Pertolongan Pertama Mimisan yang Wajib Anda Ketahui

pertolongan pertama mimisan

Go DokPertolongan pertama mimisanSebagian besar orang pernah mengalami mimisan, yaitu pendarahan pada bagian dalam hidung, yang mengalir keluar melalui lubang hidung. Kebanyakan kasus mimisan berasal dari pembuluh darah kecil di bagian depan lubang hidung. Darah yang muncul ini jarang berasal dari pembuluh darah besar di bagian belakang lubang hidung. Penyebab umum dari mimisan adalah kekeringan, yang diakibatkan suhu lingkungan yang terlalu panas atau pengap atau luka kecil yang disebabkan kebiasaan mengorek hidung. Penyebab mimisan lainnya adalah alergi, infeksi saluran pernapasan bagian atas, gangguan dalam proses pembekuan darah, penggunaan kokain, serta merokok dan konsumsi alkohol.

Nah, jika tidak terbiasa atau baru pertama kali mengalaminya, tentu Anda bisa menjadi panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Karena itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui langkah-langkah dasar pertolongan pertama mimisan yang dianjurkan.

Berikut adalah urutan dan penjelasan lengkap langkah pertolongan pertama mimisan untuk Anda :

  • Jangan berbaring atau menengadahkan kepala Anda, karena kedua hal ini bisa membuat darah yang mengalir kembali ke belakang hidung dan tenggorokan. Jika itu terjadi, Anda bisa tersedak atau menghirup darah yang keluar.

  • Duduk tegak dan bersandar ke arah depan,di mana duduk tegak akan mengurangi tekanan darah pada pembuluh-pembuluh di dalam hidung Anda, sehingga menghalangi darah terus-menerus keluar. Sementara itu, bersandar ke arah depan dapat menghindarkan Anda dari menelan darah, yang bisa saja mengiritasi lambung.

  • Cubit hidung Anda,di mana langkah pertolongan pertama mimisan ini melibatkan ibu jari serta telunjuk Anda untuk menekan tulang hidung bagian bawah. Teruslah mencubit selama 10 – 15 menit, guna memberi tekanan pada titik pendarahan di dalam lubang hidung. Seringkali, hal ini bisa berguna untuk menghentikan pendarahan. Saat mencubit hidung, jangan menahan napas, dan tetaplah bernapas teratur melalui mulut Anda.

  • Ulangi langkah-langkah di atas,apabila mimisan terus berlanjut setelah 10 -15 menit berlalu. Ingat, hindarilah mencungkil atau mengorek lubang hidung Anda sebelum pendarahan benar-benar berhenti.

  • Jangan berusaha mengeluarkan darah dari hidung dengan menghembuskan secara paksa, hal ini akan menyebabkan kembali terbukanya pembuluh darah.  Selain itu, hindari pula posisi membungkuk selama beberapa jam ke depan. Ingat pula untuk tetap memposisikan kepala Anda lebih tinggi dari posisi jantung.

  • Letakkan kompres es batu dalam handuk di batang hidung Anda,saat langkah pertolonganpertama mimisan di atas sudah selesai. Sembari melakukan ini, tetaplah duduk tegak dan bersandar ke depan. Tempelkan pula kompres ke pipi Anda.

  • Gunakan petroleum jelly,hal ini bisa membantu darah berhenti mengalir dari hidung. Caranya, cukup mengoleskan tipis petroleum jelly ke dalam dinding lubang hidung Anda, dengan menggunakan kapas atau jari Anda. Oleskan dengan lembut, agar hidung tidak terluka.

  • Hubungi dokter atau berobatlah ke klinik,merupakan langkah pertolongan pertama mimisan paling akhir jika mimisan yang Anda alami tidak juga kunjung berhenti, atau darah yang keluar justru bertambah banyak. Berobatlah pada dokter, dan biasanya Anda akan diberikan resep dengan jenis dan takaran yang sesuai guna menghentikan mimisan.

Nah, itu dia langkah-langkah pertolongan pertama mimisan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi