonjol. Selain itu, ingat pula untuk menekan dengan sangat hati-hati, karena sedikit tekanan saja bisa menyebabkan rasa nyeri yang amat sangat.

  • Gunakan kompres es untuk membatasi dan mengurangi pembengkakan, namun jangan tempelkan es langsung pada kulit. Gunakan kain atau handuk untuk membungkus es sebelum mengompres area yang terluka. Hal ini juga bisa meringankan rasa sakit yang dialami korban. Lakukan hal ini setiap 10 menit sekali.

  • Angkat tangan atau kaki yang terluka, dan posisikan lebih tinggi dari jantung, jika memungkinkan. Hal ini bisa Anda lakukan jika korban merasa akan pingsan, atau sesak napas. Namun, jika patah tulang yang diderita sangat parah, Anda tidak perlu melakukan hal ini.

  • Selimuti tubuh korban dengan pakaian hangat atau jaket,hal ini berguna untuk menjaga tubuh korban tetap hangat.

  • Tetap dampingi korban, hingga bantuan medis tiba. Sebisa mungkin jangan membawa korban ke rumah sakit sendiri. Pasalnya, Anda tidak memiliki peralatan medis yang diperlukan, dan sembarangan menggerakkan bagian tubuh korban yang terluka bisa menyebabkan nyeri hebat dan berpotensi membuat luka bertambah parah, atau tulang yang patah menjadi tergeser.

Saat korban sudah dalam penanganan rumah sakit, biasanya tim medis akan mengikuti prosedur mereka dalam menangani tulang patah. Scanning dengan X-ray mungkin akan dilakukan, dan petugas medis akan membebat area tulang yang patah. Jika patah tulang serius, bisa jadi korban harus menjalani operasi.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama patah tulang yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi