Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan, Bagaimanakah?

Pertolongan pertama pada orang pingsan

Go Dok– Pertolongan pertama pada orang pingsan- Pernah melihat seseorang lemas, berjalan lunglai, sulit diajak berkomunikasi, gelagapan dalam bicara hingga kesulitan dalam merespon sesuatu? Perhatikan orang itu dengan seksama karena itu semua bisa menjadi tanda-tanda bahwa seseorang akan pingsan.

Sebenarnya apa sih pingsan itu?

Pingsan adalah suatu kondisi di mana seseorang kehilangan kesadaran secara mendadak untuk sementara waktu. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini, seperti kurang darah hingga terganggunya aliran oksigen ke dalam otak. Sedangkan untuk gejalanya sendiri seseorang akan mengalami rasa pusing, berkurangnya penglihatan, telinga berdenging (tinitus)  dan rasa panas.

Lalu, bagaimana pertolongan pertama pada orang pingsan?

Mengingat pingsan dapat menimpa siapa saja dan di mana saja, ada baiknya setiap orang mengetahui pertolongan pertama pada orang pingsan yang benar dengan cara menyimak info berikut:

  1. Segera baringkan korban dalam posisi terlentang
  2. Cek, apakah orang tersebut masih bernafas? Jika masih bernafas, angkatlah kaki mereka paling rendah 12 inchi di atas permukaan tanah.
  3. Longgarkanlah pakaian korban dan lepaskan aksesoris yang dapat mengganggunya bernafas.
  4. Perhatikan saluran pernafasan mereka untuk memastikan tidak adanya gangguan dan lihatlah apabila adanya tanda-tanda sirkulasi pernafasan, seperti batuk-batuk dan gerakan (jika tidak segera lakukan CPR atau sampai bantuan datang).
  5. Apabila ada luka yang berdarah namun tidak ada pendarahan yang akut, berikan tekanan pada area yang terluka atau balutlah dengan alat atau bahan yang memiliki fungsi sama dengan tourniquet seperti handuk atau kain lainnya sampai datangnya bantuan.

Setalah Anda melakukan pertolongan pertama pada orang pingsan di atas dan korban sudah sadar, sebaiknya berikanlah ia camilan dan minuman manis seperti jus buah, terlebih jika orang tersebut sudah tidak makan lebih dari 6 jam atau memiliki diabetes.

Namun, apabila setelah Anda melakukan pertolongan pertama pada orang pingsan di atas dan korban tak kunjung sadar, segera cek lagi napas dan detak jantungnya. Jika napasnya mulai hilang dan melemah segera lakukan CPR atau tindakan menyadarkan seseorang ketika berhenti bernafas atau jantung tidak berdetak. Namun ingat tindakan ini hanya untuk Anda yang benar-benar telah terlatih untuk melakukannya. Jika Anda belum terlatih sebaiknya segera panggil bantuan tim medis terdekat. Pemanggilan petugas medis juga sebaiknya dilakukan jika Anda melihat korban mengalami tanda-tanda seperti bibir/wajah menjadi kebiruan, detak jantungnya tidak teratur, kesulitan bernapas, hingga tidak bisa dibangunkan atau disadarkan.

Nah, itu dia informasi yang perlu diketahui untuk  melakukan pertolongan pertama pada orang pingsan.  Intinya jika suatu saat bertemu dengan orang yang tiba-tiba pingsan, sebaiknya Anda jangan panik dan berusahalah untuk membantu sebaik mungkin.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.